Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Luluskan, Naikkan dan Ubah Rombel Siswa di EMIS Tapel 2021/2022

 Assalamulaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

EMIS 4.0 Tahun Pelajaran 2021/2022 Semester Ganjil sudah mulai bisa dikerjakan, namun sebalum kita melakukan kegiatan entri data siswa baru atau PPDB ke dalam EMIS 4.0, alangkah baiknya harus mengikuti langkah-langkah atau tahapan yang benar yaitu 

  1. Meluluskan Siswa
  2. Menaikkan Siswa
  3. Membuat Rombel dan Memasukkan Siswa Dalam Rombel
  4. Entri Data Siswa PPDB

4 tahapan tersebut harus dilakukan secara urut untuk mengurangi tingkat kesalahan dan gagal memperbarui data di EMIS.

Untuk itu, berikut tahapan cara yang benar agar terhindar dari kesalahan entri data di EMIS. 

Baca Juga : Tutorial Menambah Siswa Baru di SIMPATIKA Tapel 2021/2022

 1. Cara Meluluskan Siswa di EMIS 2021/2022

Tahap Pertama,

Seperti biasa admin atau operator madrasah buka halaman landing page EMIS 4.0 dengan menuliskan URL https://emis.kemenag.go.id/  kemudian login menggunakan akun operator.

  • Setelah berhasil login, kamu buka menu "Siswa"<>"Akademik"<>"Kelulusan". Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
Luluskan dan Naikkan Siswa di EMIS

  • Setelah Data Siswa muncul berhasil dimuat, kamu lakukan pengisian nilai rata-rata Ujian pada masing-masing siswa dan siswi kelas 6. Dan nilai diisi dengan angka bulat.
  • Kemudian, kamu centang data siswa yang sudah diisi nilainya, atau juga kamu bisa pilih "Select All".
  • Selanjutnya kamu tekan tombol "Luluskan" 
Luluskan dan Naikkan Siswa di EMIS

Tahap Kedua, (Akun Kepala)

Tahap selanjutnya adalah melakukan persetujuan siswa lulusan pada akun kepala madrasah. Kamu beralih dan login menggunaan akun kamad.

  • Setelah berhasil login, kamu buka menu "Siswa"<>"Akademik"<>"Kelulusan". Seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini.
  • Setelah data berhasil dimuat dan ditampilkan, kamu cek terlebih dahulu apakah data sudah benar atau belum. Jika dirasa sudah benar semua maka kamu tinggal menekan tombol "Setuju".

Luluskan dan Naikkan Siswa di EMIS

  •  Selanjutnya kamu cek di menu"Siswa"<>"Akademik"<>"Daftar Alumni". apakah data berhasil diluluskan atau tidak. Jika berhasil maka data akan bisa ditampilkan

Baca Juga : Cara Menaikkan Siswa di SIMPATIKA Tapel 2021/2022

2. Cara Menaikkan Siswa di EMIS 2021/2022

Setelah kamu berhasil melakukan tindakan dengan meluluskan siswa kelas 6, tahap selanjutnya adalah menaikkan siswa ke tingkat atas.  

  • kamu buka menu "Siswa"<>"Akademik"<>"Kenaikan Kelas"
Naikkan Siswa di EMIS
  • Kamu centang "Select All" <> "Pilih Rombel yang akan dinaikkan" <> Tekan tombol "Naik Kelas". 

     NB : Kamu naikkan siswa dengan pilih Rombel yang paling tinggi terlebih dahulu. Dalam contoh, saya akan menaikkan siswa dari mulai rombel kelas 5 terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan kelas dibawahnya.

3. Membuat Rombel dan Memasukkan Siswa dalam Rombel

Untuk menambah rombel baru pada tahun pelajaran 2021/2022 semester ganjil, kamu klik menu "Rombongan Belajar" <> klik tombol "Tambah" pada sisi kanan tabel.

Tambah Rombel EMIS

Selanjutnya kamu tambahkan data dengan mengisi Tahun Ajaran "2021/2022". Dan data yang lain seperti wali kelas, jenis rombel, kurikulum dan sebagainya. Atau kamu bisa lihat pada gambar dibawah ini.

Tambah Rombel EMIS

Tahap selanjutnya adalah kamu Tambahkan Siswa yang akan memasuki Rombel yang sudah kamu buat. Kamu tinggal ketik Nama Siswa pada kolom  Search.

Tambah Rombel EMIS

Setelah semau siswa sudah terisi pada setiap rombel nya. Kamu arahkan atau scroll kebawah kemudian klik tombol "Simpan".

Tambah Rombel EMIS

NB : Jika saat kamu melakukan entri data rombel dan Nama Ruangan Tidak Muncul kamu setting pada menu "Sarana dan Prasarana" <> "Aset Tetap" <> "Ruangan".Nah, disitu kamu update dulu ruangan kelasnya dengan menambahkan foto dan mengatur kapasitas tampung siswa.

Baca Juga : Cara Mengatur Nama Ruangan Rombel Tidak Muncul 

Sekian dan Terimakasih. Semoga Bermanfaat dan Kamu bisa menemukan apa yang kamu cari. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia dalam Tautan Rasa Syukur". 


Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.