Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kenapa Wi-Fi tiba-tiba lemot ?




Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Oke, pertanyaan saya adalah apa pernah kalian saat menggunakan jaringan WIFI terkadang tiba-tiba lemot ? "Pasti pernah dong". Tau penyebabnya ? Oke langsung cusss ---->

Sebelum itu Wi-Fi adalah sebuah singkatan dari Wireless Fidelity . Jaringan ini akan berfungsi sebagai sekumpulan untuk jaringan lokal. Seperti yang dilansir dari situs wikipedi.org Jaringan ini adalah sebuah teknologi yang berfungsi untuk bertukar data secara nirkabel atau menggunakan gelombang radio melalui sebuah jaringan komputer. 

Nah disinilah sering kali kita akan merasakan atau mengalami yang secara tidak langsung bahkan tiba-tiba koneksinya melemah atau bahkan terputus. Ada banyak tentunya sebab akibat nya. Tapi menurut informasi yang saya dapatkan,, akan saya tuliskan 4 penyebabnya Yaitu sebagai berikut ;

1. Jaringan Radio Wi-Fi Terganggu

Menurut admin, sinyal radio dari beberapa barang-barang elektronik disekitar perangkat router juga dapat menyebabkan gangguan dari sinyal dari jaringan Wi-Fi. Tak jarang kamu sadari jika barang-barang elektronik ini justru mengakibatkan bahkan menganggu keasyikan kamu menjelajah di dunia maya.

2. Tenaga atau Jarak Jaringan Wi-Fi

Pertimbangan jarak smartphone atau laptop dengan router yang terhubung juga bisa menjadi penyebab sinyal terganggu. Pada dasarnya pada area terbuka router bisa membagi sinyal hotspotnya sejauh 100 meter saja. Nah perangkat yang terlalu jauh dengan router akan mendapatkan sinyal yang lemah.

3. Jaringan Kelebihan Muatan

Penyebab selanjutnya adalah banwidth atau kuota yang terbatas. Misalkan bandwitdth sudah mencapai batas maksimal, koneksi akan melambat bahkan bisa terputus di tengah jalan.

" Tapi saya pakai Indihome kan pakai kabel dan unlimited pula ? "

Oke pertanyaan diatas adalah pertanyaan saya dulu saat masih polos-polosnya. Jawabnya adalah "Tidak semua paket indihome unlimited ada batas kuotanya juga. Misalnya kalian pakai speed 10 Mbps nah jika di awal bulan sudah sering kalian gunakan, maka nanti pada akhir bulan pasti akan tiba yang namanya lemot, atau jaringan yang melemah.

4. Driver atau Firmware Perlu di Update

Device driver pada PC/Laptop atau smartphone dan firmware pada router telah melewati masa pakai. Sehingga butuh pembaharuan untuk menangkap maupun memancarkan sinyal Wi-Fi. Misalnya router yang kalian gunakan selalu aktif sepanjang waktu tidak pernah kalian matikan. Nah disitu file sampah atau cache pada router akan menumpuk dan bisa menyebabkan gangguan jaringan. Caranya kalian hana tinggal Reboot routernya, dan beres.

Nah itulah sedikit informasi yang bisa saya sampaikan. Intinya selalu update pengetahuan anda mengenai jaringan Wi-Fi, karena banyak informasi banyak ilmu.

Satu kata "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur"

See You