Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Perempat Final Atalanta Vs PSG 2020 Liga Champions Prediksi Menggunakan Metode Naive Bayes

 APSG 

Assalamualaikum Wr. Wb. Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Pada artikel ini saya akan mencoba melakukan prediksi sebuah pertandingan yang sangat ditunggu masyarakat pecinta sepak bola khusunya fans dari PSG dan Atalanta tentunya. Banyak hal yang dilakukan untuk memprediksi hasil dari sebuah pertandingan sepak bola, berbagai metode analisis dan sebagainya. Namun disini saya akan memprediksi hasil dari pertandingan perempat final lanjutan liga champions eropa yang mempertemukan raksasa prancis dan legend dari negara pizza. Yaitu PSG vs Atalanta.

Pertandingan tersebut akan dilaksanakan pada hari Kamis 13 Agustus 2020 pada Jam 02.00 WIB dini hari.

Hal yang saya lakukan untuk melakukan prediksi adalah dengan menerapkan ilmu data mining yang mengunakan algoritma Naive Bayes. Namun, pertama-tama yang saya lakukan adalah dengan mengumpulkan datanya. Data yang saya pakai untuk menentukan atribut guna dijadikan set data latih adalah dengan mengambil data statistik dari setiap pertandingan yang sudah dilakukan oleh kedua tim dalam 14 pertandingan terakhir. Atribut yang digunakan adalah sebagai berikut :

  1. Jumlah Tendangan
  2. Jumlah Tendangan Kearah Gawang
  3. Presentase Penguasaan Bola
  4. Jumlah Operan
  5. Presentasi Akurasi Operan
  6. Jumlah pelanggaran
  7. Jumlah Kartu Kuning
  8. Jumlah Offide
  9. Tendangan Sudut
  10. Kemenangan yang berisikan (Menang, Imbang dan Kalah)
  11. Hasil Tupel atau Label / Kelas yang meliputi PSG & Atalanta
Dari 10 Atribut yang digunakan saya juga memperoleh data sebanyak 28 total set data latih. 

Kemudian selanjutnya saya menghitung dengan metode dari algoritma naive bayes. Tahap pertama perhitungan adalah dengan mencari nilai Probabilitas, Mean dan Standar Deviasi dari masing-masing atribut berdasarkan label kelasnya yaitu Atalanta dan PSG. 


Maka dapatkan hasil seperti :
Hasil Perhitungan untuk atribut data numerik
Hasil Perhitungan untuk atribut data diskrit

Selanjutnya adalah menentukan sampel data tes untuk statistik pertandingan dari kedua tim. Disini saya menentukan 3 sampel set data uji yaitu 
  1. Sampel Tes 1 = Mencari Nilai Rata-Rata dari seluruh data untuk masing-masing atributnya
  2. Sampel Tes 2 = Mencari Nilai Rata-Rata dari seluruh data dari hasil pertandingan Atalanta untuk masing-masing atributnya
  3. Sampel Tes 3 = Mencari Nilai Rata-Rata dari seluruh data dari hasil Pertandingan PSG untuk masing-masing atributnya

Kemudian hitung pada tahap akhir dari metode Naive Bayes yaitu menentuka nilai dari fungsi Gaussian hasil yang diperoleh bisa dilihat di tabel berikut :
Untuk sampel atribut kemenangan saya mencoba memilih nilai probabilitas dari kategori Menang

Kesimpulan Hasil Prediksi :

Dari hasil perhitungan algoritma naive bayes guna untuk memprediksi pertandingan liga champions eropa antara Atalanta VS Paris Saint-Germain (PSG) dengan mengambil data statistik dari 14 pertandingan sebelumnya dengan Mengambila 3 Sampel secara acak maka Hasil yang diperoleh dengan nilai tertinggi di miliki oleh 2 atribut kelas Atalanta dan 1 atribut PSG

Dari hasil percobaan yang saya lakukan telah di prediksi bahwa tim ATALANTA yang akan Memenangkan lanjutkan liga champions Eropa.

Itulah PREDIKSI saya tentang pertandingan perempat final liga champions. Tapi hasil belum mengetahui berapa skor akhir dari pertandingan tersebut.

Terimakasih, Semoga bermanfaat dan hasilnya benar. Hehehehhe
"Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".

Wassalamualaikum Wr. Wb. Dan Salam Olahraga, Sampi jumpa.