Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi PJOK Kelas 4 Semester 2 - Variasi Langkah dan Ayunan

Gerak Variasi Langkah dan Ayunan

 Assalamulaikum Wr.Wb - Salam Budaya dan Salah Sejahtera

Sebelum memulai pembelajaran ini, alangkah baiknya anak-anak semua Berdo'a terlebih dahulu, semoga bisa diberi ketenangan dalam belajar dan semoga ilmunya berkah serta selalu diberi kesehatan. Amiin. 

Pada pertemuan kali ini, kita akan membahas tentang Variasi Langkah dan Ayunan Lengan pada Aktivitas Gerak Berirama. Karena Gerak berirama dapat dilakukan, baik dengan musik maupun tanpa musik. Gerakan tersebut sangat menyenangkan jika kamu melakukannya bersama teman-teman. Ayo, berlatih gerak berirama!

Gerak dasar berirama atau ritmik adalah gerak dasar dalam setiap rangkaian senam ritmik. Gerak ritmik mengutamakan keserasian gerak dan irama. Serta menghasilkan gerakan teratur dan indah. Gerak ritmik atau berirama sangat penting bagi pertumbuhan anak. Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kebugaran jasmani tubuh.

Variasi Gerak Langkah Kaki

Apa sajakah bentuk variasi gerak dasar langkah kaki?. Yuk simak penjelasan dibawah ini dengan baik dan benar.

A. Langkah ke Depan dan ke Belakang

Bagaimana cara melakukan gerakan ini? Posisi awal, berdiri tegak. Kedua tangan di samping dan siku ditekuk. Langkahkan kaki kiri ke depan. Tarik kaki kanan dan rapatkan dengan kaki kiri. Langkahkan kaki kanan ke belakang. Tarik kaki kiri ke belakang dan rapatkan dengan kaki kanan. Lakukan gerakan sesuai hitungan atau irama.
Gerak Langkah

B. Langkah ke Samping Kiri dan Kanan

Gerakan ini dilakukan dengan diawali posisi berdiri tegak. Kedua tangan di pinggang. Langkahkan kaki kiri ke samping kiri. Tarik kaki kanan dan rapatkan dengan kaki kiri. Langkahkan kaki kanan ke samping kanan. Tarik kaki kiri dan rapatkan ke kaki kanan. Ulangi gerakan tersebut sesuai hitungan atau irama.
Gerak Langkah

C. Langkah Kaki berkelok-kelok ke Depan dan ke Belakang

Posisi awal dengan posisi berdiri tegak. Kemudian langkahkan kaki kiri serong ke kiri depan. Langkahkan kaki kanan ke arah kaki kiri. Langkahkan kaki kanan serong ke kanan depan. Langkahkan kaki kiri ke arah kaki kanan. Lakukan gerakan yang sama ke arah belakang. Lakukan dengan semangat dan percaya diri.

D. Langkah ke Samping dan Menekuk

Gerakan langkah ke samping dan menekuk diawali dengan sikap berdiri tegak. Kedua tangan di pinggang. Langkahkan kaki kiri ke samping kiri. Tarik kaki kanan dan rapatkan dengan kaki kiri. Langkahkan kaki kanan ke samping kanan. Tarik kaki kiri dan rapatkan ke kaki kanan. Kemudian, bersiap dalam posisi jongkok. Tumpuan pada ujung jari kaki. Dilanjutkan dengan sikap berdiri. Ulangi gerakan tersebut sesuai hitungan atau irama.

Gerak Langkah

E. Langkah Kaki ke Depan dan ke Samping

Posisi awal berdiri tegak. Kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua tangan bersiap mengayun. Langkahkan kaki kanan ke depan satu langkah. Kaki kiri menjadi tumpuan. Langkahkan kaki kanan ke belakang satu langkah. Kaki kiri menjadi tumpuan. Kemudian, langkahkan kaki kanan ke samping kanan satu langkah. Kaki kiri menjadi tumpuan. Akhir gerakannya, kedua kaki dirapatkan dan kedua lengan lurus berada di samping badan. Lakukan gerakan ini dengan kaki kanan sebagai tumpuan.

Gerak Langkah

2. Variasi Gerak Ayunan Lengan

Apa sajakah variasi gerak ayunan lengan dalam senam irama? Bagaimana cara melakukannya? Yuk, kita bahas bersama-sama secara rinci.

A. Ayunan Satu Lengan ke Depan Belakang

Posisi Awalnya, sikap berdiri tegak, melangkah, kedua lengan lurus ke depan. Ayunkan lengan kanan ke depan. Ayunkan lengan kiri ke belakang diikuti gerakan menekuk lutut. Ayunkan lengan kiri ke depan. Ayunkan lengan kanan ke belakang diikuti gerakan menekuk lutut.

Gerak Ayunan

B.  Ayunan Satu Lengan ke Samping Kanan dan Kiri

  1. Hitungan 1 dan 3: Ayunkan lengan kanan ke samping kanan. 
  2. Hitungan 2 dan 4: Ayunkan lengan kanan ke posisi seperti semula.
  3. Hitungan 5 dan 7: Ayunkan lengan kiri ke samping kiri.
  4. Hitungan 6 dan 8: Ayunkan lengan kiri ke posisi seperti semula.
Gerak Ayunan

C. Ayunan Dua Lengan ke Atas dan ke Bawah

Berikut gerakan ayunan dua lengan ke atas dan ke bawah. Posisi awal badan berdiri, kaki dibuka selebar bahu, dan tangan di samping badan.
  1. Hitungan 1 dan 3: Ayunkan kedua lengan ke atas. Gerakan mengangkat lengan melalui samping badan.
  2. Hitungan 2 dan 4: Turunkan kedua lengan ke bawah. Gerakan menurunkan lengan melalui posisi badan dan kembali seperti posisi awal.
  3. Hitungan 5 dan 7: Ayunkan kedua lengan ke atas. Gerakan mengangkat lengan melalui depan badan.
  4. Hitungan 6 dan 8: Turunkan kedua lengan ke bawah. Gerakan menurunkan lengan melalui depan badan dan kembali seperti posisi awal.
Gerak Ayunan

D. Ayunan Dua Lengan ke Depan Belakang

Posisi awal, berdiri dan kaki kiri melangkah. Kedua lengan lurus ke depan. 
  1. Hitungan 1, ayunkan kedua lengan ke belakang. 
  2. Hitungan 2, ayunkan kedua lengan ke depan. 
  3. Hitungan 3–4, putar kedua lengan dari bawah di samping badan. Lakukan gerak ini secara berulang hingga delapan kali hitungan.
Gerak Ayunan

E. Ayunan Dua Lengan Silang di Depan dan Belakang Badan

Gerakan ayunan lengan ini diawali dengan sikap berdiri tegak. Kedua kaki dibuka selebar bahu. Kedua lengan direntangkan di samping badan. 
  1. Hitungan 1, ayunan kedua lengan menyilang di depan badan. 
  2. Hitungan 2, ayunkan kedua lengan ke posisi semula. 
  3. Hitungan 3, ayunkan kedua lengan menyilang di belakang badan. 
  4. Hitungan 4,ayunkan kedua lengan ke posisi semula. Lakukan gerakan ini secara berulang-ulang.
Gerak Ayunan

LATIHAN SOAL

Jika sudah melihat materinya anak-anak bisa menjawab SOAL KUIS dan Mengisi ABSENSI pada tombol dibawah ini. 


Terimakasih semoga bermanfaat dan selamat belajar. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".

Wassalamualaikum Wr.Wb - Sampai Jumpa


Sumber : 

Simamora, Berton Supriadi.2019. Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas IV SD/MI.Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.


Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.