Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Naive Bayes With PHP and MySQL Web-Based


Assalamualaikum Wr.Wb, Salam Bagas, Salam Rahayu dan Salam Wilujeng

Dalam beberapa postingan saya sebelumnya ada terdapat sebuah sistem informasi berbasis website menggunakan bahasa pemrograman PHP menggunakan algoritma Naive Bayes. Saat saya rasa ada tampilan yang kurang menarik, maka dari itu saya mencoba untuk membangun lagi Sistem Informasi Prediksi Menggunakan Algoritma Naive Bayes Berbasis Website yang berkonsep Data Mining.

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara sistem informasi ini bekerja, saya kan memberikan sedikit penjelasan tentang apa itu Naive Bayes.

Naive Bayes adalah sebuah model algoritma dari teknik Machine Learning atau pembelajaran mesin yang mempunyai metode klasifikasi, dimana ini adalah sebuah model yang terstruktur. Dalam arti terstruktur adalah dalam sebuah perhitungannya harus dilakukan tahap demi tahap untuk memperoleh model yang nantinya digunakan untuk menentukan hasil keputusan atau prediksnya. Naive Bayes sendiri sering digunakan untuk prediksi atau untuk suatu pendukung keputusan.

Dalam konsep machine learning maka dalam pembelajaran algoritma Naive Bayes sangat diperlukan apa itu yang disebut Kelas. Nah, dalam kelas ini terdapat sebuah keputusan akhir dari sebuah set data yang diperoleh dan sudah dilakukan sebuah tahap pra-proses data, yaitu sebuah pengolahan set data yang digunakan untuk Data Training. Sehingga siap untuk dilakukan pembelajaran menggunakan Naive Bayes.

Baca Juga : Apa itu Dataset dan Cara Memperoleh Dataset.

Nah, dalam artikel ini saya akan sedikit menjelaskan tentang penggunaan sebuah Sistem Informasi Prediksi Menggunakan Algoritma Naive Bayes Berbasis Website Pada Kasus Data Bertipe Numerik. 

  1. Tujuan Sistem Informasi, Nah, Tujuan dari Sistem Informasi ini adalah untuk Memprediksi kelulusan seorang Mahasiswa apa itu dia lulusnya Tepat waktu atau Terlambat.
  2. Set Data yang digunakan, adalah sebuah set data Mahasiswa dari tahun-tahun sebelumnya yang sudah diketahui tingkat kelulusannya yaitu Tepat dan Terlambat.
  3. Bahasa Pemrograman
    • PHP 5.6.40
    • HTML 5  
    • SCSS (Bootstrap 5)
    • Javascript
    • SQL (MySQL with Mysqli query)
  4. Layout, Responsive
  5. Browser, Firefox, Safari, Opera, Chrome, Edge
  6. Source and Credits
    • getbootstrap.com
    • jquery.com
    • Chart JS
    • Bootstrap Datatable
    • jQuery Sparkline
    • Vertical Timeline

Setelah mengetahui beberapa requirement dan beberapa fitur yang ada pada sistem informasi diatas, kita akan bahas satu per satu apa saja yang akan ditampilkan pada sistem informasi tersebut.

1. Form Login / Autentikasi

Pada halaman awal yang akan ditampilkan oleh sistem informasi ini adalah form login, dimana halaman ini adalah untuk masuk ke halaman admin maupun pengguna biasa. Halaman tersebut akan terlihat seperti yang ada pada gambar dibawah ini.

Form Login

2. Dashboard Admin

Pada halaman dasboard admin ini akan tampil beberapa panduan awal atau prosedur yang benar saat pertama kali membuka sistem informasi prediksi menggunakan algoritm naive bayes ini. Dan tampilan tersebut akan nampak seperti gambar dibawah ini.

Page Dashboard Admin

3. Menu Training Data

Menu saat pertama kali menggunakan sistem informasi ini adalah harus membuka menu training data. Hal ini guna untuk memasukkan sebuah set data training yang sudah disiapkan datanya sampai selesai tahap pra-proses data.

Menu Training Data

Pada halaman ini terdapat 4 tombol yaitu 
  • Import Data, untuk mengimpor set data dalam bentu Excel, dan ada template yang sesuai dan sudah disediakan oleh sistem.
  • Export Data, berfungsi untuk mengunduh data yang sudah ada
  • Start Classifier, sebuah tombol yang berfungsi untuk tahap perhitungan awal dari algoritma Naive Bayes
  • Delete Data, berfungsi untuk menghapus set data training dan menghapus seluruh perhitungan yang sudah dilakukan dengan menggunakan set data training sebelumnya.

4. Menu Test Data

Menu test data data adalah menu yang dibuka setelah tahap-tahap yang ada di menu training data sudah dilakukan. Pada menu ini digunakan untuk menghitung tingkat akurasi dari model algoritma naive bayes. Serta terdapat 5 tombol.

Halaman Test Data

  • Import Data, untuk mengimpor set data dalam bentu Excel, dan ada template yang sesuai dan sudah disediakan oleh sistem.
  • Add Data, menampilkan modal bootstrap dan form untuk memasukkan data set uji satu per satu tanpa harus impor excel.
  • Export Data, berfungsi untuk mengunduh data yang sudah ada
  • Start Test, sebuah tombol yang berfungsi untuk tahap perhitungan distribusi gaussian dari algoritma Naive Bayes
  • Delete Data, berfungsi untuk menghapus set data tes dan menghapus seluruh perhitungan dari test data seperti gaussian dsb.
Kenapa ada distribusi gaussian pada perhitungan naive bayes nya ?. Karena data yang digunakan pada sistem ini adalah data khusus yang bertipe numerik.

5. Calculation Result

Ada beberapa menu disini, yang diantaranya adalah, menu probability, result classification, dan confusion matrix
  • Probability, adalah menu untuk menampilkan hasil perhitungan awal algoritma naive bayes dimana dia menampilkan nilai probabilitas dari masing-masing atribut.
Probability Naive Bayes
  • Result Classification, menu yang menampilkan hasil perhitungan test data yang meliputi hasil prediksi, nilai gaussian dan nilai probabilitas kelas.
Gaussian Naive Bayes
  • Confusion Matrix, untuk menampilkan hasil validation yang meliputi nilai accuracy, precision, recall, F1-Score, AUC dan F-Rate, kemudian ada tabel confusion matrix dan tabel diagaram presentase kelas test data.
Confusion Matrix

6. Menu Setting User

Pada menu ini merupakan menu tambahan untuk menambah, mengaktivasi, mengedit atau menon-aktifkan dan menghapus akun user.

Users Settings

Nah, diatas adalah beberapa menu tampilan utama yang ada pada Sistem Informasi Prediksi Menggunakan Algoritma Naive Bayes Berbasis Website.

Untuk kamu jika masih belum puas dengan penjelasan diatas kamu bisa simak halaman sistem nya pada halaman demo nya dibawah ini.


Keperluan login adalah 

Halaman Admin, Username = admin, Password = admin12
Halaman User, Username = user, Password = user123

Simak juga sourcode PHP lainnya.
Dan jika masih ada pertanyaan-pertanyaan seputar source code tersebut, kamu bisa menghungi admin pada menu contact yang ada di menu footer bawah.

Terimakasih, semoga bermanfaat dan kamu bisa menemukan apa yang selama ini kamu cari, "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".

Wassalamualaikum Wr,Wb, - Sampai Jumpa Lagi.


Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.
www.domainesia.com