Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Toko Online Domain Gratis Dengan Blogger

Assalamualaikum Wr, Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Sudah pada saatnya kita memasuki zaman sekarang yang semua serba online. Karena kemajuah digital teknologi juga masuk ke dalam zona marketing atau dalam dunia elektronik disebut dengan Digital Marketing. Digital Marketing sendiri adalah sebuah Bisnis online yang menjajikan.

Ngomongin tentang bisnis online yang menjajikan karena bahwasannya kesuksesan bisa dimulai dari kapan saja dan dinama saja, tetapi dengan catatan kamu mau bergerak dan meninggalkan zona nyaman. Apa artinya ?. Nah, dalam contoh lain adalah dengan membuat dan membuka sebuah toko online untuk berjualan.

Memang, saat ini banyak sekali platform-platform yang menyediakan sebuah marketplace atau toko online untuk kamu yang ingin berjualan disana. Kita bisa lihat sendiri seperti Tokopedia, Bukalapak, Shoppe, Facebook Marketplace, Lazada, JD.id dan lain sebagainya. Zona tersebut akan sangat nyaman jika digunakan bagi member-member lawas yang sudah mendapatkan banyak sekali rating di tokonya. 

Bagaimana jika kamu adalah member baru ? Mampukah bersaing dengan member lama yang sudah memiliki banyak sekali pengikut atau pelanggannya ?

Nah, pertanyaan diatas adalah pertanyaan yang sering dilontarkan. Namun jika kamu bisa memahami konsep dari Digital Marketing kamu tidak akan kebingungan untuk memulai bisnis baru secara online.

Jika kamu masih takut dan belum berani untuk mengeluarkan biaya yang besar untuk mempromosikan toko online kamu agar bisa bersaing dengan para member-member besar, kamu tentunya bisa mengikuti salah satu cara dibawah ini. 

Tapi sebelum kita lanjut ke cara yang ampuh, ada baiknya kita belajar dulu tentang perbedaan Toko Online, Marketplace dan E-Commerce agar kamu bisa mengambil strategi yang benar dalam bisnismu.

Toko Online, Marketplace & E-Commerce

  • Toko Online, adalah sebuah metode berbelanja medium yang mengandalkan media sosial atau web sebagai media belanjanya atau bahkan transaksinya sekalipun. Biasanya toko online ini sering kita sebut sebagai "Olshop". Tapi toko online sendiri bisa terjadi dalam bentuk marketplace mapupun e-commerce.
  • Marketplace, adalah sebuah media belanja secara online dimana para penjual dan pembelinya wajib memiliki akun atau kontak yang bisa dihubungi. Hal ini akan menjadikan transaksi lebih aman karena marketplace sendiri dinaungi oleh satu perusahaan seperti, Bukapalapak, Tokopedia, Shopee, dan bahkan sekarang media-media sosial seperti Tik Tok, Instagram juga sudah menyediakan sebuah marketplace sendiri didalamnya.
  • E-Commerce, merupakan media berjualan atau berbelanja online yang lebih terfokus dalam satu toko tersendiri. Ini juga bisa disebut dengan website toko online. Karena melalui e-commerce kamu bisa mlihat katalog, mengenal suatu brand, bahkan kamu juga bisa langsung melakukan transkasi didalamanya. Sebagai contoh kamu bisa lihat Sociolla,com, atau markindonesia.com

Cara Membuat Website Toko Online Sendiri 

Nah, sebenarnya dari 3 pengertian diatas tadi pada dasarnya semuanya juga masih tergolong sebagai Toko Online, ya meskipun ada perbedaan sedikit dari ketiganya. Tapi secara fungsi tetap sama yaitu berbelanja atau berjualan secara digital yang membutuhkan koneksi jaringan internet didalamnya.

Sebenarnya ada banyak sekali dari berbagai artikel tentang membuat sebuah website Toko Online sendiri dan mudah sekali untuk membuatnya. Namun faktanya dari berbagai artikel banyak sekali yang menyarankan menggunakan Wordpress atau Woocommerce.

Wordpress

Namun jika kalian menggunakan framework tersebut maka diharuskan membayar plugin premium nya untuk bisa menggunakan dan membuat websitenya. Memang ada fitur yang diberikan secara gratis tapi hal itu hanya menawarkan fitur yang sangat terbatas. Nah, sisi lainnya adalah juga juga diharuskan membayarkan tidak hanya sekali beli, tapi ada biaya per bulan sampai per tahunnya.

Bahkan tidak hanya itu, agar lebih memiliki kredibilitas yang baik kamu juga harus memiliki hosting dimana kamu juga lagi-lagi diharuskan untuk membayar biaya hosting tersebut.

Aduh capek ya harus bolak-balik bayar 😕. 

Tapi tenang saja, jika kamu adalah pemula tau baru memulai bisnis online dan ingin mempunyai toko online sendiri tapi kamu belum berani mengeluarkan biaya yang besar, saya ada solusinya dong. hehehehe 😁.

SOLUTION

Nah, jika kamu kamu keberatan untuk mengeluarkan biaya yang besar untuk membuat Toko Online kamu sendiri, kamu bisa menggunakan Blogger.

Blogger adalah sebuah web blog bawaaan dari Google untuk membuat sebuah website blog dan lain sebagainya.

Cara membuatnya kamu bisa mengunjungi blogger.com. Kamu bisa login dengan menggunakan akun gmail kamu sendiri. Dan klik tombol Create Your Blog

Blogger

 Berikutnya, kamu tulis nama blog atau web kamu sendiri, kemudian isikan nama domain yang kamu inginkan hingga tulisannya tersedia, kemudian kamu atur nama yang ingin kamu tampilkan.

Contoh Nama Domain
contoh nama domain

Jika sudah, maka halaman dashboard admin blogger akan terbuka. Dan untuk mengubah tema web blog mu menjadi Toko Online kamu pergi ke Menu Tema atau dalam Bahasa Inggris Themes.

Tema Blogger

Nah, berhubung Blogger adalah website penyedia blog maka kamu tidak akan bisa menemukan tema yang bisa digunakan untuk Toko Online.

Terus, Bagaimana dong cara dapetinnya ?

Kamu bisa dapatkan tema blogger dengan konsep Toko Online di website www.sugeng.id. Kamu bisa mendapatkan Tema Toko Online yang bernama VioToko.

Tentunya, Tema Blogger ini sudah termasuk kedalam Tema Premiun. Lantas Apa itu Tema Premium ?

Tema Premium adalah sebuah tema blogger yang sudah memenuhi kriteria peraturan dari sebuah website yang aman. Beberapa kriterianya adalah

  • SEO (Search Engine Optimization) dimana sebuah website atau blog mampu bersaing dihalaman Pencarian.
  • Mobile Friendly yang artinya website mampu diakses pada tampilan Dekstop dan Mobile atau smartphone
  • Fast Loading yang artinya website kamu tidak akan lelet saat penampilan halaman pertama, ini juga masuk dalam kategori SEO.

Tentunya akun Tema Premium ini tidak diberikan secara gratis, kamu diharuskan membayar atau membelinya dengan kisaran harga Rp. 150.000,00- saja. 

Kamu bisa melihat-lihat tampilan tema VioToko pada tombol dibawah ini

Keuntungan VioToko

Ada juga beberapa keunggulan menggunakan Tema VioToko berbasis Blogger daripada Menggunakan yang lain. Simak keuntungan jika memaki Tema Premium dengan sugeng.id.\

  1.  Memiliki 3 Keunggulan yang sudah saya jelaskan diatas termasuk SEO.
  2. Kamu hanya perlu melakukan pembayaran dengan sekali pembayaran saja, yang artinya tidak ada biaya per bulan atau per tahunnya.
  3. Kamu akan mendapatkan garansi selamanya, yang artinya akan mendapatkan perbaikan, dan pembaruan secara berkala dari sugeng.id .

Saya bisa menjelaskan keuntungan tersebut, karen blog saya sendiri juga menggunakan tema premium dari sugeng.id. Bahkan blog yang sedang kalian baca ini juga termasuk tema premiumnya yang bernama VioMagz.

Oke, terimakasih semoga bermanfaat dan kamu bisa menemukan apa yang kamu cari. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia dalam Tautan Rasa Syukur".

Wassalamualaikum Wr. Wb. See You.

 

www.domainesia.com