Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

GRATIS !!! Inilah Cara Membuat Domain Server Gratis Untuk E-Learning Madrasah

 

E-Learning Madrasah

Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Pada masa pandemi tahun ini khususnya di negara kita Indonesia dalam melakukan pembelajaran untuk anak sekolah adalah dengan melaukan sistem daring atau luring yaitu kegiatan sekolah dari rumah mulai tingkat taman kanak-kanak hinggi tingkat sekolah menengah atas. Namun untuk tingkat pendidikan Madrasah, Kementrian Agama sudah menyediakan aplikasi yaitu E-Learning Madrasah.

E-Learning Madrasah, adalah sebuah aplikasi gratis aplikasi berbasis web untuk madrasah yang ditujukan guna mununjang proses pembelajaran di Madrasah dari mulai Raudatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) serta Madrasah Aliyah (MA). Hal ini dilakukan supaya lebih terstruktur, interaktif dan menarik.

Namun sebagian madrasah enggan untuk memakainy karena keterbatasan untuk menyewa domain dan hosting untuk mengimplementasikan e-learning madrasah agar bisa online. Namun dengan berjalannya waktu kali ini pihak dari Kemenag sendiri sudah menyediakan sebuah domain server GRATIS untuk madrasah agar bisa menggunakan aplikasi secara onlinr.

Berikut cara mendaftarkan domain server akun e-learning madrasah supaya bisa online :

1. Buka alamat https://elearning.kemenag.go.id/auth/login --- Login lah menggunakan username dan password yang sudah dipunya setiap madrasah.

2. Setelah login berhasil maka akan terbuka halaman dashboard dan selanjutnya pada menu side bar kiri pilih lah menu Buat Domain Server

dashaboard e-learning

3. Kemudian setelah terbuka, setelah itu tulislah nama domain yang kamu inginkan pada kolom seperti gambar dibawah ini 
dashaboard e-learning

4. Selanjutnya setelah menuliskan nama domain tersebut, maka klik "Cek Ketersediaan Domain" maka sistem akan melakukan analisis dan jika domain tersedia selanjutnya tinggal klik "Gunakan Domain Ini"

Domain E-Learning Gratis

6. Langkah terakhir setelah melakukan tahap nomor 4 maka akan terbuka pesan "selamat domain sudah aktif ". Dan untuk selanjutknya kalian coba testing alamat website yang sudah disediakan dan login dengan menggunakan akun admin/operator yang sudah tertulis dibawahnya.

Domain E-learning Madrasah Gratis

Itulah beberapa tahapan yang sangat mudah untuk mendapatkan domain server yang sudah disediakan Direktorat KSKK Madrasah Kementerian Agama RI guna untuk E-Learaning Madrasah anda. Kini untuk madarah-madrasah swasta yang memiliki keterbatasan server bisa mengaksesnya.

NB : Sebagai catatan hal diatas bisa dilakukan kalau madrasah sudah upload SK Operator yang sudah disetuji oleh tim pusat.

Demikian terimakasih, semoga bermanfaat dan tentunya satu kata "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur"

Wassalamualaikum Wr. Wb, Sampai Jumpa



Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.