Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Cepat Membuat Thumbnail Youtube Yang Pas Sesuai Ukuran

Thumbnail youtube adalah sebuah gambar cuplikan yang menggambarkan sebuah isi dari video kamu yang sudah selesai di upload di youtube. Terkadang cuplikan gambar atau thumbnail yang otomatis tersedia di youtube setelah kamu berhasil mengunggahnya jika dilihat kadang tidak sesuai dengan ekpetasi benak dan pikiranmu. Kamu akan merasa minder dengan hal tersebut.

Disisi lain, penggunaan thumbnail youtube juga akan mempengaruhi jumlah penonton yang akan mampir melihat video kamu yang sudah kamu unggah. Dengan Thumbnail atau gambar cuplikan /cover pada video youtube kamu, dengan membuatnya menarik dan tulisan yang menonjol juga bisa meningkatkan kualitas SEO video youtube itu sendiri.

Masalah lain yang akan muncul saat kamu sudah asyik membuat Thumbnail yang keren dan semenarik mungkin, saat sudah siap kamu upload dan berhasil, hal tak terduga akan muncul yaitu gambar thumbnail kamu terpotong sebagian saat di unggah di video youtube kamu. Hal itu terjadi karena saat kamu mendesain sendiri tidak menempatkan ukuran yang sudah ditentukan youtube sendiri.

Bagaimana cara membuat Thumnail dengan mudah dan pas sesuai ukuran ?

Nah, pengalaman edukasi yang akan dituliskan pada artikel ini adalah membuat sebuah thumbnail youtube yang keren, menarik dan pas sesuai ukuran tentunya.

Cara yang biasa saya lakukan adalah dengan memanfaatkan sebuah pembuatan desain secara online yaitu di canva.com

CANVA.COM adalah sebuah situs yang memberikan layanan untuk para pembuat desain sederhana secara cepat dan mudah. Fitur-fitur atau template yang disediakan banyak macamnya, Salah satunya adalah template untuk membuat Thumbnail Youtube yang menarik. Nah, berikut cara membuat thumbnail youtube dengan canva.

1. Kunjungi situs www.canva.com

2. Daftar atau Login lah dengan menggunakan akun e-mail kamu.

3. Create a Design, Kamu klik yang berada di pojok kanan halaman website. Kemudian pilih template yang bertuliskan Youtube Thumbnail. Maka kamu akan diarahkan ke halaman baru guna untuk proses pembuatan desain.


4.
Kemudian pilih template menarik dan keren yang sudah di sediakan di sidebar samping kiri. Kamu cukup tinggal klik satu kali template tersebut. Nah kemudian mulailah untuk berkreasi sendiri. 

Dan apabila kamu ingin upload gambar atau foto dari perangkatmu sendiri, kamu hanya tinggal pilih menu Uploads. dan kemudian pilih Upload an Image or Video.

5. Jika sudah selesai berkreasi, Selanjuntya kamu tinggal menyimpan desain kamu dengan cara pilih menu Download yang terdapat di pojok kanan halaman kerja.


6. Langkah terakhir, kamu unggah thumbnail hasil karya mu ke video youtube yang sudah kamu upload dan siap posting.

Cara diatas adalah sebuah cara membuat thubnail youtube di canva.com dengan menggunakan perangkat komputer atau laptop. Jika kamu juga mengalami kesulitan apabila menggunakan komputer / laptop, kamu juga bisa menggunakan canva.com dengan menggunakan android atau smartphone hanya dengan mengunduh canva di play store atau apps store.

Dengan mendaftar di canva.com, maka kamu juga bisa menyimpan desain atau template hasil karyamu dengan aman dan bisa diedit di lain waktu.

Demikian, itulah pengalaman edukasi yang menuliskan tentang cara membuat thumbnail youtube dengan cepat dan mudah tanpa riber dan pas sesuai ukuran. 

Terima kasih sudah berkunjung. "Jangan Lupa Bernafas & Tetap Bersyukur"
Sampai Jumpa.

Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.