Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PJOK Kelas 5 - Pemeliharaan Diri dari Penyakit

Assalamualakium Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Sebelum memulai pembelajaran ini, alangkah baiknya anak-anak semua Berdo'a terlebih dahulu, semoga bisa diberi ketenangan dalam belajar dan semoga ilmunya berkah serta selalu diberi kesehatan. Amiin. 

Pemeliharaan Diri dan Orang Lain dari Penyakit

Dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Jika sehat, kamu  dapat melakukan berbagai kegiatan seperti belajar dan bermain bersama  teman-temanmu. Dengan demikian, menjaga kesehatan sangat penting.  Agar tubuh tetap sehat, kamu harus rajin mengonsumsi makanan sehat,  rajin berolahraga, dan cukup istirahat.

Agar terhindar dari penyakit, kamu hendaknya memahami dan menerapkan konsep  pemeliharaan diri.

A. Penyakit Menular

Sakit adalah suatu kondisi tubuh atau sebagian organ tubuh yang fungsinya terganggu. Orang mungkin sakit  karena terjangkit penyakit tertentu.

Apa yang dimaksud penyakit menular? Pembahasan penyakit menular  tercantum dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 82 Tahun 2014  tentang Penanggulangan Penyakit Menular Pasal 1 ayat (1). Dalam  peraturan tersebut, dijelaskan penyakit menular adalah penyakit menular  kepada manusia yang disebabkan agen biologi seperti virus, bakteri,  jamur, dan parasit.

1. Macam-Macam Penyakit Menular

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 82 Tahun 2014 tentang Penanggulangan Penyakit Menular Pasal 4, penularan penyakit  disebabkan oleh penyakit menular langsung serta penyakit menular vektor dan binatang pembawa penyakit.

Macam-Macam Penyakit Menular

B. Penyakit Tidak Menular

Apa itu penyakit tidak menular? Penyakit tidak menular (PTM) merupakan penyakit yang bukan disebabkan kuman atau virus serta tidak  ditularkan kepada orang lain. Apa faktor penyebab seseorang menderita 

penyakit tidak menular? Bisa jadi, orang tersebut memiliki pola hidup  tidak sehat. Terlalu banyak mengonsumsi makanan cepat saji merupakan  kebiasaan hidup tidak sehat. Makanan tersebut tinggi kalori, tetapi rendah  kandungan gizinya.

Bagaimana cara menghindari terkena penyakit tidak menular?  Kamu bisa membaca artikel dibawah ini,

Baca Juga : Tips dan Trik Hidup Sehat Yang Menyenangkan

1. Macam-Macam Penyakit Tidak Menular

Penyakit tidak menular bisa muncul akibat pola hidup tidak sehat atau  faktor keturunan. Contoh penyakit tidak menular antara lain diabetes,  rematik, sariawan, hipertensi, osteoporosis, depresi, keracunan, penyakit  jantung, kanker, stroke, ambien, usus buntu, asam lambung, gagal  ginjal, asam urat, tumor, obesitas, vertigo, migrain, kolesterol, tipes, dan  penyakit paru-paru.

C. Melindungi Diri dari Penyakit

Cara pencegahan penyakit menular diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 82 Tahun 2014 tentang Penanggulangan Penyakit Menular. Berdasarkan peraturan tersebut pencegahan dilakukan dengan promosi kesehatan; pengendalian faktor risiko, penemuan kasus, penanganan kasus, pemberian kekebalan (imunisasi), dan pemberian obat pencegahan secara massal.

Pencegahan penyakit juga dilakukan dengan membiasakan budaya  hidup sehat. Bagaimana caranya? Tindakan yang dapat kamu biasakan  sehari-hari sebagai berikut.

a. Mencuci tangan menggunakan sabun cuci tangan.

b. Membasmi jentik-jentik nyamuk.

c. Menggunakan air bersih untuk keperluan rumah tangga.

d. Mengonsumsi makanan bergizi seimbang.

e. Melakukan aktivitas fisik (olahraga) secara rutin.

f. Menggunakan jamban sehat.

g. Menjaga dan memperhatikan kesehatan organ reproduksi.

h. Mengupayakan kondisi lingkungan yang sehat.

i. Mandi secara teratur minimum dua kali sehari

Bagaimana pencegahan penyakit yang disebabkan bakteri? 

Contoh penyakit yang disebabkan bakteri Yersinia pestis ialah pes. Penyakit pes menular melalui banyak cara, salah satunya melalui kutu yang menggigit hewan pengerat terinfeksi seperti tikus

Terimakasih semoga bermanfaat dan selamat belajar. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia dalam Tautana Rasa Bersyukur".

Wassalamualaikum Wr.Wb - Sampai Jumpa

Sumber Referensi : 

Simamora, Berton Supriadi.2019. Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas V SD/MI.Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.


Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.