Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam - Macam Perintah SQL

Ada Tiga Pertanyaan mengenai SQL ?


  1. Apa itu SQL ?
  2. Kenapa SQL penting ?
  3. Bagaimana cara menggunakan SQL ?
Sebelum kita membahas jauh mengenai SQL, kita harus paham dulu mengenai apa itu Database atau Basis Data dan Query.


Assalamualaikum Wr. Wb

Salam untuk kalian semua, pada pembahasan kalian ini saya akan membagikan sedikit informasi megenai Dasar-dasar SQL pada ilmu statistika. pertama kita bahas dulu apa itu Database atau basis data.

Database (Basis Data), merupakan kumpulan informasi atau data yang tersimpan secara sistematik di dalam sistem komputer. sedangkan 

Query, adalah request atau permintaan akan informasi yang tersimpan di dalam database atau basis data. Dalam kata lain query  merupakan sarana kita untuk mengatakan kondisi-kondisi apa yang kita inginkan dari data kita ambil dari database. Salah satu bahasa yang umum digunakan adalah SQL.

SQL atau Structured query language, merupakan sebuah bahasa untuk berkomnukasi dengan data yang kita analisis. SQL dapat digunakan untuk menarik data dari sebuah database yang bertipe RDBMS atau singkatan dari Relational Database Management Systems. Data dalam RDBMS disimpan sebagai sebuah table
Contoh Kriteria Tabel :
Kriteria table  :
  1. table diatas mempunyai nama yaitu product dengan catatan nama tabel dalam database ditulis dengan huruf kecil semua. serta jika ada spasi maka diganti dengan garis bawah "_" Exp. data_transaksi
  2. table memiliki field dalam contoh diatas tabel mempunyai 5 field yaitu product_id, nama, category, price dan stock atau biasa disebut dengan nama kolom.
  3. Row atau record ini terdapat pada satu baris horizontal. di tabel tersebut terdapat 10 buah row atau record 
  4. Column terdapat pada satu baris vertikal.
Selain itu SQL juga dapat dikelompokkan berdasarkan jenis dan fungsinya. Perintah SQL diklasifikasikan menjadi 3 + 2 kelompok yaitu :
  • Data Definition Language (DDL) : Kumpulan perintah yang berfungsi mendefinisikan database, struktur tabel, index, dan objek-objek dalam database. 
  • Data Manipulation Language (DML) : Kumpulan perintah yang digunakan untuk melakukan manipulasi data di dalam tabel (memasukkan, mengubah, menghapus).
  • Data Control Language (DCL) : Kumpulan perintah yang digunakan untuk mengontrol data, misalnya untuk menyimpan atau membatalkan transaksi, manajemen user dan hak akses, dsb.
  • Transaction control language (TCL) : Perintah ini digunakan untuk mengatur perubahan yang dioperasikan dari proses DML. (COMMIT, ROLLBACK, SAVEPOINT)
  • Programmatic SQL merupakan penjelasan mengenai struktur database. Contoh perintah seperti : DECLARE, EXPLAIN, PREPARE, dan DESCRIBE.
Sekian itulah sedikit informasi yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat dan satu kata "Jangan Lupa Bernafas & Tetap Bersyukur" .