Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengimpor Data di Repository di Rapidminer Studio



Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Apa akibatnya jika kita salah dalam mengimpor data di aplikasi rapidminer ?. 

Kesalahan yang mengaibatkan kefatalan adalah ketika kita mengimpor data tanpa memperhatikan struktur atau tipe datanya. Kenapa salah ? Hal ini akan berpengaruh pada akurasi hasil akhir dari proses yang dilakukan rapidminer . Nilai-nilai seperti standar deviasi, average, median dan nilai-nilai yang lain juga dapat berpengaruh sengan hasilnya nanti.

Repository adalah suatu tools yang berfungsi sebagai lokasi penyimpanan terpusat untuk data dan proses analisa dalam aplikasi rapidminer studio.

Nah pada artikel ini saya akan membagikan pengalaman edukasi tentang cara mengimpor data ke dalam aplikasi rapidminer dengan benar. Oke langsung saja kita cuss ke tahap pertama.

1. Buka Aplikasi RapidMiner Studio yang sudah ter-install di PC sobat
2. Setelah terbuka, kalian perhatikan kotak bertuliskan Repository. Kemudian klik Import Data

Repository di Rapidminer

3. Setelah muncul jendela baru, pilih tempat dimanakah data yang akan sobat impor. Dalam contoh kita akan lakukan di lokasi My Computer

Repository di Rapidminer

4. Setelah itu kalian fokus pada kotak tipe file yang ada dibawah. Jika diambil dari My Computer maka data yang di impor hanya berbentuk excel dan csv. Dalam contoh saya memilih file tipe excel. Kemudian klik Next

Repository di Rapidminer

5. Kemudian setelah muncul kotak dialog baru, selanjutnya kalian perhatikan apa data sudah benar atau salah. Jika benar maka kalian klik Next.

6. Atur Tipe Datanya. Nah pada ilmu statistika atau ilmu data (data science) Hal ini adalah PENTING untuk di pilih tipe data pada setiap atributnya atau kolom datanya. Pada setiap atribut datanya kalian klik icon gear atau tanda panah ke bawah pilih Change Type kemudian pilih tipe datanya.
Repository di Rapidminer

  • Tipe nilai atribut 
    • Polynominal  : nominal atau kategori yang isinya lebih dari dua nilai
    • Binominal  : nominal atau kategori yang terdiri dari dua nilai
    • Real  : bilangan nyata, atau bisanya nilainya desimal
    • Integer : Bilangan bulat
    • Date_Time : untuk nilai tanggal dan waktu
    • Date : hanya untuk nilai tanggal
    • Time  : hanya untuk nilai waktu
7. Tahapan Khusus. Nomor tujuh ini adalah tahapan khusus untuk data yang bermodel prediksi atau klasifikasi pada teknik data mining atau pembelajaran Supervised Learning. Langkahnya adalah setelah kalian mengatur Change Type selanjutnya pada atribut data yang akan dijadikan sebagai Tupel/Kelas/Label maka klik Change Role. Ubah menjadi label. (Selain Teknik Data Mining maka abaikan).

Repository di Rapidminer

7. Kemudian siapkan lokasi penyimpan yang ada dalam Repository. Setelah itu klik Finish

Repository di Rapidminer

8. Langkah terakhir adalah pastikan data kalian tadi sudah ada di kotak Repository yang terdapat pada kotak sisi kiri halaman proses rapidminer.

Nah, itulah cara mengimpor data kedalam repository pada aplikasi rapidminer studio. Hal ini tidak bisa dianggap sepeleh karena akan berpengaruh pada hasil akhirnya nanti.

Demikian semoga bermanfaat dan selamat mencoba. Satu Kata " Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur"
Wassalamualaikum Wr.Wb
See You

Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.