Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

SEKALI KLIK !!! Cara Memasukkan File PDF ke Word

pdf2word

Assalamualaikum Wr.Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Dari berbagai kegiatan yang berhubungan dengan tulisan pasti kamu sering menggunakan Ms. Word, entah dari kegiatan perkuliahan, perkantoran, kerja hingga berbagai macam kegiatan lainnya. Nah jika kamu sedang menulis sesuatu dan ingin mencari berbagai referensi di internet, tak jarang kamu akan menemukan file berjenis PDF.

PDF sendiri adalah singkatan dari Portable Document Format . Dalam hal ini file yang berjenis PDF akan menjadi solid dan tidak bisa diedit. Setidaknya ada 4 kelebihan yang dimiliki dari PDF diantaranya adalah 

  1. Terdapat fitur LOCK PDF
  2. File PDF bisa diedit dengen aplikasi tertentu
  3. Fleksibel digunakan pada perangkat apapun
  4. Dan dapat mempublikasikan Gambar serta link Eksternal.

Dalam kasus lain, sering kali referensi yang kamu dapatkan filenya berjenis ini dan ingin mengubahhnya atau mengedit karena berbagai alasan tertentu. Sedangkan kamu tidak memiliki aplikasi yang digunakan untuk mengedit PDF. Nah, solusinya adalah kamu bisa mengkonversinya menjadi file Ms. Word.

Baca Juga : Cara Membuat Website Toko Online Gratis Domain

1. Mengubah File PDF dengan Online Converter

Cara pertama adalah sebuah cara yang sering dilakukan oleh sebagian banyak orang, yaitu dengan mengkonversi file PDF ke Word dengan bantuan online converter.  Dan ada berbagai situs yang memberikan fitur kemudahan ini diantaranya adalah 
  • ilovepdf.com
  • freepdfconvert.com
  • pdfonline.com
  • pdf2doc.com

Dalam hal ini saya akan memberikan contoh penggunaan online converter pada situs pdf2doc.com, kamu bisa mengunjungi situs tersebut dan yang akan ditampilkan akan tampak seperti ini.

pdf to word

Tampak pada tampilan diatas yang cukup mudah untuk digunakan, kamu tinggal unggah file PDF yang akan kamu konversi, maka dengan jaringan internet yang aktif situs tersebut akan otomatis mengkonversi menjadi Ms. Word yang kemudian kamu tinggal mengunduhnya.

Nah bagaimana jika kondisinya kamu tidak ada akses jaringan internet ? apakah kamu bisa mengkonversi PDF menjadi word ?, Jawabannya tentu bisa dengan cara berikut ini ;

2. Cara Memasukkan file PDF ke Word

Pada cara ini kamu hanya memerlukan aplikasi Microsoft Office saja, dan tanpa akses internte kamu bisa menggunakannya atau memasukkan file PDF ke Ms.Word. Untuk itu langsung saja kita ke langkah-langkahnya.

1. Insert Object

Untuk cara pertama kamu bisa menggunakan fitur insert object dimana ini digunakan untuk memasukkan objek file PDF ke Word.
  1. Klik menu Insert
  2. Pada menu bar pilih Object 
  3. kemudian Pilih PDF Document - Pilih file yang akan dimasukkan dan klik OK
PDF to Word

2. Insert Text From File

Untuk cara yang kedua kamu juga bisa menggunakan fitur text from file dimana ini berfungsi untuk mengkonversi file PDF menjadi format Text. untuk caranya sama persis dengan cara diatas dinataranya sebagai berikut :
  1. Klik menu Insert
  2. Pada menu bar pilih Text From File
  3.  Pilih file yang akan dimasukkan dan klik Insert

Perbedaan Object dan Text From File

Selanjutnya kita akan membahas tentang perbedaan dari cara diatas.

  1. Object
    • Hanya bisa menampilkan satu halaman file PDF
    • Hanya menampilkan berupa Object artinya objek tersebut tidak bisa diedit
  2. Text from file
    • Bisa mengkonversi file menjadi teks
    • Bisa digunakan untuk beberapa halaman
    • Teks yang dikonversi bisa diedit

Kesimpulan

Dan berakhir sudah tutorial tentang memasukkan dile PDF ke word yang dilansir dari beberapa referensi sebelumnya. Terdapat dua cara yang paling optimal yaitu menggunakan online converter dan memanfaatkan fitur insert dari Ms. Word sendiri.

Namun dalam mengkonversi file PDF pastinya akan ada perbedaan entah itu format tulisan, gambar, tabel jika kamu menggunakan alat bantu konversi. Dan apabila kamu tidak ingin ada perbedaan saat file PDF dikonversi menjadi Word, kamu bisa menggunakan aplikasi Foxit Editor PDF dan aplikasi sejenis lainnya, namun sayangnya yang sering terjadi adalah aplikasinya berbayar alias tidak Gratis.

Oke sekian terimakasih, semoga bermanfata dan kamu bisa menemukan apa yang kamu cari. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia dalam Tautan Rasa Syukur".

Wassalamualaikum Wr.Wb, - Sampai Jumpa


Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.