Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Cara membuat PDM di PowerDesigner dan Mengubah menjadi SQL

Physical Data Model atau PDM adalah sebuah model skema yang berfungsi untuk mengimplentasikan Conceptual Data Model atau konsep pertama sebuah basis data agar siap di implementasikan menjadi basis data yang sebenarnya.

Dalam tahapan tersebut hal ini perlu dilakukan untuk proses konsep sebuah model basis data. Hal ini juga sangat diperlukan untuk kelengkapan sebuah proses dari perancangan basis data.

Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Pada artikel ini saya akan memberikan pengalaman beredukasi tentang bagaimana membuat sebuah konsep basis data fisik atau biasa disebut dengan Physical Data Model [PDM], dengan menggunakan aplikasi Sybase Power Designer.

Hal pertama yang harus kamu ketahui adalah sudah membuat atau terbentuknya sebuah konsep awal atau Conceptual Data Model yang sudah terhubung relasinya. Jika kamu belum bisa membuat sebuah CDM kamu bisa ikuti tutorialnya disini ---

Baca Juga : Cara membuat sebuah Conceptual Data Model

Jika kamu sudah menyiapkan sebuah conceptual data model maka bisa langsung lanjut ke tahap membuat sebuah PDM. Berikut cara dan tahapannya :

1. Buka hasil rancangan CDM (Concptual Data Model) kamu

2. Setelah terbuka , pada menu bar Tools klik dan pilih "Generate Physical Data Model" atau kalian juga bisa menekan tombol keyboard dengan cara "Ctrl + Shift + P"

3. Kemudian akan muncul kota dialog baru, maka kamu haru mengatur nama modelnya dan klik Apply kemudian Ok.

Physical Data Model

4. Setelah "Berhasil" maka tampilan model yang sebelumnya ada ralasi akan berubah menjadi arah panah yang terhubung seperti pada tampilan gambar dibawah ini "Contoh Physical Data Model"

PDM
Contoh Physical Data Model


Langkah Berikutnya adalah cara mengubah sebuah Model data fisik atau PDM menjadi DBMS yang ektensinya adalah .sql dimana file tersebut sudah siap diimplementasika ke dalam database MySQL.

Nah, setelah kamu sudah bisa membuat sebuah model PDM . Berikut cara mengubah menjadi DBMS sql.

1. Buka file PDM kamu

2. Setelah terbuka pada menu bar "Database" pilih dan klik menu yang bertuliskan "Generate Database" atau kamu juga bisa menekan tombol "Ctrl + G" di keyboard kamu

3. Selanjutnya akan muncul jendela baru dimana kamu harus memberikan nama database nya dan menentukan lokasi direktori kamu akan menyimpan file tersebut. Kemudian kamu klik Apply dan Ok

Physical Data Model

4. Terakhir, kamu cek di lokasi penyimpanan yang sudah kamu tentukan, apakah sudah tersimpan atau belum. Dan jika sudah tersimpan maka kamu sudah "Berhasil" melakukannya dengan benar.

Nah, itulah sedikit pengalaman edukasi yang bisa saya tulis dan bagikan ke kamu. Semoga bermanfaat dan terimaksi sudah berkunjung.

Sekian dan titip satu kata "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur"

Wassalamualaikum Wr. Wb.  Sampai Jumpa

NB : "Jika saat kamu membuat sebuah Conceptual Data Model atau CDM apabila saat memberikan relasi antar tabel nya salah, kemungkinan saat di Generate menjadi PDM juga tidak akan berhasil. Jadi sangat diharuskan kamu harus benar-benar tepat saat memberi relasi antar tabelnya."