Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Yang Benar Download Font Gratis dan Keren

Cara Tepat Download Font Gratis Yang Keren

Dalam kegitan untuk mempercantik sebuah desain, tentunya penggunan font yang keren akan memberikan nilai estetika yang berbeda. Dengan memberikan font yang keren pasti akan mengubah sebagian pandangan orang lain terhadap desain yang sudah dibuat.

Namun untuk menemukan font yang tepat untuk sebuah proyek desain terkadang bukanlah hal yang mudah. Dan tidak hanya harus mempertimbangkan bentuk yang menarik, alasan anggaran biayapun juga bisa menjadi hambatan yang lain.

Nah, apabila kamu sering dihadapkan pada kendala itu, janganlah berkecil hari dan khawatir. Kamu bisa memanfatkan situs-situs yang menawarkan font gratis yang juga keren-keren dan cantik.

Tapi tak jarang juga ada yang menawarkan font gratis dengan kriteria tertentu. Dan jika kamu tidak mengetahui kriteria dan syarat saat download menggunakan font tersebut, kamu akan berpotensi melanggar dan dikenakan sanksi atas hak cipta pada font tersebut.

Pada artikel ini, saya akan menuliskan cara download font gratis yang tepat agar terhindar dari pelanggaran hak cipta. Kenapa ini penting ? Karena profesional itu tidak akan melanggar hak cipta.

Cara Download Font Gratis Yang Benar.

Oke, pada tahap ini pertama kali yang harus kamu lakukan adalah membuka situs https://www.dafont.com

Situs dafont.com adalah sebuah situs penyedia font gratis yang paling populer. Dia memiliki kurang lebih 21.000 lebih font yang terbagi dalam beberapa kategori yang diringkas secaa detail. Sebut saja seperti fancy, Foreign Look, Techno, Bitmap, Basic dan lain sebagainya. Pada situs ini, kita bisa mengetik teks pada kotak custom preview guna untuk melihat tampilan teks yang menggunakan font yang kamu pilih.

Disinilah masalahnya, ketika kamu sudah memilih dan bisa download font tersebut, tak jarang banyak yang tidak tahu syarat dan ketentuan untuk menggunakan font tersebut. Kenapa menjadi masalah ?. Karena jika kamu adalah penyedia jasa desain yang profesional, font yang kamu digunakan ternyata melanggar hak cipta, kamu akan dikenakan sanksi yang berlaku.

Namun, tenang saja, artikel ini akan menyelamatkan mu dari hal-hal yang berpotensi melanggar hak cipta penggunaan font.

1. Buka situs www.dafont.com.

2. Pilih kategori font yang kamu pilih

Kamu bisa memelihi kategori font yang akan kamu pilih sesuai yang kamu butuhkan

3. Atur dan pilih menu more options

Font Fancy

4. Atur kategori yang benar agar tidak salah memasang font.

Kategori Font

Adapun penjalsan dari tiap-tiap kategori yang dimaksud pada gambar diatas.

  • Public Domain = Kamu bebas menggunakan font tersebut bisa memodifikasi atau menggabungkan dan didistribusikan ulang dan / atau dijual dengan perangkat lunak apa pun, asalkan salinannya masing-masing berisi pemberitahuan hak cipta di atas dan lisensi tersebut.
  • 100% Free = Kamu bebas menggunakan font tanpa ada persyaratan apapun. Tapi alangkah baiknya jika kamu menghasilkan uang dari hasil penggunaan font tersebut kamu bisa mendonasikan sebagaian hasilnya pemada pemilik font.  Sebagai ucapan terimakasih.
  • Free For Personal Use = Kamu bebas menggakan font tapi hanya pada satu pengguna, dalam artian kamu tidak boleh menjualnya kepada pengguna kedua.
  • Donationware = jika menggunakan font kamu harus melakukan donasi terhadap pemegang hak cipta, dalam arti lain kamu harus membelinya.
  • Shareware = kamu bebas menggunakan font ini dengan syarat harus menghubungi pemilik font tersebut. Dan jika kamu menghasilkan uang dengan penggunaan font jenis ini kamu diharuskan membagi hasil kamu dengan pemilik font tersebut sesuai kesepakatan.
  • Demo = kamu bebas menggunakan font untuk demo saja tidak untuk dijual atau didistribusikan kepada pengguna lain.
  • Unknown = Pemilik font tidak diketahui, dalam artian kamu bebas menggunakan font tersebut. tapi alangkah baiknya kamu membaca readme.txt yang ada didalam file unduhan kamu.

5. Langkah terakhir adalah Download dan Install font tersebut.

Nah, itulah beberapa langkah-langkah untuk mengunduh dan menggunakan font secara gratis dengan mempertimbangkan hal-hal yang nantinya tidak akan melanggar hak cipta karya seseorang.

Bijak-bijak lah kamu menggunakan font yang gratis untuk mengembangkan bisnismu, jika kamu bergelut dibisnis yang membutuhkan font-font yang keren. Khususnya pada penyedia jasa desain grafis.

Terimakasih, semoga informasi ini bisa bermanfaat, apabila kamu berkenan bisa bantu donasi untuk pengembangan blog yang saya bangun melalui link ini https://saweria.co/muiz27 .

Sekian, semoga  kamu bisa menemukan apa yang kamu cari. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".



Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.