Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perempat Final Liga Champions 2020 Prediksi Barcelona Vs Bayern Munich Dengan Metode Algoritma C4.5

 


Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Dalam lanjutan Liga Champions Eropa di babak perempat final berhasil mempertemukan dua tim raksasa dari spanyol dan jerman yaitu Barcelona VS Bayern Munich yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2020 pukul 02.00 WIB.

Barcelona sendiri sebelumnya berhasil melumpuhkan Napoli dengan skor 3-1 pada leg kedua babak 16 besar dengan hasil agregat 4-2. Sedangkan pada kubu Bayern Munich sendiri melaju mulus dengan mengalahkan Chelsea 4-1 pada leg kedua babak 16 Besar liga champions dengan berhasil lolos dengan skor agregat 7-1.

Dalam pertemuan sebelumnya kedua tim sama-sama saling mengalahkan namun di pertandingan nanti kan sangat berbeda karena situasi dan kondisi seperti yang sudah terjadi saat ini. Pertandingan tanpa penonton dan libur yang cukup lama juga akan mempengaruhi mental bermain para pemain baik dalam kedua tim.

Nah, pada kesempatan ini saya akan mencoba memprekdiksi pertandingan antara Barcelona VS Bayern Munich pada babak perempat final liga champions ini. Metode prediksi yang saya lakukan ini akan berbeda dengan model-model prediksi selama ini. Saya akan memanfaatkan ilmu data mining / data science untuk mengklasifikasi data statistik dari kedua tim dalam 13 pertandingan yang sudah dilakukan sebelumnya menggunakan metode algoritma C4.5

Data tersebut terdiri dari statistik dari 8 pertandingan liga champions sebelumnya dan 5 pertandingan di liga masing-masing yang sudah dilakukan. Sehingga atribut data yang saya gunakan meliputi :
  1. Statistik Kemenangan
  2. Jumlah Gol
  3. Jumlah Tendangan
  4. Jumlah Tendangan kearah gawang atau shots on target
  5. Presentase penguasaan bola
  6. Jumlah Operan
  7. Presentase Akurasi Operan
  8. Jumlah Pelanggaran
  9. Jumlah Offside dan jumlah tendangan sudut

Selanjutnya untuk mengklasifikan data tersebut adalah menggunakan algoritma C4.5 yang diterapkan pada aplikasi data science yaitu RapidMiner Studio.

Setelah mengklasifikasikan set data tersebut, maka saya juga mendapatkan model pohon keputusan yang akan digunakan untuk proses keputusan prediksi. Berikut hasilnya :

Arti atau maksud pembacaan model pohon keputusan tersebut adalah 
  1. Jika Tendangan ke arah gawang lebih dari 7 maka keputusan prediksi adalah Bayern Munich dan Jika Tendangan ke arah gawang kurang dari 7 kemudian 
  2. Tendangan sudut lebih dari 10 maka keputusan prediksi adalah Bayern Munich dan jika kurang dari sepuluh kemudian
  3. Jumlah Gol kurang dari 2 maka keputusan prediksi adalah Barcelona dan jika lebih dari 2 kemudian
  4. Tendangan lebih dari 14 maka keputusan prediksi adalah  Bayern Munich dan jika kurang dari 14 maka keputusan prediksi adalah Barcelona
Setelah mendapatkan model prediksi, selanjutnya saya akan mengambil sampel data untuk testing dengan mengambil data rata-rata statistik 13 pertandingan dari masing-masing tim dan rata-rata semua data. Maka data yang diperoleh adalah seperti yang dibawah ini ;


Kolom berwarna kuning adalah kolom digunakan untuk menentuka keputusan prediksi sesuai dengan model pohon keputusan prediksi yang sudah terbentuk tadi. Dengan mengambil 3 sampel data tes dengan mengambil atribut menang hasil yang diperoleh adalah 
  • Sampel 1 diprediksi yang menang adalah Bayern Munich
  • Sampel 2 diprediksi yang menang adalah Barcelona
  • Sampel 3 diprediksi yang menang adalah Bayern Munich
Kesimpulan yang bisa diambil dari ketiga sampel data testing  maka yang memenangkan pertandingan perempat final Liga Champions Eropa antar Barcelona VS Bayern Munich dapat dimenangkan oleh BAYERN MUNICH dengan nilai perbandingan 2 : 1.

itulah percobaan prediksi saya dengan menerapkan algoritma C4.5 dari metode pembelajaran Supervised Learning. Hal ini hanya akan memprediksi hasil menang atau kalah tetapi tidak bisa mengetahui skor pertandingannya nanti.

Terimakasih, Semoga bermanfaat dan tetap satu kata "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".

Wassalamualaikum Wr. Wb. Sampai Jumpa