Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Merekam Gitar Akustik

Stop, jangan "merekam" dulu sampai kamu banar-benar yakin, nanti hasil yang akan direkam bisa benar-benar enak untuk didengarkan

Gitar Akustik

Memang, merekam gitar akustik kamu bisa menghibur diri, tetapi terburu-buru dalam merekam bisa memberikan hasil yang mengecewakan. Pasti dong kamu tidak mau mengulang lagi dan terus mengulang untuk merekam lagi, hingga bisa memberikan hasil yang benar-benar baik dan enak untuk didengar.

Maka dari itu, kamu harus memperhatikan hal penting yang oerlu dipertimbangkan sebelum kamu menekan RECORD untuk mendaatkan representasi terbaik dan paling akurat dari gitar kamu dan suara yang kamu inginkan, dan yang pasti enak untuk didengarkan.

Nah, mari kita lihat beberapa pertanyaan yang harus kamu tanyakan pada diri kamu sebelum merekam gitar akustik milik kamu sendiri.

1. Perhatikan Jenis Gitar Apa yang Kamu Gunakan

Mungkin jawaban dari kamu adalah jenis gitar yang pasti adalah gitar akustik. Tapi perlu kamu ketahui, bahwa ada hal yang lebih baru dari itu.

Ada beberapa faktor seperti bentuk atau ukuran body, bahan, senar dan cara kamu memposisikan gitar. Pada Gitar Klasik beralur nilon dan akan terdengar sangat berbeda dari dreadnought yang dirangkai baja, terlepas dari kenyataan bahwa keduanya adalah gitar akustik. Kamu tidak dapat memaksa satu jenis gitar untuk terdengar otentik seperti yang lain (terlepas dari EQ terbaik kamu) dan perlu diketahui itu sebelum kamu mendalami lebih jauh lagi tentang giatr akustik.

Selain itu, apakah kamu memiliki gitar akustik atau gitar elektro-akustik ? Tahukah kamu apa bedanya ? Jika ingin merekam gitar akustik kamu tanpa kabel, ini tidak terlalu menjadi masalah. Namun, kamu nisa menjadi lebih kreatif saat merekam jik kamu memiliki gitar elektro-akustik, jadi perlu diketahui jenis gitar yang kamu miliki.

Gitar Elektro Akustik

Contoh fingerstyle Indonesia yang mendunia adalah Alip Ba Ta dan Natan

2. Diruangan seperti apa kamu saat merekam ?

Faktor lain sebelum kamu merekam gitar akustik adalah memastikan kamu memiliki ruang yang tepat untuk merekam. Ruangan yang lebih kecil akan memiliki gema atau gaung yang jauh lebih sedikit daripada yang lebih besar, dan akan mempengaruhi kejernihan suara gitar kamu. Dengan ruangan yang berbeda akan memiliki tingkat kedap suara yang berbeda, yang akan mempengaruhi seberapa banyak kebisingan berlebih dalam rekaman kamu.

Jika kamu merekam di rumah, kamu dapat membuat kamar kamu menjadi kedap suara dengan memastikan semua pintu dan jendela kamu tertutup dan lebih bisa memasang busa akustik untuk menyerap suara berlebih.Idealnya, jika kamu ingin berada di ruangan tanpa jendela, tapi jika bukan itu masalahnya, kamu dapat menutupi jendela dan menjauhkan mikrofon dari mereka.

Yang terbaik kamu melakukan rekaman di dalam studio musik.

3. Mikrofon apa yang kamu gunakan ?

Jika kamu ingin menangkap suara gitar akustik seakurat mungkin, maka kamu memerlukan dua hal yaitu mikrofon yang baik dan penempatan mikrofon yang benar.

Pertama, tinggalkan mikrofon internal apapun, jika kamu ingin mendapatkan suara berkualitas.

Kedua, Jika kamu ingin benar-benar baru dalam merekam gitar akustik, kamu mungkin ingin memulai dengan mikrofon USB, yang memerlukan lebih sedikit pengaturan dan kemampuan teknis untuk merekam.

Langkah selanjutnya adalah mendapatkan mikrofon XLR yang jika digunakan dengan benar akan memberi kamu hasil yang terbaik.Kamu juga bisa membaca artikel tentang penggunaan mikrofon USB atau mikrofon XLR.

Jika menggunakan gitar elektro akustik kamu bisa menggunakan mikrofon dinamis, dan apabila untuk gitar klasik kamu bisa menggunakan jenis mikrofon kondensor.

Gitar Elektro Akustik

4. Penampatan Mikrofon yang benar

Nah, setelah kamu mendapatkan mikrofon yang baik, kamu juga harus mengetahui tentang bagaimana posisi penempatan mikrofon yang benar.

Menggunakan mikrofon yang baik tetapi posisi yang salah tetap akan memberikan kamu hasil dibawah standar atau bisa dikatakan buruk. 

Misalnya, jika kamu meletakkan mikrofon tepat di depan lubang suara gitar akustik, maka bersiaplah untuk mendengarkan kembali suara berlumpur yang bisa merusak gendang telingamu.

Cara merekam gitar akustik dan elektro akustik

5. Apakah kamu siap untuk merekam ?

Saat ini, jauh lebih mudah dan nyaman untuk merekam di dalam rumah, sehingga seringkali biasanya begitu semangat dengan gagasan merekam sehingga langung rekam tanpa memastikan pertimbangan dengan siap.

Tidak peduli seberapa bagus gitar atau mikrofon kamu atau seberapa sempurna kamu membuat kamar dengan kedap suara, semua ini tidak akan mengetahui potensi penuhnya jika apa yang akan kamu mainkan terdengar belum selesai.

Untuk memastikan kamu sudah siap atau belum, kamu juga harus benar-benar berlatih lagu apa yang akan kamu mainkan, sehingga nantinya kamu tidak perlu lagi untuk mengulang-ulang secara terus menerus jika kamu sudah mahir dan siap untuk melakukan rekaman gitar akustik dengan lagi yang kamu kuasai.

Gitar Akustik

Nah, semakin kamu memperhitungkan faktor-faktor ini, maka semakin baik permainan gitar dan rekaman kamu. 

Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk kamu dan kamu bisa meningkatkan kemampuan atau potensi diri kamu. Dan satu kata "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia Dalam Tautan Rasa Syukur".


Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.