Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Populasi dan Sampel Dalam Statistika

Populasi dan Sampel Dalam Statistika
Apa yang dimaksud Populasi dan Sampel dalam Statistika itu ?

Dalam ilmu statistika ada yang dinamakan populasi dan sampel. kita akan membahas kedua istilah itu dengan singkat, jelas dan mudah dipahami




Assalamualikum Wr. Wb
Oke, pada pembahasan kali ini saya akan menuliskan sedikit pengalaman saya mengenai apa itu populsai dan apa itu sampel dalam ilmu statistika.

1. Populasi (Population) and Sampel (Sample)

Populasi, adalah Himpunan keseluruahn objek yang sedang diamati. Nilai yang dihitung dari populasi dan memberi deskripsi pada populasi disebut Parameter


Sampel, adalah Himpunan bagian dari populasi yang bertindak sebagai perwakilan dari populasi. Nilai yang dihitung dari sampel disebut statistik.

Beikut adalah contoh dari hubungan populasi dan sampel dalam statistika
populasi dan sampel

Penjelasan Gambar diatas ;
Dalam Contoh, kita memiliki Populasi Mahasiswa dalam suatu perguruan tinggi, dan memiliki Parameter nilai rata-rata tinggi badan setiap mahasiswa dikampus tersebut.
 sementara kita juga memiliki Sampel Mahasiswa pada salah satu program studi di kampus tersebut, selain itu kita juga memiliki nilai rata-rata tinggi badan setiap mahasiswa di salah satu Program studi tersebut.

Dalam ilmu Statistika untuk memilah atau menentukan nilai-nilai Populasi dan Sampel kita juga perlu melakukan yang namanya Sampling . Kenapa sampling itu diperlukan
  1. Karena Ukuran Populasi
  2. Masalah Biaya (Sampling lebih sedikit memakan biaya, apalagi jika ukuran populasinya besar)
  3. Masalah Waktu (Sampling akan memberikan data dan hasil lebih cepat)
  4. Jika terdapat percobaan yang merusak 
Oke, selanjutnya kita juga akan membahas tentang teknik-teknik sampling  di dalam ilmu statistika.

Sekian itulah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan satu kata "Jangan Lupa Bernafas & Tetap Bersyukur" .

Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.