Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berbagai Komponen-Komponen Peripheral Hardware

Jika kalian ingin mengetahui macam-macam perangkat keras berdasarkan process device dan outputnya kamu bisa beralih ke halaman sebelumnya.

Halaman Sebelumnya <<

Macam-Macam Komponen Perangkat Keras Masukan (Input).

1. Motherboard

Motherboard
Motherboard adalah sebuah papan sirkuit yang befungsi sebagai tempat suatu komponen-komponen dari perangkat keras pemrosesan seperti yang sudah dijelaskan di atas tadi. Dan juga bisa digunakan untuk penghubung dari perangkat-perangkat tambahan pada komputer. Motherboard sendiri berbentuk PCB dan mempunyai chip BIOS.

2. Keyboard

Keyboard
Keyboard adalah komponen utama dari komputer yaitu sebuah perangkat keras yang bebentuk papan yang terdiri dari deretan angka, huruf dan berbagai karakter lainnya. Media ini berfungsi sebagai media masukan atau input yang diketikkan dari pengguna kemudian di proses oleh CPU dan menampilkannya di komputer.



3. Mouse

Mouse Komputer
Mouse pada komputer bukan sebuah Tikus, melainkan sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengarahkan pointer atau kursor yang menunjuk sebuah aplikasi yang ingin dijalankan. Intinya adalah sebagai pengganti tangan pengguna komputer untuk menunjukkan jalan kemana arah kita menjalankannya.



4. Scanner

Printer Scanner
Scanner yaitu salah satu perangkat keras yang memiliki cara kerja berkebalikan dengan printer. Jika dalam printer adalah mengubah file dokumen menjadi hard copy maka dalam scanner adalah mengubah file hard copy menjadi file digital yang akan tersimpan di dalam komputer. Oleh karenanya, ini juga terasuk dalam jenis perangkat keras masukan atau input.

5. Barcode Scanner

Barcode Scanner

Barcode Scanner merupakan alat atau perangkat keras yang wujudnya ada gagangan dan memancarkan sinar laser guna untuk memindai barcode. Barcode adalah sekumpulan data optik yang berbentuk kode batang, kode palang atau kode bar yang nantinya akan dibaca oleh barcode scanner kemudian diterjemahkan kedalam perangkat komputer.

6. Webcam

Jual Webcam
Webcam adalah satau perangkat keras yang berbentuk kamera digital yang dihubungkan ke perangkat komputer. Cara kerja dari webcam adalah merekam gerakan visual grafik kemudian di proses oleh CPU dan ditampilkan melalui monitor. Biasanya webcam juga akan terhubung menjadi satu di perangkat komputer jenis Laptop atau Notebook.

7. Joystick

Joystick Console
Joystcik atau tuas kontrol adalah perangkat keras input komputer yang berwujud tuas dan dapat digerakkan ke segalah arah. Terdapat banyak macam joystick seperti Rumble, Racing Wheel, Extreme 3D Pro, dan lain sebagainya. Fungsinya tak lain adalah sebagai alat penggerak visual game dari komputer layaknya seperti mouse. Hanya saja joystcik sifatnya lebih untuk permainan di komputer. Seperti gambar di samping adalah jenis joystick rumble yang sering digunakan karena desain yang cocok untuk segala jenis game.

8. Light pen & Digitizer

Light pen & Digitizer

Light pen & Digitizer adalah satu paket alat perangkat keras yang digunakan untuk menggambar dengan tangan, kemudian memasukkan sketsa atau gambar ke dalam komputer secara langsung. Seperti menulis diatas kertas dengan pensil. Light Pen adalah pensilnya dan Digitizer adalah kertasnya. Mungkin seperti itu ibarat pemakaiannya.



9.Touchpad

Touchpad
Touchpad adalah media perangkat keras masukan yang bertugas untuk menterjemahkan jari-jari pengguna ke posisi yang diarahkan sesuai keinginan di monitor komputer, Tugasnya sama hal nya dengan perangkat keras mouse namun biasanya touchpad akan sangat sering ditemui di media Laptop atau Notebook.



10. Microphone

Microphone
Microphone adalah media perangkat keras yang berfungsi untuk menagkap gelombang suara dan mengubahnya menjadi getaran audio. Nah pada komputer, media ini berfungsi untuk memasukkan suara dari luar komputer kemudian ditermahkan melalui sound card dan proses oleh CPU kemudian di keluarkan oleh perangkat keras speaker.


11. Power Supply

Power Supply
Power Supply adalah media perangkat keras yang menghubungkan daya listrik ke komponen-komponen seperti, motherboard, VGA, dan perangkat process device lainnya. Kalau CPU adalah otak dari komputer maka Power supply adalah jantung dari perangkat komputer.



Macam-Macam Komponen Perangkat Keras Tambahan (Peripheral).

1. Router

Router Netgear
Router adalah perangkat keras tambahan dari komputer yang digunakan untuk penghubung komputer ke beberapa jaringan yang mempunyai akses jaringan yang sama atau bahkan bisa berbeda.



2. Repeater

Repeater
Repeater adalah perangkat keras tambahan yang berfungsi untuk memperluas jaringan. Terdapat tiga macam repeater secara umum, yaitu telephone repeater, optical communications repater dan radio repeater. Secara umum repeater juga digunakan untuk memperluas jaringan Wi-Fi. Cara kerjanya adalah repeater menerima jaringan dari router kemudian memancarkan kembail dengan cakupan area yang luas. Bisa juga disebut dengan penguat sinyal.

3. UPS

UPS
Uninterruptible Power Supply bisa disingkat dengan UPS adalah sebuah perangkat keras tambahan yang digunakan untuk menyimpan cadangan tegangan listrik saat tegangan listrik yang utama padam. Dan juga bisa digunakan untuk menyetabilkan arus listrik agar sesuai dengan daya dari power supply.



4. Headphone

Headphone
Fokus headphone ya gaes 😃. Headphone adalah media aksesoris alat dengar yang hanya bisa digunakan untuk mendengarkan suara tanpa media komunikasi berbeda dengan headshet namun intinya sama untuk mengolah suara kecil yang digunakan sangat dekat dengan telinga.



5. Hub / Switch

Hub / Switch
Hub / Switch merupakan perangkat keras jaringan sebagai penyambung atau konektor dalam satu server ke beberapa jaringan. Tidak seperti Router bahwa hub / switch bisa menambah jarak jaringan dalam area lokal dalam satu ruangan. Perbedaan mendasar antara hub dan switch adalah cara kerjanya, jika hub transmisi data nya tidak mengenali MAC address komputer kliennya, maka switch mampu mengenalinya secara lebih kompleks.

6. UTP Cable

UTP Cable
Nah, setelah membaca fungsi dari hub / switch maka wajib juga mengenali UTP Cable. Kabel UTP ini adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk membuat jaringan dari server ke beberapa komputer klien. Jika hub / switch / router adalah media konektornya, maka UTP kabel adalah sebagai jalan sebagai media penghubungnya.



7. HDMI Cable

HDMI Cable
HDMI atau kepanjangan dari Hight-Definition Multimedia Interface adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai konektor dari satu komputer ke berbagai macam perangkat elektronik seperti Laptop, TV, Monitor, dan LCD Proyektor. HDMI fungsi utamanya adalah mengirim data dari satu komputer tersebut berupa gambar dan suara. 

8. VGA Cable

VGA adalah singkatan dari Video Graphics Array merupakan perangkat keras yang fungsinya sama dengan HDMI. Namun perbedaannya adalah Jika HDMI bisa menampilkan gambar dan suara, maka VGA hanya bisa menampilkan visual gambarnya saja. Dan kualitas relosusi yang ditampilkan tidak lebih baik daripada HDMI. Sejatinya HDMI adalah pengembangan dari VGA.

9. Cooling Pad

Cooling Pad adalah perangkat keras tambahan yang berfungsi sebagai pendingin laptop. Perangkat ini di rancang untuk mengantisipasi tekanan panas laptop luar, namun perlu di ketahui fungsunya bukan sebagai pendingin dari CPU.




10. Heatsink

Heatsink Pendingin CPU
Berbeda dengan cooling pad. Heatsink atau biasa disebut dengn pendingin CPU. Tugasnya adalah sebagai media perangkat keras yang digunakan untuk mendinginkan daya panas dari CPU. Hal ini dilakukan supaya kinerja dari CPU bisa stabil karena tidak over panasnya.





11. Casing

Closeup of hands casing cpu stock phot

Casing adalah komponen perangkat keras yang paling utama. Komponen ini berfungsi sebagai tempat untuk menempatkan atau memasang komponen-komponen perangkat keras pada process device seperti CPU, sound card, vga card, ethernet card dan lain sebagainya. Juga sebagai wadah dari perangkat keras masukan / input seperti motherboard dan powe supply.







Nah, itulah beberapa komponen perangkat keras beserta fungsinya, namun jika melihat beberapa pengembangan teknologi sampai sekarang ini masih banyak lagi perangkat keras yang belum saya tuliskan, namun dari beberapa tadi mungkin itu adalah komponen perangkat keras yang mungkin wajib kamu ketahui.

Sekian, somoga bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai pengalaman edukasi, karena SistemKu adalah InformasiMu. Satu kata "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".
See you