Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Mengetahui Perbedaan CPU, GPU dan APU


 Apa Perbedaan CPU, GPU dan APU ?

Assalamualikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya 

Dalam dunia data science dewasa ini amat sangat penting atau juga bisa disebut sebagai kebutuhan utama tentang penggunaan Laptop atau PC, guna untuk menganalisa data-data.
Sering kali data-data tersebuat sangatlah besar dan terkadang juga memerlukan berbagai aplikasi untuk tahap analisisnya. Nah Pengalaman Edukasi pernah juga merasakan atau menggunakan aplikasi yang cukup memakan seumber daya CPU karena menggunakan Laptop yang masih kelas bawah.

Kata demi kata, kita disini akan menelisik tentang apa sih bedanya CPU, GPU dan APU ? apa penting kita mengetahui informasi ini ?
"Penting lah namanyan juga informasi yang bermanfaat"

1. CPU (Central Processing Unit)

CPU merupakan singkatan dari centreal processing unit dimana komponen yang satu ini juga memiliki fungsi atau kegunaan untuk menjalankan setiap proses atau hal yang dibutuhkan pada sebuah komputer agar bisa melakukan sebuah proses atau kegiatan pada suatu perangkatnya.


Selain itu, CPU juga akan menjalankan seperti proses loading OS, menjalankan perintah untuk melakukan kalkulasi yang terdapat pada aplikasi pengolah angkan seperti MS. Excel ataupun program lainnya dalam sebuah komputer atau perangkat.

2. GPU 

GPU merupakan singkatan dari bahasa inggris yaitu Graphics Processing Unit dimana komponen ini juga sama pentingnya bagi sebuah PC atau komputer untuk melakukan setiap proses terhadap tampilan layar sebuah komputer.


Secara harfiah fungsi atau kegunaan GPU ini adalah untuk menampilkan apapun yang terdapat pada setiap komputer. Dan tanpa adanya GPU maka bisa dikatakan komputer juga tidak akan berfungsi dengan sebaik mungkin.Untuk bentuk komponenny,a GPU memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran. 

3. APU

APU merupakan singkatan dari Accelerated Processor Unit atau biasanya anak atau warga +62 menyebutnya hanya dengan nama Processor :). Komponen ini mungkin lebih mudah untuk dimengerti. Yang mana ini merupakan gabungan antara CPU dan GPU.


Dalam arti dan kata lain processor APU terdapat pula proses grafis dari GPU sehingga keuntungan dari komponen yang satu ini kamu tidak perlu memberi GPU secara terpisah dan pastinya lebih efisien dan lebih muda

Nah, Itulah sedikit informasi atau pengetahuan singkat tentang 3 komponen yang ada dalam setiap komputer.

Terimakasih dan Satu Kata " Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur "
See You

Source : teknowlogi, eksekutifcomp