Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam - Macam Statistika Deskriptif

Statistika Deskriptif
APA ITU STATISTIKA DESKRIPTIF ?
Pada pembahasan kali ini, saya pribadi akan memberikan pengalaman saya mengenai statistika deskripstif. Ada berbagai macam teori, cara penyajian dan lain-lain.

Statistika Deskriptif.  adalah Analisis untuk menyajikan dan meringkas data sehingga menjadi mudah dipahami. Ada 2 Jenis Stistika Deskripstif yaitu Ringkasan Numerik dan Visualisasi Data

> Ringkasan Numerik, adalah cara meringkas data menjadi ukuran numerik Misalnya sering kita temui dalam ilmu matematika yaitu Mean dan Median.  Secara garis besar ringkasan numerik terbagi menjadi 2 bagian yaitu pemusatan data dan penyebaran data. 
  1. Pemusatan Data, adalah Ringkasan numerik yang menggambarkan letak di mana data berpusat. Rumus yang sering digunakan adalah Mean, Median dan Modus. 
  • Mean, adalah Jumlah semua data dibagi banyaknya data atau bisa disebut dengan rata-rata. rumusnya sebagai berikut :
Mean
  • Median, adalah nilai yang berada ditengah sekumpulan data yang telah diurutkan, dari data terkecil hingga terbesar. rumusnya sebagai berikut :
Median
  • Modus, adalah nilai yang paling sering muncul dalam kumpulan data. suatu data mungkin memilki modus lebih dari satu. rumunya sebagai berikut :
Modus,

  1.  Penyebaran Data, adalah ringkasan numerik yang menunjukkan seberapa jauh data menyebar dari rata-rata. Rumus yang biasa digunakan adalah Variansi dan Standar Deviasi 
  • Variansi (Ragam), adalah Nilai yang menggambarkan variabilitas data terhadap rata-ratanya. rumusnya sebagai berikut: 


Variansi



  • Standar Deviasi. adalah cara untuk mengetahui sebaran data. DImanfaatkan untuk mengetahui sampel data yang diambil mewakili populasi atau tidak. Rumusnya sebagai berikut :
Standar Deviasi

Postingan Selanjutkan akan membahas tentang Visualisasi Data (Basic Visual Data)

Sekian itulah sedikit informasi yang bisa admin sampaikan, semoga bermanfaat dan satu kata "Jangan Lupa Bernafas & Tetap Bersyukur" .