Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Aplikasi atau Tools Machine Learning yang sering digunakan oleh para Data Scientist

Machine Leaning Tools

Assalamualaikum Wr.Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Machine Learning adalah teknologi hebat yang bisa digunakan dan akan menjadi hal yang menyenangkan ketika kamu belajar menggunakannya dengan cara yang benar. Setelah mempelajari cara menggunakan ML, itu akan menjadi sangat nyaman. Kamu bisa bermain dengan data, melatih model yang kamu kembankan sendiri, membuat algoritma yang cocok dan menemukan metode baru. Ini semua dapat kamu dimungkinkan setelag kamu berhasil menguasai tools dalam Machine Learning.

Machine Learning sendiri memiliki banyak sekali tools, software dan platform yang bisa digunakan. Selain itu, teknologi terus maju kedepan. Ini berarti masih ada teknologi baru yang selalu ditemukan. Kamu harus memilih untuk bekerja pada tools tertentu untuk mendapatkan pengalaman dengan hasil yang terbaik.

Pada artikel ini akan berisi apa saja aplikasi machine learning tersebut.

1. Scikit-Learn

Scikit Learn adalah aplikasi berbasis open source di machine learning, Pada aplikasi ini juga menyediakan platform terpadu untuk user. Yang didalmnya bisa membantu dalam Regresi, Klasifikasi, dan Klaster.

2.  Tenserflow

Tenserflow adalah framework  berbasis open source untuk ML numerik dan skala besar. Ini menggunakan model ML dan neural network models.

Tenserflow adalah tools ML yang ramah dengan python. Ini berjalan pada CPU dan GPU, selain menjalankan model neural network juga bisa untuk Klasifikasi gambar, NLP, dll.

3. Weka

Weka adalah alat machine learning yang berbasis open source dan diakses melalui GUI. Ini adalah perangkat lunak yang ramah dan bisa digunakan dalam pembelajaran dan penelitian.

Weka memiliki berbagai aplikasi industri. Juga, ini menyediakan akses ke berbagai alat lain dalam machine learning yang termasuk Scikit-learn, R , dan lain sebagainya.

4. Pytorch

Pytorch adalah kerangka kerja deep learning. Aplikasi ini membuat penggunaan GPU yang sangat kuat, sehingga membuatnya sangat cepat dan fleksibel untuk digunakan.

Pytorch berguna karena digunakan dalam aspek ML yang sangat penting. Nah, Pytorch ini sepenuhnya berbasis Python dan merupakan pengganti untuk NumPy. Ini katanya memiliki masa depan yang besar karena masih pemain muda di Industri Data Science.

5. Google Cloud AutoML

Konsep dasar cloud autoML adalah membuat Artificial Intelegencia dapat diakses oleh semua orang. Ini juga bisa digunakan untuk bisnis.

Cloud AutoML menyediakan model terlatih untuk membuat berbagai layanan. Layanan ini mencakup semuanya, mulai dari Ucapan, pengenalan teks dll.

Google AutoML saat ini mulai populer di kalangan perusahaan. Sangat sulit untuk menyebarkan AI di steiap bidang. Ini disebabkan karena setiap sektor tidak memiliki orang yang ajli dalam AI atau ML. Jadi Google telah menciptakan platform Cloud AutoML yang menyediakan model dan telah dilatih sebelumnya. Sehingga ini akan membantu banyak sekali users.

5. Rstudio

Rstudio adalah IDE yang digunakan dengan bahasa R. Rstudio sedikit berbeda dari R, karena R adalah bahasa pemrograman. Ini juga adalah antarmuka terbaik untuk Bahasa R.

R biasanya digunakan untuk analisis data dan fungsi terkait data. Rstudio menjadikan R alat yang sanagat kuat untuk digunakan. Anaconda menyediakan akses ke Rstudio. 

6. IBM Watson

IBM memberi kami antarmuka web yang melaluinya kami dapat menggunakan Watson. Watson adalah sistem Q dan A interaksi manusia berbasis NLP. Bidang seperti ekstraksi informasi, pembelajaran otomatis, dll. menggunakan Watson. Biasanya digunakan untuk tujuan pengujian dan penelitian. Tetapi industri yang mengerjakan NLP memanfaatkannya. 

Tujuannya adalah untuk memberikan pengalaman seperti manusia kepada pengguna.

7. Rapidminer Studio

Rapidminer adalah platform data science, Ini adalah antarmuka yang luar biasa dan cukup membantu untuk non-programmer. Tools Machine Learning ini berfungsi pada sistem operasi lintas platform. Biasanya digunakan di perusahaan dan industri untuk pengujian data dan model dengan cepat dengan penggunaan yang benar.

User Interface rapidminer studio ini menyediakan platform yang mudah digunakan. Dalam hal ini, kamu dapat menempatkan data kamu sendiri dan menguji model kamu sendiri. Maka dengan komputasi yang cepat akan memberikan hasil yang baik.

Selain digunakan untuk bidang Industri, Rapidminer studio ini juga menyediakan paltform bagi para pelajar dan bisa digunakan secara gratis.

8. Orange3

Orange3 adalah versu terbaru dari software Orange. Ini adalah perangkat lunak Data Mining.

Orange membantu dalam visualisasi data, pra-pemrosesan, dan hal-hal terkait data lainnya. Kita dapat menggunakan Orange melalui anaconda navigator. Dan ini dapat membantu dalam pemrograman Python dan bisa menjadi UI uang hebat.

9. Theano

Theano hampir mirip dengan Tenserflow. Ini memabantu dalam perhitungan numerik, matematika seperti evaluasi cektor dan matriks.
 
Numpy, adalah basis utama Theano. Dan jik Tenserflow berjalan pada bahasa C++ dan Python. Maka untuk Theano sepenuhnya berbasis Python. Ini akan menjadi cepat dan mudah untuk dieksekusi pada sistem.

10. MLLIB

MLLIB adalah perangkat lunak dari Apache Spark. Ini digunakan dalam klasifikasi, regresi, penyaringan, ekstrasksi fitur dan lain-lain. Spark MLLIB adalah nama lain untuk itu. Ini juga mampu memberikan efisiensi dan kecepatan yang baik. 

Nah, sebenarnya masih banyak lagi tools yang bisa digunakan Machine Learning. Artikel uraian diatas adalah hanya sebagaian. Dan bisa dikatakan bahwa alat-alat itu sejatinya memiliki fungsi yang sama tetapi dengan bahasa yang berbeda. 

Itulah sedikit informasi yang bisa dituliskan, semoga bermanfaat dan kamu bisa menemukan apa yang kamu cari. "Jangan lupa bernafas dan Tetap Bersyukur".

Wassalamualaikum Wr.Wb, Salam Sejahtera dan Sampai Jumpa

Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.