Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Bangunan Aneh yang Mustahil Di buat Manusia

Assalamualaikum Wr.Wb. Salam Sejahteran dan Salam Budaya

Didunia yang luas sini, kita disibukkan dengan teknologi-teknologi yang sedang berkembang. Maka banyak sekali kemudahan-kemudahan yang didapatkan. Namun disamping itu jika kita menengok jauh kebelakang, banyak sekali bangunan-bangunan atau situs kuno yang sampai sekarang masih misterius dan beberapa bangunan itu tidak bisa dijelaskan secara nalar dan logika dan sains. Namun dari beberapa bangunan-bangunan di kebudayaan Mesoamarika

Machu Picchu

Mesoamerika adalah kawasan peradaban kuno yang ada sejak tahun sekitar 2000 SM disekitaran benua Amarika. Kebudayaan yang dimaksud juga termasuk unik, karena kebudayaan masyarakatnya tidak menghasilkan hasil atau menempah logam. Sedikit berbeda dengan kebudayaan-kebudayaan yang lain, yang tidak memiliki sistem penempahan logam dan sejenisnya dalam arti lain disini masyarakatnya tidak bisa membuat apapun yang terbuat dari logam dengan baik. Namun bisa menghasilkan bangunan-bangunan kebudayaan yang mungkin sampai sekarang tidak bisa dilakukan oleh Manusia manapun didunia ini. Ada beberapa bangunan-bangunan yang dimaksud. Apa saja? yuk kita bahas sampai akhir.

1. SACSAYHUAMAN

SACSAYHUAMAN adalah sebuah situs reruntuhan di wilayah Cusco di negara Peru yang terletak pada ketinggian kurang lebih 3000 di atas permukaan laut. Sacsayhuaman sebuah situs berbentuk benteng-benteng yang terbuat dari Batu yang besar dan tertata rapi. "Benteng" ini terdiri dari tiga dinding yang besar.

Sacsayhuaman

Namun perlu diketahui, kali yang saya tuliskan adalah beberapa hal-hal mustahil yang dilakukan oleh Manusia pada saat membangun Sacsayhuaman. Oke yang pertama ;

  • Batu-batu ini sangatlah besar hingga mencapai berat sampai 600 Ton. Dan Batu ini tertumpuk dengan sangat rapi hingga membentuk sebuah benteng. Bagaimana cara Manusia melakukannya waktu itu ?
  • Batu-batu tersebut bukan berasal dari lokasi benteng, tetapi harus dipindahkan dari lokasi tambang batu dengan jarak 15-16 Kilo Meter. Batu harus dipindahkan dan dalam sejarah pada peradaban abad 15, atau pada masa peradaban Inca tidak menggunakan roda atau alat-alat yang terbuat dari logam baja atau besi. Bagaimana melakukannya ? 
  • Puncak misterinya adalah penumpukan batu-batu tersebut tidak menggunakan perekat tertentu. Namun batu tersebut di potong dengan presisi yang luar biasa, sehingga antara satu batu dengan batu yang lain tertata rapi dan saling mengunci seperti Puzzle. Yang lebih membingungkan lagi adalah berbeda dengan situs bangunan yang lain sebut saja candi Borobudur. Pada situs Sacsayhuaman ini batunya tertata sangat rapat sampai-sampai jarum atau kertas pun tidak bisa di selipkan diantara tumpukan batu tersebut.

Tumpukan Batu Sacsayhuaman
Kutipan dari Pedro Pizzaro Penjelajah asal portugis.

"... Dan di bagian bawah tembok ini terdapat batu-batu yang begitu besar dan tebal sehingga mustahil bagi tangan manusia untuk meletakkan ditempatnya....... begitu berdekatan, dan sangat pas, sehingga ujung dari peniti pun tidak bisa dimasukkan ke salah satu sambungannya, seluruh benteng dibangun di teras dan ruang datar".

Nah, itu lah misteri pada benteng Tumpukan Batu Sacsayhuaman yang sampai sekarang belum terpecahkan.

2. PUMA PUNKU 

Puma punku atau pintu kuma adalah situs kuno yang terletak di dalam lokasi situs Tiwanaku, di negara Bolivia. Bangunan tersebut adalah rertuntuhan kota kuno pada masa Peradaban Andes yang memiliki luas kurang lebih 4 Kilo Meter Persegi. Seperti halnya situs Sacsayhuaman , situs ini terbuat dari batu-batu besar dan ditumpuk sedemikian rupa. Namun yang paling misterius adalah hal yang dibawah ini.

Puma Punku

Sama halnya dengan Tumpukan Batu Sacsayhuaman, batu-batu di Puma Punku ini juga tertata rapi tanpa menggunakan alat perekat tertentu, namun hanya potongan batu dan ditumpuk dengan presisi yang luar baik. Namun yang membedakan adalah batu-batu pada Puma Punku ini di cetak atau dibuat dengan gaya yang sedikit modern. Seperti ada yang huruf H, patung wajah dan lain-lain. Dan yang membedakan lagi adalah sebagian batu tersebut adalah termasuk jenis batu Granit atau batu yang terkeras di dunia ini. Berikut keanehanya ;
  • Pahatan yang dibuat di batu terkeras terbentuk seperti bukan pahatan Manusia, melainkan seperti cetakan Mesin dijaman modern. Karena bentuknya yang presisi, datar, halus dan benar-benar siku 90 derajat.
Pahatan Puma Punku

  • Pahatan dengan melubangi batu yang keras.karena dijelaskan pada pahatannya sangat presisi jarak antara satu lubang dengan lubang yang lainnya. Kenapa aneh ? Karena dijelakan dalam kebudayaan Mesoamerika belum ada budaya mengolah besi atau logam.
Puma Punku Lubang

  • Yang lebih aneh lagi adalah, ada sebuah batu dengan lubang yang sangat kecil, lurus dan membentuk diameter lingkarang yang sempurna, serta ada lubang dengan titik titik yang berjarak dengan sepadan. Apakah dilubangi dengan mesin bor ? sangat aneh sekali. 

Sebenarnya masih ada banyak lagi bangunan-bangunan jaman Mesoamerika seperti Machu Picchu, El Castillo, Las Bolas, . Namun semua intinya kemisteriaanya juga sampai sekarang belum bisa terpecahkan. Namun yang membuat saya heran adalah Situs Machu Picchu dan Benteng Sacsayhuaman. Karena itu tadi sangat aneh jika dilakukan oleh Manusia. Bahkan bisa jadi teknologi yang sekarang ini tidak dapat menumpuk batu serapat itu tanpa adanaya perekat tertentu.
Oke, mungkin itu saja semoga bermanfaat dan bisa memberikan kamu kebingungan dan bertanya-tanya. Satu Kata " Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".


Wassalamualaikum Wr.Wb - See You

Sumber :

Youtube : https://youtu.be/rMLMBQu71RY
wikipedia.org
https://www.roadunraveled.com/blog/puma-punku-tiwanaku-lake-titicaca
Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.