Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Copy Paste Teks dari Gambar dengan Mudah

Cara Copy Paste Teks dari Gambar dengan Mudah

Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Copy Paste adalah sebuah kosakata yang terdiri dari dua kata, yaitu copy yang mempunyai arti menyalin, menggandakan, atau menduplikat. Sedangkan paste adalah menempelkan, menyisipkan. Yang berarti copy paste adalah sebuah tindakan untuk menyalin  atau menggandakan sesuatu dan menempelkan pada suatu tempat yang diiinginkan. 

Tindakan ini akan sangat memudahkan para pengguna untuk menyalin sesuatu menjadi dua hal yang sama. Namun dalam kaidah penulisan atau bahkan dalam hal kreatifitas tindakan ini tidak diizinkan, karena akan menimbulkan ketidak orisinilan dari karya dan akan menodai pembuat karya yang sebenarnya.

Copy Paste dalam sebuah kaidah penulisan tidak boleh dilakukan, yang boleh dilakukan adalah memparafrase atau setidaknya ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi) namun dengan tidak meninggalkan sumbernya.

Baca Juga : Cara Parafrase agar terhindar dari Plagiarisme

Namun, seringkali kita sering menemukan sumber-sumber dalam bentuk buku, PDF atau bahkan gambar. Dan masalahnya kita seringkali sulit untuk menyusun kalimat yang tidak sama dengan aslinya. Atau dalam arti lain sulit untuk menyusun kata menjadi kalimat yang baik karena kurangnya minat baca. 

Iya, belajar dari pengalaman saya juga seperti itu, begitu sulit sekali untuk menyusun kalimat yang baik. Namun dengan terus meningkatkan minat baca, dengan membaca jurnal-jurnal ilimah, buku dan lain-lain akhirnya bisa sedikit untuk menyusun kata menjadi kalimat yang baik.

Solusi nya adalah kita bisa menyalin teks tersebut kemudian kita otak-atik sedikit kata-kata yang layak untuk digantikan hehehehe. Namun permasalahan lain adalah kita sering kali mendapati sumber-sumber tersebut dalam bentuk gambar. Dan kamu jika seorang mahasiswa pasti akan sangat malasisasi untuk mengetik ke dalam word atau notepad. 😄

Nah, tapi tenang saja saya punya solusi untuk kamu yang males mengetik ulang dengan menyalin teks dalam bentuk gambar dengan mudah hanya dengan sekali klik dan klik wkwkwkwk.😂

Cara Copy Paste Teks dari Gambar Menggunakan Microsoft PowerToys

aplikasi Microsoft PowerToys ini bisa kamu dapatkan dengan menginstall lewat microsoft store jika kamu adalah pengguna Windows. Yuk simak cara-caranya berikut ini.

1. Buka Microsoft Store 

Kamu buka aplikasi microsoft store di windows kamu, jika kamu tidak menemukannya, cari aja sampau ketemu wkwkwkwk.

2. Install PowerToys

kamu ketikkan saja "power toys", kemudian install.

Ms. Powertoys

3. Pilih Text Extractor 

Setelah berhasil power toys ter-install, setelah itu buka aplikasi Power Toys kemudian,
  • Pilih menu Text Extractor
  • Open Settings
  • Enabel Text Extractor menjadi ON
Settings Text Extractor

4. Cara Penggunaan

Jika kamu sudah siap untuk menyalin teks dari gambar, selanjutnya adalah kamu gunakan text extractor
  • Buka gambar yang kamu inginkan
  • tekan 



  • Tetapkan area yang ingin kamu salin
  • Tempel atau paste di Notepad
  • Dan SELAMAT kamu berhasil 😁

Kesimpulan

Oke, mungkin untuk artikel singkat ini cukup sampai disini saja, intinya adalah copy paste ini hanya untuk memudahkan untuk merangkai atau menyusun kata menjadi kalimat yang baik, jangan kamu blok sama semua dengan sumbernya, karena itu termasuk plagiat.

Terimakasih, semoga kamu menemukan apa yang kamu cari "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Behagia dalam Tautan Rasa Syukur".

Wassalamualaikum, Wr. Wb, Sampai Jumpa lagi