Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rekomendasi Jurusan Kuliah di Era New Normal, Juga bisa bekerja di Bidang apa Saja

 Diseluruh dunia pada tahun 2020 ini telah mengalami perubahan besar dalam menjalani kehidupan sehari-hari, hal itu disebabkan karena adanya pandemi karena COVID-19 yang berbahaya. Hal lain yang fatal adalah menurunnya kualitas ekonomi karena banyak pekerjaan-pekerjaan yang tertunda dan terhenti. Tidak hanya itu, jalannya proses pembelajaran dan pendidikan juga ikut tersendat serta harus merubah sistem pembelajarannya.

Khususnya untuk para siswa yang baru saja menyelesaikan masa sekolah di tingkat menengah atas atau SMA sekarang ini juga akan direpotkan dan bingung apa yang harus dilakukan, entah apa harus berhenti dan memilih untuk bekerja atau harus melanjutkan studinya di tingkat perguruan tinggi ?. Hal itu akan menjadi beban dan pikiran jika melihat situasi pandemi yang sampai sekarang masih belum mereda.

Baca Juga : Kemampuan yang harus dimiliki di era new normal

Nah, jika kamu yang baru saja lulus SMA dan ingin melanjutkan studi pada tingkat perguruan tinggi, saya akan menuliskan beberapa rekomendasi jurusan yang mungkin bisa kamu pilih untuk menghadapi era new normal ini, juga akan saya tuliskan sedikit pengalaman saya saat kuliah dulu agar bisa memberi kamu pengalaman yang edukasi.

Berikut Rekomendasi Jurusuan Kuliah di Era New Normal :

1. Jurusan Akuntansi

Jurusan ini merupakan jurusan yang mempelajari metode pencatatan, pelaporan, dan penyusunan dengan cara-cara tertentu dan terstuktur dalam laporan transaksi keuangan. 

Kenapa ini bisa menjadi rekomendasi ?

Hal ini disebabkan karena saat sudah mulai proses perkuliahan tidak harus melakukan tatap muka dan tidak harus terjun kelapangan untuk kegiatan perkuliahan. Cukup dengan perkuliahan online kamu bisa belajar proses-proses manajamen bisnis secara virtual. 

Jurusan akuntansi juga memiliki prospek kedepan yang lebih baik. Karena dengan belajar akuntansi kamu bisa mengembangkan bisnismu sendiri, prospek pekerjaan yang lebih luas, kamu juga bisa mendirikan kantor sendiri yang ada sangkut pautnya dengan proses transaksi keuangan.

2. Jurusan Desain Grafis dan Multimedia 

Apabila melihat lalu lintas pikiran kamu, ketika mendengar kata Desain Grafis mungkin sekarang presepsimu adalah mendesain sebuah gambar, anime, logo atau ilutrasi dan sebagainya. Namun, sebenarnya jika kamu kuliah jurusan Desain Grafis atau Multimedia kamu akan mempelajari berbagai prespektif pikiran agar lebih luas dan kreatif, dan kamu juga akan belajar gimana cara membuat media yang tepat untuk menyampaikan pesan secara efektif, entah itu berupa gambar, video, konsep arsitektur bangunan atau juga pada tampilan-tampilan media online.

Kenapa jurusan desain grafis menjadi rekomendasi ?

  1. Proses perkuliahan yang juga tidak membutuhkan tatap muka yang sering
  2. Dengan desain kamu bisa menjadi freelancer semasa kamu masih kuliah
  3. Prospek pekerjaan yang lebih luas dan sangat dibutuhkan di era baru ini.
3. Jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi dan Teknik Informasi

Pada dasarnya ketiga jurusan ini hampir memiliki konsep dan tujuan yang sama. Sama-sama berkecimpung di dunia digital dan teknologi. Tapi jika kamu sudah terjun kedalam kamu akan melihat berbagai perbedaanya.

Teknik Informatika adalah jurusan yang berpacu untuk perkuliahan yang akan membahas bagaimana cara membuat suatu aplikasi atau sistem serta berbagai software yang berfokus pada proses penyusunan skrip kode program. Hal lain juga bisa membuat sebuah kecerdasan buatan seperti robot, IoT dll.

  • Hal ini bisa menjadi  rekomendasi karena saat proses perkulihan sangat jarang sekali ada pertemuan tatap muka,
  • kamu juga bisa menjual aplikasi yang sudah kamu bengun, dan
  • prospek kerjanya juga sangat luas, kamu bisa bekerja di manapun dan apapun latar belakangnya, karena pada era baru ini digital dan penggunaan aplikasi sangat bekembang pesat
  • Hasil yang kamu peroleh juga akan besar jika kamu sudah di percaya pada satu perusahaan sekali pun.
Jurusan Sistem Informasi dan Teknik Informasi.

Sama halnya dengan Teknik Informatika, kedua jurusan ini juga akan berkecimpung di dunia pemrograman, pembuatan sebuah aplikasi dan software. Tapi hal yang berbeda adalah jika jurusan Sistem Informasi / Teknik Informasi kamu akan lebih diajarkan tentang konsep utama pembuatan aplikasi seperti, Tujuan pembuatan sebuah sistem informasi / aplikasi, Informasi apa yang bisa disediakan di aplikasi tersebut, dan bagaiman rancangan atau metode yang tepat sebelum aplikasi itu dibuat, dan proses kerja aplikasi tersebut kedepannya bagaimana. Lalu apa prospek pekerjaannya ?
  1. Kamu bisa menjadi Data Analyst yaitu mengnalisis data dari sebuah software atau aplikasi. Hal lain kamu juga bisa menjadi pakar data sceince
  2. Pekerjaan sebagai Sistem Analis yaitu menganalisa program-program atau software apakah harus di kembangkan atau bagaimana. Nama lainnya adalah melakukan audit sebuah sistem.
  3. Bussines Management yang merupakan pekerjaan dimana kamu harus bisa manajemen atau mengatur sebuah bisnis dengan penerapan sebuah sistem informasi.
  4. Hasilkan penghasilan dengan penerapan teknologi digital meskipun kamu harus berada di rumah atau Work From Home



Sedikit Pengalaman Kuliah Jurusan Sistem Informasi.

Sebuah pengalaman yang akan saya tuliskan semasa kuliah dulu. Saat baru saja lulus SMA saya mulai bimbang dan bingung mau ambil jurusan apa. Awalnya saya ingin terjun kedunia peternakan karena jurusa SMA saya adalah IPA. Singkat cerita, namun pada akhirnya saya mengambil jurusan Sistem Informasi di salah satu perguruan tinggi swasta. awalnya sempet minder karena tidak ada basic atau latar belakang tentang pengetahuan teknologi komputer, nah disitu sewaktu masih menginjak semester 1 dan 2, tidak ada niatan serius untuk kuliah. 

Namun, setelah melihat perkembangan teknologi digital yang terus berkembang saya pun memutuskan untuk serius dalam perkuliahan, diawal semester 3, disitu mulai lah saya membeli laptop meskipun bekas. Mulai belajar, searching internet kesana kesitu, terus belajar di luar jam perkuliahan, dan pada akhirnya sampailah di semester akhir. Tugas akhir atau skripsi adalah penentuan untuk bisa bertahan atau terus lanjut dan lulus. Dan alhamdulillah waktu itu lulus sesuai dengan target. Karena Judul Skripsi yang saya ambil adalah sebuah Sistem Informasi untuk memprediksi kelulusan mahasiswa. Dengan terus menganalisa data, menganalisa sistem dan membangun sebuah sistem itu sendiri.


Setelah itu, lanjutlah saya untuk mencari sebuah pekerjaan yang cocok. Tapi dengan kemampuan saya yang waktu itu sempat tidak serius untuk kuliah, kalah saing dengan pakar-pakar yang lebih mahir. Tapi tidak menyerah, namun pada akhirnya saya mendapatkan sebuah pekerjaan sebagai Guru dengan Mapel TIK di salah satu sekolahan. masak hanya jadi guru ? 


Tentuk tidak dong. Dengan ilmu yang saya dapatkan sewaktu kuliah Jurusan Sistem Informasi , banyak aspek-aspek penerapan teknologi digital yang mampu menjadi penghasilan meskipun hanya bekerja dirumah. Disitulah saya mulai membuat sebuah website, aplikasi dan sistem informasi berbasis web yang bisa dijual dengan harga maksimal, membuat sebuah banyak blog sebagai penghasilan sampingan dari adsense, dan untuk rencana saya akan kembangkan sebuah aplikasi berbasis mobile, android, dan iOS. 

Jadi meskipun pada era new normal ini, saya masih mampu mencari penghasilan yang lebih meskipun dalam kategori work from home.

OKE, itulah beberapa rekomendasi jurusan yang bisa kamu ambil di era new normal ini. Semoga informasi yang dituliskan bisa bermanfaat dan terimakasih sudah berkunjung."Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur"

Sampai Jumpa...