Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengakses Laptop atau Komputer dari Jarak Jauh dengan Andorid

Team Viewer

Perangkat laptop adalah salah satu bentuk teknologi yang dewasa ini sangat sering digunakan untuk bekerja, belajar, dan lain sebagainya yang ada sangkut pautnya dengan dunia teknologi. Untuk mendukung akses teknologi tersebut tentunya dibutuhkan apa yang namanya Sistem Operasi Windows. 

Sistem Operasi Windows, merupakan salah satu sistem operasi yang memiliki fitur bermanfaat untuk jalannya proses dari sistem di komputer itu sendiri. Dalam hal ini juga sangat berguna untuk mendukung sebuah pekerjaan atau projek yang sedang kamu jalani. Salah satu fitur yang bisa saya sebutkan adalah Remote Dekstop. Fitur ini ini bisa memudahkan pengguna untuk mengendalikan atau mengontrol seluruh aktivitas yang terjadi.

Dengan membaca tulisan dan penjelasan diatas, maka akan saya tuliskan sebuah pengalaman yang pernah saya alamai, yaitu saya mempunyai suatu pekerjaan di kantor, dan disitu saya harus mengontrol sebuah pekerjaan saya dikantor, tetapi seperti yang pernah saya alami adalah dengan kondisi yang tidak memungkinkan harus berada di kantor dan harus terus mengontrol komputer yang ada didalam kantor tersebut.Nah, bagaimana saya mengontrol komputer tersebut dari rumah ?. Simak jawabannya pada kalimat tertulis yang akan tersusun dibawah ini.

Cara mengontrol atau mengendalikan komputer dari jarak jauh.

Solusi yang akan saya tawarkan untuk kamu adalah dengan memanfaatkan sebuah aplikasi atau software yang bernama TeamViewer

TeamViewer adalah sebuah tools software yang bisa memaksimalkan produktivitas tenaga kerja dengan akses dari jarak jauh. Aplikasi ini juga bisa dibuat untuk masuk keperangkat yang kamu butuhkan tanpa memerlukan VPN, namun hanya memerlukan jaringan internet.

TeamViewer, memudahkan untuk terhubung ke komputer dekstop jarak jauh, dari mana-mana, kapan saja, dengan memasang dua aplikasi dekstop TeamViewer dari masing-masing komputer atau laptop dengan dukungan akses internet, kamu bisa bekerja dari jarak jauh saat bepergian.

Detail fitur Multi-Platform.

Aplikasi TeamViewer bisa mendukung komunikasi lintas platform untuk berbagi berbagai kombinasi perangkat. Selama perangkat atau komputer kamu mendukung sistem operasi windows, macOS, Linux, Chrome OS, iOS atau Android. 

Fitur lain yang disediakan oleh aplikasi tersebut adalah bisa mencetak dokumen yang ada di komputer jarak jauh dengan menghubungkan mesin cetak / printer lokal kamu. TeamViewer juga bisa menjadi alternatif VPN, dan berikut kumpulan fitur yang bisa saya rangkum

  1. Bisa terhubung antara perangkat komputer dan seluler
  2. Bisa mendukung berbagai sistem operasi atau OS.
  3. Bisa membagikan file dalam berbagai komputer dengan kecepatan kurang lebih 200 MB / detik
  4. Bisa mengaktifkan mode layar hitam, guna untuk menutupi komputer lain agar tidak ada orang lain yang menonton selama kamu mengaksesnya dari jarak jauh.
  5. Dan bisa mengaktifkan komputer dalam mode tidur dan mulai mengontrolnya.
Cara menggunakan TeamViewer 
Untuk menggunakan aplikasi ini, cukup mudah dan tidak perlu ribet. Pertama kamu tinggal unduh aplikasinya dilaman resminya di https://www.teamviewer.com/, Kemudian Install di masing-masing perangkat dan masukkan ID dan Password yang dimiliki oleh komputer yang ingin di kontrol dari jarak jauh.

Namun dengan berbagai kemudahan fitur-fitur yang lengkap. TeamViewer juga tidak memberikan akses secara gratisan, melainkan kamu harus membeli lisensi resminya, karena keamanan yang sangat dijaga oleh piha TeamViewer tersebut. Tapi kamu juga akan diberikan akses free trial selama 30 Hari untuk memastikan pelanggan benar-benar merasakan fitur yang dibuatnya.

ALATERNATIF LAIIN.

Saya juga akan memberikan alternatif lain untuk mengendalikan komputer dari jarak jauh selain menggunakan aplikasi yang sudah direview diatas tadi. Yaitu dengan menggunakan aplikasi UltraViewer.

Tidak jauh berbeda fungsi dan kegunaannya dengan TeamViewer. Aplikasi tools  UltraViewer adalah aplikasi yang menyediakan kontrol jarak jauh dengan ukuran file yang lebih kecil. Nah, daripada bertele-tele, saya akan menjelaskan perbedaan fitur yang dimiliki oleh UltraViewer.
  1. Hanya bisa mendukung sistem operasi Windows
  2. Hanya bisa dibisa diakses oleh antar perangkat komputer saja.
  3. Tidak ada mode layar hitam dari perangkat komputer yang ada dari jarak jauh
  4. dan komputer juga tidak bisa diakses dalam mode tidur.
Namun, dari perbedaan-perbedaan tersebut, UltraViewer juga akan sangat membantu untuk klien-klien dalam bisnis kecil. Karena ukuran file yang tidak terlalu besar dan juga menyediakan aplikasi secara Gratis. Dan kamu juga bisa mengunduh file tersebut di https://ultraviewer.net/ 

Nah, itulah cara mengendalikan laptop atau komputer dari jarak jauh dengan mudah karena hanya tinggal klik dan klik saja. Yang paling penting dari ringkasan ini adalah seberapa perlu kamu memakai atau mengontrol komputer dari jarak jauh, sehingga kamu dapat memastikan tools atau software apa yang akan kamu gunakan.

Sekian, terimakasih sudah berkunjung dan satu kata "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".
Sampai Jumpa,,,,
Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.