Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah, Animasi Buatan Lokal yang Relate Dengan Kehidupan (Tekotok)

Assalamualaikum Wr.Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Seperti yang sedang tren saat ini adalah film Animasi, Animasi sendiri seperti yang dilansir dari wikipedia adalah sebuah film yang merupakan hasil dari proses menggambar dengan tangan sehingga menjadi gambar yang bergerak. Dengan bantuan sebuah teknologi komputer pembuatan film animasi menjadi sangat mudah bagi kalangan animator.

Animator sendiri adalah sebutan dari orang yang mengerjakan atau membuat film animasi itu sendiri. Namun Animasi juga terdiri dari 2 kategori, yaitu animasi 2D (dua dimensi) dan animasi 3D (tiga dimensi).

Nah, bicara tentang animasi, banyak sekarang orang-orang Indonesia atau bahkan selurug dunia sudah tidak asing lagi dengan film Animasi khusus sebuah negara yang rutin mengeluarkan film animasi-animasi yang keren, itu adalah negara Jepang. 

Di Indonesia sebutan paling populer adalan anime, dan banyak juga sebutan-sebutan populer bagi fans pecinta anime, diantaranya sebutan paling pupuler adalah Newbie, Otamega, Weeabo, Otaku dan lain sebagainya.

Namun, di Indonesia akhir-akhir ini banyak juga animator-animator yang sudah mulai dikenal oleh masyarakat Indoensia sendiri. Meskipun durasinya tidak sepanjang animasi-animasi buatan Jepang, animasi karya anak bangsa ini juga tak kalah keren bahkan bisa sampai relate dengan kehidupan nyata.

Ngomongin paling Relate, nah menurut saya sendiri animasi buatan Lokal yang paling relate dengan kehidupan adalah animasi karya Tekotok.

tekotok

TEKOTOK

Tekotok adalah sebuah channel Youtube yang kontennya berisi video animasi yang dibuat oleh Beto dan Bilal dan dibuat awal desember 2020 itu menurut wikipedia. Namun saya sendiri mulai subcribe youtube Tekotok adalah sejak Bulan Januari 2021.

Namun jika mendengarkan salah satu QnA nya Tekotok, sebelumnya animator ini sudah membuat channel youtube yang bernama Jaket Merah. Dalam videonya jaket merah, animasi yang disajikan lebih detail atau sudah masuk kategori 3D dan memiliki durasi yang agak panjang, namun sayangnya animasi dari Jaket Merah sudah tidak diterbitkan lagi, hal itu disebabkan proses pengerjaan yang sangat lama dan memakan waktu. Namun akhirnya buatlah animasi yang bernama Tekotok.

Berbeda dengan Jaket Merah, animasi dari Tekotok lebih simpel atau masuk dalam ketegori animasi 2D, durasi waktunya pun rata-rata hanya sekitar 1 menit lebih. Namun jalannya ceritanya pun semakin menarik karena berisi guyonan ringan, sindiran, pengetahuan, krititakan, kerasahan banyak orang dan bahkan keresahan dari animatornya juga. Hal inilah yang menyebabkan Video animasi ini lebih relate dengan kehidupan kalau kata saya.

Tekotok sendiri diambil dari kata "Tai, Kotok", dan karena spelling nya susah maka disebutlah "Tekotok". Sebuah nama yang unik dan tidak berarti apa-apa , wkwkwkwk.

Seperti yang sudah dituliskan tadi animasi Tekotok ini lebih simpel karena bentuknya yang seperti apa gitu, dari kesimpelan ini, Tekotok sendiri hampir setiap harinya upload terus di channel youtubenya. Yang membuat para subcriberny menanti-nanti animasi berikutnya yang meskipun durasinya hanya sekitar kurang lebih 1 menitan.

Hal unik lainnya dari animasi tekotok ini adalah jalan ceritanya, sebuah jalan cerita yang diambil dari keresahan animatornya yang katanya berkiblat dari stand up comedy an. Ternyata punya jalan cerita yang berkelanjutan, Artinya jika Hari ini upload video A maka entah satu minggu atau sebulan berikutnya dia upaload video Z yang ternyata sebuah lanjutan dari video A. 

Animasi Tekotok

Adapaun karakter-karakter dari animasi Tekotok ini yang diantaranya ada si Meggy yang merupakan anak kecil yang polos, ada juga mbah kekong, Nyi Kotok Kadal, King Of Kutub, Kakek Lejen, Mak Iting, Paparjo, Kang Catet Dosa dan Kang Pemandu, Kotokman, dan yang terbaru selama artikel ini terbit adalah Babe Ish.

Tekotok sekarang ini di Youtube sudah memilik subscriber sebanyak 1,68 Juta. Sebuah prestasi yang baik karena, channel nya yang bisa dikatakan masih usia muda. Tapi, dibalik kesuksesannya sekarang ini, Tekotok juga pernah menyindir para Reuploader yang juga disindir dalam beberapa video animasinya. Lah, kenapa disindir ? selain reuploader meresahkan animator, ternyata reuploader juga bertindak semenah-semenah, yang bila disimak di video sindirianya juga ibarat seperti maling yang nyolong video orang lain.

Nah, mungkin cukup sekian tentang Animasi buatan anak bangsa yang jalan ceritanya sangat relate dengan kehidupan, dan sekali lagi artikel ini hanya pendapat saya pribadi, jika ada kesalahan informasi mohon untuk disimak kembali dan jangan dibagikan karena jika ada kesalahan informasi kemudaian dibagikan ke orang lain itu juga namanya Hoax.

Sekian, Terimakasih, semoga bermanfaat dan "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia dalam Tautan Rasa Syukur".

Wassalamualaikum Wr.Wb, Salam Sampai Jumpa

www.domainesia.com