Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

6+ Macam-Macam dan Jenis Logo Beserta Contohnya

Macam-Macam dan Jenis Logo Beserta Contohnya

Assalamualaikum Wr.Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Pernahkah kau melihat sebuah Logo dengan prespektif pada jenisnya ?. Pada umumnya ada berbagai bentuk logo yang terbagi menjadi 2 tipe yaitu logomark dan logotype. Untuk memilih jenis logo pada brand mu, kamu harus melakukan pemilihan dengan cermat karena akan menjadi wajah dari perusahaan.

Selain untuk perusahaan, logo juga bisa menjadi sarana branding bagi bisnis UKM. Pasalnya, dengan memiliki logo yang unik tentu akan membuat pelanggan lebih mengingat brand tersebut. Karena pentingnya logo bagi bisnis UKM juga akan bisa meningkatkan prospek penjualanmu.

Apakah sebuah logo wajib mempunyai sebuah makna ? Menurut sebagain pandangan orang sangat diharuskan, karena tidak mungkin dong sebuah logo pada brand yang tidak ada kaitannya dengan bidang usaha yang sedang dikembangkan. Tentunya juga perlu proses untuk memberikan sebuah makna, maka dari itu, pada bisnis entah itu mikro atau makro harus mempunyai visi dan misi, karena ini akan menentukan konsistensi sebuah bisnis.

Dalam aspek sebuah logo, berdasarkan seorang ahli yang bernama David E. Carter, ada 2 bagian penting yang harus diketahui.
  1. Originalitas supaya tidak ada anggapan bahwa logo tersebut menjiplak dari logo yang sudah ada.
  2. Kredibilitas yang memiliki arti, karena sebuah logo harus memiliki level pemahaman yang mudah bagi audien secara keseluruhan. Yang nantinya memicu sebuah ingatan yang terus melekat pada logo yang dipandangnya.
Namun, tahukah kamu bahwa berbagai macam jenis logo bisa didefinisikan menjadi berbagai jenis yang lebih rinci. Dengan mengetahui ini kita akan dengan mudah untuk menentukan logo apa yang sekiranya nanti bisa digunakan untuk brand

Yuk kita simak betul-betul dibawah ini tentang macam-macam dan jenis logo yang wajib kamu ketahui.

Logo Berupa Teks

1. Logotype atau Wordmark Logo

Pada logo jenis ini adalah logo yang paling umum ditemukan dan paling mudah untuk diimplementasikan. Seperti pada jenisnya, logo jenis ini didominasi berupa tulisan saja yang biasanya isi tulisan tersebut merupakan nama branding itu sendiri. Tapi jika dilihat seksama bukan teks saja, namun terkadang ada juga yang diberi grafis pendukung.

wordkmark logo akan mengandalkan jenis font tertentu yang menjadi branding. Maka dari itu ada baiknya harus hati-hati juga dengan font yang memiliki karakter dengan logo yang sudah ada sebelumnya. Usahakan jika kamu memilih font yang unik dan benar-benar berbeda.
 
Wordmark Logo

2. Geometric Wordmark Logo

Sama dengan halnya wordmark logo. Namun pada jenis ini yang membedakan adalah adalnya latar bentuk geometris (lingkaran, oval, persegi, segitiga, segilima, segienam dan lain sebagainya). Pada pemilihan bentuk geometris ini juga harus disesuaikan  dengan teks yang ada.

3. Lettermark Logo

Merupakan logo yang berupa huruf-hurus singkatan atau sebuah inisial dari suatu branding. Dengan memodifikasi huruf yang sudah ada sedemikian rupa dengan style. Biasanya terdiri dari 1 hingga 3 huruf saja. Kesulitan yang bisa ditemukan dalam membuat logo seperti ini adalah kita harus benar-benar menggunakan sebuah inisial yang berbeda dengan merk yang sudah terkenal.

Dalam jenis logo ini sendiri, kalian bisa memperhatikan logo dari blog ini yaitu pengalaman-edukasi.com. Dengan nama yang panjang saya memperhatikan ada 3 huruf yang bisa dipakai yaitu pei. ini merupakan singkatan dari Pengalaman Edukasi. Kemudian di modifikasi dengan style ambigram.

Logo Pengalaman Edukasi
 

 
Dilansir dari wikipedia, ambigram adalah suatu kata atau frasa serta simbol yang terdapat elemen-elemen tertentu dan ketika dilihat dari berbagai sudut pandang yang berbeda atau dari prersprektif tertentu akan memiliki bentuk dan susunan yang sama.
 
Dari berbagai arah pengalaman-edukasi.com akan memberika sebuah informasi-informasi yang bermanfaat tidak hanya terfokus pada satu bidang atau satu arah tertentu saja.
 
Dalam pembuatan logo ini pengalaman-edukasi.com dibantu oleh Demand Desain.  
Demand Desain, adalah sebuah Jasa layanan Desain Grafis yang mempu memberikan hasil yang terbaik dan termurah. Salah satunya adalah bisa membuat Logo sesuai dengan permintaan dari customer.

Tidak hanya Jasa Desain Logo, Demand Desain Juga membuka layanan seperti Desain Company Profile, Banner, Undangan, Desain Kemasan, Desain Kaos, Kalender, Kartu nama dan lain sebagainya.
Kamu juga bisa berkunjung di Instagram @demand.desain kamu juga bisa melihat berbagai hasil desain yang sudah dipublikasikan. Dan Kamu bisa berkunjung di demanddesain.com

Logo Teks dan Gambar

1. Emblem Logo

Pada logo yang berjenis Emblem ini biasa kita temui di kalangan olahraga seperto klub sepak bola, klub komunitas dan logo di daerah-daerah tertentu. Nah, ciri-ciri yang bisa kita temui pada logo ini memiliki dasar bentuk shapes dan didalamnya terdapat tulisan nama branding dengan pola-pola gambar tertentu. 

Emblem Logo

2. Combination Logo

Merupakan logo yang berjenis kombinasi berbagai jenis logo. Pada jenis ini logo akan menerapkan versi lengkapnya, ada Gambar, Teks, Shapes. Namun, objek logo satu dengan yang lainnya saling mendukung dan saling mendominasi, sehingga tidak bisa dipisahkan.
 
Combination Logo

Logo Bergambar

1. Pictorial Marks

Lago ini merupakan logo yang berjenis gambar. Namun pada pictorial marks logo biasanya disajikan . dengan desain yang simpel atau dibuay dengan tetap mewakili tujuan, visi dan misi branding maupun filosofinya. Bentuk-bentuk yang dibuat bisa dari bentuk simbol, hewan, alam atau bentuk dari benda mati.
 
Pictorial Mark

2. Abstract Logo

Logo ini bisa dikatakan sulit dalam pembuatannya, karena bentuk logonya berupa gambar yang abstrak dan tidak tahu itu bentuka apa. Namun dalam sisi filosofis, biasanya logo berjenis ini memiliki arti yang sangat mendalam, yang saling bersangkutan dengan visi misi, serta tujuan dari suatu branding itu sendiri.
 
Logo Abstract

3. Mascots Logo

Pada jenis logo maskot ini lebih memanfaatkan sebuah karakter sebagai kekuatan branding nya. Maskot tersebut bisa berbentuk manusia, hewan, tumbuhan atau kalau didaerah-daerah tertentu bisa makanan, benda yang seolah hidup yang sudah disederhanakan.

Pada maskot ini, biasanya dibuat lucu, imut, seram, maco yang itu semua juga tergantung dari tujuan, visi misi serta konsep dari suatu branding itu sendiri.

Sekian, itulah beberapa Macam logo berdasarkan jenisnya yang ada saat ini. Namun perlu juga diketahui juga, jenis-jenis logo diatas berdasarkan kutipan dari portaldekave.com yang mereferensi pendapat daro John Murphy dan Michael Rowe (dikutip Perdana, 2007) serta Wheeler (Ramanda, 2011). 

Semoga bermanfaat dan kamu bisa menemukan yang selama ini kamu cari. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia dalam Tautan Rasa Syukur".
 






Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.