Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Mengubah File Excel ke PDF dengan Benar Tanpa Online


Mengubah File Excel ke PDF

Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

    Banyak hal sederhana yang mungkin jarang dipahami oleh sebagian banyak pengguna setia microsoft. Dulu saat saya sendiri masih di bangku kuliah dengan bangga menyebut saya sebagai mahasiswa dengan pegangan laptop hampir setiap kuliah selalu saja memanfaatkan media online sebagai acuan pembelajaran.
    Hingga saat itu ada tugas dari salah satu mata kuliah yang harus berurusan dengan angka, tabel dan banyak data maka aplikasi yang harus saya gunakan adalah microsof excel. Namun saat pengiriman tugas selesai haruslah di koversasi menjadi file PDF. Bingung dong saya hingga saat itu saya memanfaatkan media online untuk mengkonversi file excel menjadi pdf. Singkat cerita waktu itu tidak ada koneksi internet. Semakin bingung dan gelisah dong karena waktu yang mepet.

Nah, maka dari itu inilah beberapa cara cepat dan mudah mengubah file excel menjadi pdf terbaru dengan benar tanpa harus online.

1. Atur Page Setup

  • Cara ini dilakukan agar file yang akan di konversi ke pdf tidak berantakan. Pada Menu Bar pilih menu page layout kemudian atur menu page setup.
Mengubah File Excel ke PDF
  • Kemudian pilih menu margins, dan atur letak margin atau garis tepinya. dari samping kiri, kanan, atas dan bawah. agar tidak berantakan.
Mengubah File Excel ke PDF
  • Jika kalian masih terlalu ribet dengan cara diatas. Kalian juga bisa mengatur posisi halaman secara otomatis, yaitu dengan mengatur pada menu scale. Sesuaikan sesuai kebutuhan.
Mengubah File Excel ke PDF
  • Setelah itu pastikan tabel data tidak melebeh garis putus-putus seperti pada gambar dibawah
Mengubah File Excel ke PDF

2. Ubah menjadi PDF

  • Berikutnya adalah pada menu bar pilih menu File, kemudian pilih menu Save As atau bisa menekan tombol F12 pada keyboard.
Mengubah File Excel ke PDF

  • Setelah menekan menu Save As selanjutnya pilih lokasi penyimapan untuk file yang akan di konversi menjadi pdf. Kemudian sebelum klik save pilih tipe pada kotak save as type. pilihlah PDF.
Mengubah File Excel ke PDF
  • Kemudian klik Save as maka selamat file excel kalian menjadi file PDF
Nah, itu sedikit pengalaman yang beredukasi yang bisa saya berikan tentang bagaimana mengubah file excel menjadi file PDF. 
Sebuah cara sederhana yang jarang orang mengerti karean banyak sekali situs penyedia converter onlie gratis, yang harus menggunakan jaringan internet saat menggunakannya.

Demikian itulah cara mengubah file excel ke PDF, semoga dapat membantu dan bermanfaat karena SistemKu adalah Informasimu. Satu Kata "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".

Wassalamualaikum Wr. Wb
See You.
Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.