Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Visualisasi Data dan Macam-Macam Grafik dalam Statistika

VISUALISASI DATA

APA ITU VISUALISASI DATA ?

Visualisasi data dalam ilmu statistika sangat diperlukan untuk menjadikan data agar lebih mudah dibaca, dimengerti, dan yang paling penting dipresentasikan.  Salah satu cara mem visualisasikan data biasa kita temui yaitu dengan Grafik dan Tabel.

> Grafik, adalah alat untuk menyajikan informasi agar terlihat dinamis, informatif, dan menarik. sedangkan 
Tabel, adalah penyajian data yang disesuaikan dengan tujuan dan kompleksitas data.

Selanjutnya kita akan membahas mengenai Macam-macam Grafik dalam Statistika yaitu :
  1. Grafik Perbandingan
  2. Grafik Distribusi
  3. Grafik Komposisi
  4. Grafik Hubungan

1. Grafik Perbandingan terdiri dari dua kategori yaitu Bar Chart dan Line Chart
  • Bar Chart (Diagram Batang) terdiri dari sedikit kategori, bentuknya mudah dipahami dan sifatnya fleksibel atau menyajikan banyak hal. contoh
Grafik Perbandingan
  • Line Chart (Diagram Garis), digunakan untuk non-cyclical data atau tidak mengandung unsur siklus dan digunakan untuk menyajikan data yang berkesinambungan atau data yang bersifat kontinu. contoh 
Line Chart

2. Grafik Distribusi terdiri dari Bar Histogram dan Line Histogram
  • Bar Histogram terdiri dari atas satu variabel dan memiliki sedikit data poin yang berfungsi untuk menunjukkan frekuensi.
Bar Histogram
  • Line Histogran terdiri atas Satu variabel, memiliki banyak data poin dan memudahkan untuk melihat apakah data berdistribusi normal atau tidak.
3. Grafik Komposisi dilihat dari fungsinya terdiri dari grafik statis dan grafik yang berganti setiap waktu. Grafik Statis terdiri dari dua macam yaitu pie chart dan waterfall chart.
  • Pie Chart berbentuk lingkaran yang tidak memakan banyak tempat. Karateristiknya adalah bisa memperlihatkan perbandingan ukuran data besar sektornya secara langsung dan tidak memperlihatkan ukuran atau frekuensi.
Pie Chart
  • Waterfall Chart atau biasa dikenal dengan mario chart merupakan grafik yang menggambarkan bagaimana nilai awal dipengaruhi secara positif dan negatif oleh berbagai faktor. Ini sangat berfungsi dibidang akuntansi.
Waterfall Chart
https://www.analyticsvidhya.com/
Grafik yang berganti setiap waktu mempunyai 4 jenis grafik yaitu

  • Stacked Bar Chart merupakan grafik yang memiliki sedikit periode dan bisa membandingkan relative differences dan absolute differences. seperti menggambarkan banyak populasi global berdasarkan negaranya yang dibedakan menjadi 3 warna dataset . contoh 
 Stacked Bar Chart
  • Stacked 100% Bar Chart  merupakan grafik yang sama dengan Stacked Bar Chart bedanya tanpa absolute differences. 
  • Stacked Area Bar Chart rafik yang memiliki banyak periode dan bisa membandingkan relative differences dan absolute differences. Karateristinya adalah setiap garis mewakilkan kategori yang berbeda, data muda dibandingakan dan biasanya area di bawah tiap garis diberi warna yang berbeda. contoh kasar sebagai berikut :
Stacked Area Bar Chart

4. Grafik Hubugan  Terdiri dari dua grafik yaitu Scatter plot & Scatter plot bubble size
  • Scatter Plot, merupakan grafik dua variabel yang biasa digunakan untuk membandingakan pasangan nilai antar variabel saling terkait atau tidak. Memiliki Karateristik Jika kedua variabel saling berhubungan jika titik-tiknya bisa membentuk garis lurus dan ini biasa digunakan dalam Analisis Regresi
Scatter Plot
https://www.statisticshowto.com/
  • Scatter plot bubble size hampir mirip dengan yang diatas, hanya saja memeiliki karateristik menampilkan pengaruh variabel melalui volume dan warna bubble. Dan umumnya terdiri dari 3 variabel atau lebih

Sekian itulah sedikit informasi yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat dan satu kata "Jangan Lupa Bernafas & Tetap Bersyukur" .