Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kode Editor dan IDE Terbaik Gratis untuk Linux

Assalamualaikum Wr,Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Hello para Developers, pada awalnya mungkin sistem operasi yang sering digunakan adalah Windows, tapi sering kali pada pengembang aplikasi lebih memilih Linux daripada OS lain itu karena stabilitas yang ditawarkan, khusunya untuk pengembang Website yang bermain dengan Jquery, JavaScript hingga CSS dan HTML. Nah, saya akan memberikan sedikit informasi tentang beberapa Kode Editor dan IDE gratis yang dapat kamu gunakan di Linux.

Kode Editor dan IDE Terbaik untuk Linux

Jika, kamu ingin mengembangkan situs web atau aplikasi perangkat lunak, kamu memerlukan sebuah aplikasi untuk menulis kode-kode bahasa pemrograman dan melihat hasil pratinjaunya. Di situlah yang biasa dinamakan Integrated Development Environments atau disingkat IDE juga ikut bermain.

Sebelum lebih lanjut lagi, mari kita bahas terlebih dahulu Perbedaan antara Kode Editor dan IDE.

Kode Editor adalah sebuah aplikasi yang digunakan untuk menulis kode-kode bahasa pemrograman. Hal ini menawarkan fitur pengeditan dan pemformatan dasar untuk meningkatkan pengelolahan kode-kode tersebut.

Manfaat dari kode editor adalah aplikasi yang berjalan lebih ringan daripada IDE. Dengan pembaruan yang terus ditingkatkan banyak kode editor yang menyediakan fitur seperti kompilasi, debugging dan dukungan untuk sebagian besar bahasa pemrograman. 

IDE adalah Integrated Development Environments atau lingkungan pengembangan terpadu, yang artinya IDE lebih canggih daripada kode editor dan menawarkan fitur yang tidak akan kamu temukan di aplikasi kode editor. IDE biasa digunakan untuk proyek-proyek tertentu seperti perangkat lunak berbasis moblie atau Dekstop.

KODE EDITOR TERBAIK UNTUK LINUX

Yuk, kita mulai bahas satu persatu kode editor yang sering digunakan oleh para developer profesional.

1. Sublime Text

Sublime Text 3

Sublime Text adalah kode editor klasik yang sering digunakan untuk para pemula pengembang website, namun bahkan yang profesinoal sekalipun. Dengan terus melakukan pengembangan sublime text sangat terkenal untuk berbagai platform, termasuk Linux. Dan juga sudah menawarkan kinerja melalui rendering GPU yang artinya sangat ringan untuk digunakan.

Dengan seiringnya waktu, aplikasi ini telah memperkenalkan beberapa fitur seperti IDE. Namun yang paling keren adalah kamu bisa mendapatkannya secara gratis dan tersedia untuk semua platform yang jug mendukung plugin tambahan untuk menambah fungsionalitas editor

Unduh Sumblime Text

2. Visual Studio Code

Visual Studio Code

Visual Studio Code adalah aplikasi perangkat lunak berbasis open source dan gratis digunakan untuk semua user. Aplikasi ini digunakan untuk programmer serta merupakan kode editor tingkat lanjut karena menawarkan fitur seperti IDE. Dukungan pengembang dan konfigurasi ringaannya telah mendapatkan popularitas besar di kalangan programmer.

Aplikasi ini menyediakan banyak ekstensi yang menambah lebih banyak fitur dan dukungan untuk bahasa pemrogaran, dari seperti HTML, PHP hingga Python. Terdapat fitur praktis dari VS Code ini adalah Integrasinya yang baik dengan Git.

Undug Visual Studio Code Disini

3. ATOM

Atom yang dimaksud disini bukan senyawa kimia loh ya hehehehe. Namun, ATOM yang dimaskud adalah sebuah Teks Editor yang dikembangkan oleh komunitas GitHub. Ini dapat disesuaikan dan memungkinkan kamu untuk menambahkan konfigurasi kamu ke dalamnya. Kamu juga bisa menambahkan berbagai plugin ke Atom, dan aplikasi ini juga mendukung banyak bahasa pemrograman seperti VS Code.

Unduh Atom Disini

4. Brackets

Brackets, adalah kode editor dengan beberapa fitur seperti IDE. Aplikasi ini memungkinkan kamu untuk merancang secara real-time. Sehingga kamu bisa live koding dan live pratinjau secara bersamaan. Namun ini akan berguna untuk pengembang aplikasi web.

Selain itu, aplikasi ini juga berbasis open source yang artinya bisa kamu gunakan secara gratis serta memiliki dukungan komunitas yang baik juga, jadi kamu akan dengan mudah menemukan solusi yang cepat untuk masalah yang kamu hadapi.

Unduh Brackets Disini

5. Geany

Geany adalah kode editor Linux lain untuk para developers. Aplikasi ini berfokus pada kinerja yang memanfaat antarmuka atau user interface yang ringan dan bersih.

Geany Code Editor

Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakannya sebagai IDE tingkat pemula. Fitur yang diberikan ada seperti Code Navigation, Plugin and Extensions, Project Management.

Aplikasi Geany ini juga berbasis open source yang gratis kamu dapatkan. Kamu bisa menginstal nya melalui situs web resminya atau bisa dengan menyalin repository dari GitHub. 

Unduh Aplikasi Geany Disini

IDE TERBAIK UNTUK LINUX

Selanjutnya kita akan bahas tentang beberapa IDE terbaik yang bisa kamu gunakan pada Linux. Berikut adalah 3 IDE yang bisa kamu gunakan ;

1. IntelliJ IDEA

IntelliJ IDEA adalah aplikasi yang populer dan sering digunakan untuk para pengambang Java dan Android. Dengan banyak fitur yang diberikan oleh aplikasi ini yang sehingga menjadi standar industri untuk pengembangan perangkat lunak.


Aplikasi ini memiliki algoritma kecerdasan buatan yang bisa mengurangi upaya penulisan kode-kode bahasa pemrograman. Itu juga bisa mendeteksi sintaks dan megurangi kesalahan secara efisien.

IntelliJ IDEA memiliki dua versi: Ultimate dan Community. Semua fitur Android dan Java tersedia gratis dalam versi Community. Namun, pengembangan web dan beberapa fitur lanjutan memerlukan versi Ultimate, yang tidak gratis.

Unduh Aplikasi IntelliJ IDEA Disini

2. Apache NetBeans

Apache NetBeans
 

Apache NetBeans adalah IDE yang cepat dan kuat untuk pengembangan perangkat lunak. Ini memiliki dukungan Komunitas yang baik, dan kamu juga bisa menggunakannya untuk menulis dalam beberapa kode bahasa pemrograman.

Aplikasi ini juga menyediakan perangkat lunak dan alat pengembangan atau pembangunan sebuah Web. Dengan memasang beberapa plugin kamu bisa meningkatkan kemampuan beradaptasi dengan fitur-fitur terbaru. 

Tidak hanya itu, aplikasi ini juga menawarkan alat desain berbasis GUI untuk para pengembang Front-End

Apache NetBeans adalah aplikasi berbasis open-source dan gratis untuk digunakan. Namun kamu perlu mengkonfigurasi JDK sebelum kamu bisa install NetBeans.

Unduh Apache NetBeans Disini

3. Eclipse IDE

Eclipse IDE adalah alat IDE Java yang baik yang bisa memberikan kinerja yang stabil diluar kotak dialog. Aplikasi ini adalah sala satu aplikasi IDE Tercanggih karena mampu menawarkan fitur pengembangan front-end.

Eclipse IDE

Dalam aplikasi ini kamu bisa menggunakan beberapa bahasa kode pemrograman seperti C++, C, COBOL, Fortran, Haskell, JavaScript, PHP, Pyhton, R, Ruby, Ruby on Rails dan Skema.

Eclipse juga merupakan aplikasi berbasis open source serta memberikan opsi fitur lanjutan yang ditujuakan untuk perusahaan besar.

Unduh Eclipse Disini

Conclusion

Oke, pada intinya yang bisa saya sarankan adalah jika bekerja pada kode editor terbaik dan IDE adalah kunci untuk membuat atau mengembangkan sebuah web atau perangkat lunak agar bisa lebih efisien.

Namun, kamu bebas memilih aplikasi yang sesuai dengan preferensi kami sendiri, seperi tampilan, kinerja, konsumsi memori RAM atau penggunaannya dalam ruang Disk.

Oke, Sepertinya itu saja informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat dan kamu bisa menemukan apa yang kamu cari. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia dalam Tautan Rasa Syukur".

Wassalamualaikum Wr,Wb., Sampai Jumpa

 

Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.