Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Setting RDM Semester Genap Tahun 2022

 Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Awal semester genap ini waktunya untuk mengatur RDM. Nah, bagi kamu yang belum mengetahui apa itu RDM, alangkah baiknya kita simak sedikit mengenai apa itu RDM ?.

RDM adalah singkatan dari Rapor Digital Madrasah, ini adalah sebuah aplikasi rapor hasil belajar berbasis website yang dikelola oleh Kementerian Agama bidang Pendidikan.

Nah pada artikel saya sebelumnya juga sudah dijelaskan langkah-langkah meng-install RDM versi VDI yang bisa kamu baca di bawah ini

Baca Juga : Cara menginstall RDM VDI Version

Versi VDI adalah sebuah versi aplikasi yang berbasis Dekstop namun perlu menginstall software pihak ketiga yaitu virtual box.

Nah, untuk vesi lain dari RDM adalah versi Hosting. Pada versi ini RDM akan kembali ke jati dirinya, yaitu berbasis website. Versi ini juga bisa dijalankan dengan moda Online, yang artinya RDM bisa dikerjakan dalam waktu kapanpun dan dimanapun tanpa harus menghidupkan server proktor.

Namun, kendala lain adalah versi hosting atau moda online ini perlu yang namanya Hosting adalah layanan penyedia online yang digunakan untuk mengelola data situs atau aplikasi web melaui via internet.

Hosting ini banyak disediakan oleh penyedia lawanan web diluar sana dengan harga yang bervariasi. Nah, saran dari saya adalah kamu bisa menggunakan jasa penyedia hosting dari DomaiNesia kamu bisa mengunjungi link domainesia.com kamu bisa mendapatkan penawaran spesial dengan diskon 30% selamanya hosting + domain gratis dengan menambahkan kode PEI30

Tutorial Mengatur RDM Semester Genap Tahun 2022

Pertama, Kamu buka halaman awal RDM atau halaman Login dari RDM kemudian kamu ganti ajaran dengan semester genap

RDM Semester genap

Kedua, tahap selanjutnya kamu menuju menu lembaga kemudian pengaturan dan ubah semesster aktif menjadi semester genap selanjutnya klik simpan pada tombol yang ada di pojok kanan bawah.

RDM Semester genap

Ketiga, selanjutnya kamu harus mengatur kembali riwayat guru mengajar pada menu Guru > Mengajar. Nah disini kamu tidak harus mengaturnya dari awal, apabila tidak ada perubahan mengajar guru pada semester ganjil menuju semester genap kamu bisa menyalin dari semester ganjil.

Pilih tingkat dan kelasnya terlebih dahulu, - kemudian klik menu salin mengajar


Kemudain pilih semesternya dan klik Save changes

RDM Semester genap

Keempat adalah tahap mengatur Ekstrakurikuler, KKM, dan Pengaturan Cetak, kamu bisa mengaturnya di menu Rapor

RDM Semester genap

Nah, itulah beberapa cara atau tutorial mengatur RDM pada ajaran aktif di Semester Genap.

Namun, sebelum saya tutup, saya akan melampirkan saran tentang penggunaan RDM. Karena RDM pada proses penilaian siswanya adalah juga memerlukan Nilai Harian, maka ada baiknya RDM digunakan dalam versi Hosting atau Moda Online, karena dengan ini Guru-guru yang lain bisa menginput atau mengisi nilai darimanapun dan kapanpun. Karena jika RDM dijalankan dalam Moda Semi Online maka apabila Guru-Guru ingin mengakses atau membuka RDM maka perlu menghidupkan komputer server atau komputer proktot, kendala lain RDM tidak bisa diakses dimanapun.

Beli hosting dan domain murah di my.domainesia.com

Oke, Terimakasih, semoga bermanfaat dan kamu bisa menemukan apa yang kamu cari, "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia dalam Tautan Rasa Syukur".

Wassalamualaikum Wr.Wb, Sampai Jumpa dan Sehat Selalu.



Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.
www.domainesia.com