Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Prediksi Hasil Final Liga Eropa Inter vs Sevilla 2020 : Prediksi menggunakan Algoritma k-NN

 

Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera, Salam Budaya

Dalam lanjutan Liga Eropa atau yang biasa disebut UEFA EUROPA League di tahun 2020 di babak FINAL ini berhasil mempertemukan Inter Milan VS Sevilla. Perlu diketahui kedua tim ini sedang berada di titik on fire. Pertandingan tersebut akan digelar pada hasi Sabtu 22 Agustus 2020 Jam 02.00 WIB. Live di stadion RheinEnergie di negara Jerman.

Dengan melihat data-data statistik dari kedua TIM, jika diamati keduanya sama-sama memiliki tren positif utuk bisa memenangkan pertandingan final nanti. Namun jika hanya dilihat saja maka akan sulit untuk bisa menentukan atau memprediksi siapa yang akan menang.

Nah, pada artikel ini saya akan mencoba memprediksi pertandingan Inter VS Sevilla dengan menerapkan pembelajaran sepervised learning dengan implementasi dari algoritma k-NN atau k-Nearest Neighbor dan menggunakan aplikasi rapidminer studio.

Data yang diambil sebagai sampel data training adalah data statistik dari 5 pertandingan europa league terakhir, 3 pertandingan piala copa di liga terakhir, dan 5 pertandingan di liga masing-masing. Sehingga diperoleh atribut sebagai berikut ;

  1. Statistik Kemenangan
  2. Jumlah Gol
  3. Jumlah Tendangan
  4. Jumlah Tendangan kearah gawang atau shots on target
  5. Presentase penguasaan bola
  6. Jumlah Operan
  7. Presentase Akurasi Operan
  8. Jumlah Pelanggaran
  9. Jumlah Offside dan jumlah tendangan sudut

Kemudian data tersebut akan diklasifikasikan menggunakan aplikai Rapidminer Studio dengan mengimplementasikan algoritma k-Nearest Neighbor (k-NN) untuk menentukan model prediksi.

Selanjutnya untuk mengambil data yang digunakan untuk prediksi maka akan diambil rata-rata dari statistik data tersebut. Dengan mengambil 3 Sampel data tes prediksi dengan atribut menang, maka data yang diperoleh adalah sebagai berikut :


Setelah sudah didapatkan sampel data, langkah selanjutnya adalah melakukan klasifikasi pada aplikasi rapidminer studio guna untuk memperoleh prediksinya. Gambara untuk prosesna adalah sebagai berikut 


Kemudian dari proses tersebut hasil yang di peroleh dari ketiga sampel tersebut adalah sebagai berikut :


Dari hasil tersebut maka Kesimpulannya adalah dengan mengambil 3 Sampel data tes dengan metode yang sudah dijelaskan diatas dan sudah dilakukan klasifikasi menggunakan algoritma k-NN hasil dari nilai confidence inter milan dan sevilla nilai tertinggi dari 2 sampel data dimiliki oleh label Inter Milan  & satu label dari Sevilla.

Sehingga dengan perbandingan 2-1, Pertandingan Final UEFA Europa League 2020 akan dimenangkan leh TIM INTER MILAN sebuah klub sepak bola dari negara Italia. Dengan prakiraan jumlah gol antara 1-2 Gol.

Demikian itulah percobaan prediksi dengan memanfaatkan ilmu pembelajaan supervised learning.

Terimakasih, semoga bermanfaat dan tetap satu kata "Jangan Lupa Bernafas & Tetap Bersyukur"
Wassalamalaikum Wr.Wb. Salam olahraga dan Sampai Jumpa