Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tips dan Trik Membuat Cover CD yang Cepat Langsung Cetak














Bagi para manusia yang bekerja di arena studio pastinya akan sering menjual atau membuat CD atau DVD untuk produk yang sudah dibuatnya. Taka hanya iku para mahasiswa yang sedang belajar khususnya pada bidang yang berkaitan dengan data dan komputer pada tugas-tugasnya juga memanfaatkan CD untuk menyimpan atau juga saat pengumpulan tugasnya.

Namun terkadang untuk terlihat lebih profesional CD tersebut juga sering diberi label yang menarik untuk memastikan yang menerima CD lebih percaya dengan isinya. Saat melakukan pencetakan tak jarang juga banyak yang belum bisa mengatur ukuran untuk cetak label atau covernya.

Nah pengalaman edukasi yang akan saya berikan ini adalah tentang bagaimana cara membuat dan mencetak label / cover CD yang keren dan mudah ?

Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Untuk membuat label atau cover CD tentunya tidak hanya menarik tapi juga kita harus tau ukuran agar saat di cetak yang keluar bisa sesuai hasil yang maksimal. Banyak tools-tools yang bisa untuk membuat label CD yang menarik namun kebanyakan prosesnya juga ada yang sedikit memakan waktu.

Namun pada artikel ini saya akan memberikan pengalaman yang edukasi tentang membuat label atau cover CD dengan mudah dan tidak memakan banyak waktu untuk mengatur ini dan itu. Aplikasi yang saya gunakan adalah Microsoft Publisher.

Microsoft Publisher adalah sebuah software bawaan dari ms.office yang digunakan untuk mempermudah para pekerja perkantoran guna untuk mempublikasi sebuah karya atau produk agar lebih profesional.

Berikut cara membuat label atau cover CD dengan menggunakan aplikasi ms. publisher 2016.

1. Buka aplikasi Microsoft Publisher yang sudah ter install di PC kamu

2. Klik New kemudian pilih New Blank Page Sizes Lalu pada kotak publication types pilih Media Label dan setelah terbuka pilih templatenya kemudian klik Create pada kotak dialog bagian kanan

Media Labels in Publisher

3. Setelah terbuka maka buatlah desain yang menarik. Apabila kalian sudah menyiapkan desain sendiri yang berbentuk JPG atau PNG atau sebagainya maka kalian hanya menggantinya dengan cara mengganti background caranya adalah 

  • Pada menu bar pilih Page Design kemudian arahkan kursor kalian ke menu Background dan pilih more bacground
Publisher media label
  • Setelah muncul kotak dialaog pilih picture or texture fill kemudian insert picture atau gambar kamu. Jika perlua atur posisi gambarnya dengan menu yang dibawahnya.
Publisher Media Label

4. Jika dan apabila kamu belum punya desain yang menarik dalam bentuk JPG atau PNG. Kamu juga masih bisa membuat desainnya denga keren dan cepat caranya adalah
  • Pada menu bar pilih Page Design kemudian arahkan kursor kalian ke menu Change Template. Kemudian pilih model templat yang menarik dan keren sesuai selera kamu dengan model yang sudah disediakan oleh publisher
Template Cover CD

5. Langkah terakhir adalah cetak label atau cover kamu dengan menggunakan kertas stiker label CD yang sudah kamu punya. Cara cetaknya adalah sudah otamatis teratur oleh ms. publisher . Jika kamu sendiri tidak punya printer dan ingin memakai jasa percetakan maka kamu simpan file kamu dalam bentuk PDF untuk antisipasi apabalia komputer untuk si jasa percetakan tidak memilik aplikasi Microsfost Publisher.

6. Cara mengubah file menjadi PDF. Kalian hanya tinggal pilih Save As atau tekan tombol F4 pada keyboard, kemudian pilih save as type menjadi PDF.

Dan itulah sebuah pengalaman yang edukasi tentang cara membuat label cd yang mudah dengan memakai publisher. 

Terikamasih telah berkunjung dan tetap satu kata "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".
Wassalamualikum Wr. Wb. Sampai Jumpa