Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Itu Data Mining ?

Hasil Akhir

DATA MINING

Kebiasaan cara berbisnis, kegiatan ilmiah dalam bidang tertentu, atau sembarang kegiatan lain, sekarang telah atau sudah membutuhkan jumlah data yang besar untuk dianalisis atau biasa disebut BIG DATA ANALITICS.  Pemakaian perangkat computer, penggunaan teknologi internet serta transaksi yang bersifat online itu sudah mencakup teknik pengolahan data. Dalam bidang lain seperti bidang pertanian, kesehatan, atau pendidikan sering juga diterapkan teknik-teknik untuk memprediksi kelulusan, penyakit, diagnose atau mengelompokan Gen misalnya. Dalam contoh diatas, sangat dipastikan data mining tidak terbatas untuk keperluan bisnis.

Dalam contoh ada beberapa perusahaan besar yang memperlukan informasi dari data yang dipunyai, dibutuhkan suatu cara pengolahan data yang akurat dan terpercaya. Data Mining melibatkan penggunaan metode atau tool untuk mendeteksi suatu pola tertentu dan melakukan tugas prediksi.
Contoh lain juga ada dibidang pendidikan, pada tingkat perguruan tinggi Data Mining sudah tidak asing lagi. Kumpulan data yang besar dari mahasiswa tingkat dini sampai senior, bahkan data-data yang dipunyai dari alumni-alumninya hingga beberapa tahun kebelakang. Data Mining sudah bisa dimanfaatkan untuk memprediksi kelulusan mahasiswanya misalnya, itu juga sangat bermanfaat untuk memperbaiki kualitas perguruan tinggi yang dimilikinya.

Ada contoh lain juga yang dilansir dari Buku dari Budi Santosa dan Ardian Umam tahun 2018 yang berjudul DATA MINING DAN BIG DATA ANALYTICS menceritakan perusahaan ternama seperti Toyota menggunakan data mining untuk menentukan rute transportasi yang paling efisien, mengurangi waktu transport dalam mengirim mobil ke customer. Data Mining juga diterapkan oleh perusahhan telekomunikasi untuk mendeteksi (fraud) pemakain rekening. Data Mining bisa digunakan untuk memprediksi customer yang pindah provider dalam industry wireless phone.
Dalam Data Mining ada tugas-tugas atau berbagai macam yang dilakukan untuk mengolah data. Untuk itu ada versi lengkapnya ke Materi 2. Tentang Tugas-tugas Data Mining.

Berikut kita akan lanjut ke materi berikutnya ;



Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.