Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Top Proyek Inspirasi untuk Data Science dan Machine Learning

Projek Machine Learning

Assalamulaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Konsep pembelajaran machine learning pada dasarnya sama dengan apa yang terdengar, mengacu pada konsep bahwa berbagai bentuk teknologi seperti komputer dan tablet, mampu mempelajari sesuatu berdasarkan pemrograman dan data lainnya. Meskipun memiliki tampilan ide dari masa yang akan datang, kebanyakan orang sekarang menggunakan tekonologi tingkat ini secara teratur.

Salah satu teknologi baru yang paling banyak dibicarakan dan banyak digunakan di zaman yang semakin tidak terhindarkan perkembangannya adalah machine learning. Dan bekerja melalui proyek adalah pendekatan yang paling efektif untuk mendapatkan pengetahuan tentang teknologi ini. Jika anda ingin menguasai teknik machine learning yang benar, salah satu pilihan kamu adalah mengerjakan proyek menggunakan data aktual dari dunia nyata. Metode ini, seperti mengikuti kursus kelas online, membaca buku akan mampu membantu memahami dasar-dasar machine learning.

Dalam artikel ini saya akan menuliskan 5 gambaran projek pembelajaran machine learning yang dapat kamu lakukan dan sebagai hailsnya, kamu akan lebih memahami tentang teknologi di balik pembelajaran machine learning. Namun sebelum itu kamu juga wajib mengetahui tentang perbedaan machine learning dan data science secara mendasar.

5 Projek pilihan untuk Data Science dan Machine Learning

Bagi mereka yang baru memulai pembelajaran di bidang ilmu data dan pembelajaran mesin, bagian ini akan berisikan beberapa proyek piliham yang mungkin bisa kamu coba. Ini adalah beberapa tugas sederhana yang dapat kamu pelajari dalam waktu singkat.

1. Deteksi Masker Wajah Secara Real Time

Penglihatan komputer dan pemrosesan gambar memiliki dampak positif dan negatif secara signifikan terhadap identifikasi masker wajah. Deteksi wajah memiliki berbagai aplikasi praktis, termasuk pengenalan wajah dan gerakan wajah, yang terakhir mengharuskan wajah ditampilkan dengan tingkat presisi yang sangat tinggi. Terlepas dari perkembangan pesat algoritma pembelajaran mesin, tantangan yang disajikan oleh teknologi identifikasi masker wajah tampaknya dapat dikelola secara memadai. Kemajuan teknologi ini semakin penting karena digunakan untuk mengidentifikasi wajah orang dalam foto dan streaming video langsung. Deteksi wajah, di sisi lain, adalah tugas yang sangat sulit dengan sendirinya, menurut model deteksi masker wajah yang baru-baru ini diusulkan. Pemeriksaan peristiwa dan pengawasan video selalu merupakan tugas yang sulit.

2. Pemeriksa Kinerja Lini Produksi

Karena Bosch adalah salah satu perusahaan manufaktur paling sukses di dunia, perusahaan harus memastikan bahwa resep yang digunakan untuk memproduksi komponen mekanis mutakhirnya mematuhi peraturan kualitas dan kesehatan yang paling ketat. Untuk mencapai hal ini, perlu untuk secara hati-hati memantau bagian-bagian produk saat mereka bergerak melalui berbagai proses manufaktur. Karena data dicatat pada setiap tahap proses perakitan di jalur perakitan Bosch, perusahaan dapat memanfaatkan analitik canggih untuk lebih meningkatkan proses manufaktur ini. Namun, sifat data yang rumit dan kompleksitas jalur produksi memberikan tantangan bagi pendekatan yang digunakan saat ini. Dalam konteks kompetisi ini, Bosch memberikan tantangan kepada Kagglers untuk memperkirakan kegagalan internal dengan menggunakan ratusan pengukuran dan pengujian yang dilakukan pada setiap komponen di sepanjang jalur perakitan. Hal ini memungkinkan Bosch untuk menyediakan barang-barang dengan kualitas lebih tinggi kepada pengguna akhir dengan harga yang lebih terjangkau.

3. Educational Data Mining untuk Pendidikan

Dalam hal ini kamu bisa membuat projek tentang data mining berbasis edukasi. Banyak hal yang bisa dilakukan di suatu lingkungan belajar entah dari jenjang sekolah dasar bahkan hingga tingkat perguruan tinggi sekalipun. Dalam hal ini kamu bisa mengambil contoh tentang prediksi kelulusan, prediksi retensi siswa, prediksi hasil pembelajaran bahkan juga bisa mengevaluasi kinerja pendidiknya sekalipun.

4. Prediksi Harga Dogecoin

Pembelajaran mesin menghadirkan tantangan dalam bentuk masalah regresi ketika mencoba memperkirakan harga mata uang kripto. Bitcoin merupakan salah satu mata uang kripto yang paling sukses hingga saat ini, namun harga bitcoin akhir-akhir ini mengalami penurunan yang cukup signifikan karena adanya dogecoin. Dogecoin sekarang diperdagangkan dengan harga yang sangat rendah dibandingkan dengan bitcoin; namun, analis keuangan percaya bahwa nilai dogecoin mungkin mengalami lonjakan signifikan dalam waktu dekat. Untuk memprediksi harga dogecoin, kami memiliki akses ke berbagai macam strategi pembelajaran mesin yang berbeda. Anda dapat melatih model pembelajaran mesin dari awal atau menggunakan model berkemampuan tinggi yang sudah ada, seperti Facebook Prophet Model. Namun, pada bagian selanjutnya, kamu akan menerapkan pembelajaran mesin untuk tugas memprediksi harga Dogecoin menggunakan auto package yang tersedia di Python.

5. Analisis Prediksi "Lost Customer"

Dalam hal ini kamu bisa menggunakan ini untuk mengembangkan hubungan dan keterkaitan anatara variabel data dan kecendurangan pelanggan untuk berpindah dengan memabangun model klasifikasi untuk menentukan apakah pelanggan akan keluar dari suatu perusahaan. Selain itu, melalui proses menjelaskan prediksi model menggunakan beberapa visualisasi berbeda dan memberikan wawasan tentang penyebab atau faktor mana yang bertanggung jawab atas churn konsumen. Proyek ini memandu Anda melalui siklus end-to-end yang komprehensif dari proyek ilmu data di industri perbankan, dimulai dengan diskusi yang terjadi selama pembuatan pernyataan masalah dan diakhiri dengan persiapan model sehingga siap untuk penyebaran.

Kesimpulan

Pemahaman tentang ilmu data dan machine learning dalam beberapa tahun terakhir ini sangat digemari oleh beberapa sebagian orang untuk bermain data. Karena memang saat ini data lebih banyak memuat informasi yang signifikan. Dengan bantuan platform-platform yang sekarang ini juga banyak dan mudah untuk digunakan. Salah satu contoh adalah situs Kaggle dimana disana juga terdapat berbagai source code hingga penyedia data berbasis open source yang bisa digunakan untuk para pemula.

Oke, sekian sampai disini saja, semoga kamu bisa menemukan apa yang kamu cari, "Jangan Lupa bernafas dan Tetap Bahagia dalam tautan rasa syukur".

Wassalamulaikum Wr, Wb. Sampai jumpa