Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tipe-Tipe Data Statistik

Tipe-Tipe Data Statistik
Apa saja tipe-tipe data pada ilmu statistika ?
Pada umumnya data dikelompokkan berdasarkan :
1. Jenis
2. Cara Memperoleh data, dan
3. Cara pengukurannya


Assalamualikum Wr. Wb
Oke, kali ini kita akan membahas tentang tipe-tipe data dalam ilmu statistika yang sudah di jelaskan 3 poin diatas secara terpisah.

1. Tipe Data Berdasarkan Jenis
Tipe data berdasarkan jenisnya dibedakan menjadi 2 kategori, yaitu Data Kategorikal dan Data Numerikal.

Data Kategorikal, adalah data yang berupa kelompok dengan skala yang digunakan yaitu skala nominal dan sekala ordinal. Skala Nominal, adalah kelompok data yang kategorinya tidak dapat diurutkan (misal, data pekerjaan dan data golongan darah).  sedangkan Skala Ordinal adalah kelompok data yang kategorinya bisa diurutkan (misal, Tingkat pendidikan dan jenis stadium penyakit).


Data Numerikal, adalah data yang didapatkan dari hasil pengukuran dengan menggunakan skala interval dan skala rasio . Skala Interval, adalah skala yang berdasarkan satuan unit yang sama dan konstan. sedangkan Skala Rasio, adalah data dengan interval 0 adalah mutlak (contoh, Berat dalam KG dan Kwintal memilki titik nol yang sama atau mutlak).

2. Tipe Data Berdasarkan Cara Memperoleh
pada tipe data ini terbagi menjadi 2 kategori yaitu Data Primer dan Data Skunder.

Data Primer, adalah data dari sumber data langsung dengan cara turun kelapangan atau dalam contoh adalah Observasi
Data Skunder, adalah data dari sumber secara tidak langsung dengan menggunakan data sebelumnya. Dalam contoh kita mengambil data dari website atau buku.

3. Tipe Data Berdasarkan Cara Pengukuran
pada tipe data ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu Data Kualitatif dan Data Kuantitatif.

Data Kualitatif, adalah data yang tidak boleh diukur dengan angka atau data tidak boleh diangkakan. (Contoh, Prefesi, agama, Golongan Darah dll.)

Data Kuantitatif, adalah data yang boleh diangkakan atau di kuantifikasikan. (Contoh, Tinggi Badan, Suhu, Berat badan dsb.)

Sekian itulah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat dan satu kata "Jangan Lupa Bernafas & Tetap Bersyukur" .
Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.