Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Macam-Macam Komponen Hardware Berdasarkan Jenisnya Bagian 1

Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya.

Hardware merupakan perangkat keras atau suatu komponen fisik pada suatu perangkat komputer yang digunakan oleh sistem untuk menjalankan sebuah perintah dari suatu perangkat lunak atau software yang sudah di program sedemikian rupa tergantung pada masing-masing fungsinya.

Dilihat dari fungsinya secara sekilas, jenis perangkat keras atau hardware dibedakan menjadi beberapa bagian penting yaitu, Output (Perangkat Keras Keluaran), Input (Perangkat Keras Masukan), dan Storage (Perangkat keras simpanan.

Pada tahun-tahun sebelumnya atau beberapa tahun yang lalu komputer hanya memiliki 9 komponen hardware yang paling utama dari kebutuhan sistem komputer itu sendiri. Namun setelah beberapa tahun sudah tidak bisa di hindari lagi dari perkembangan teknologi yang semakin pesat. Ada beberapa perangkat keras yang sudah di bangun guna untuk memperlancar kebutuhan dari suatu Komputer.

Pada artikel ini saya akan memberikan sebuah pengalaman edukasi tentang beberapa macam dan fungsi dari beberapa komponen hardware terbaru yang sudah di kembangkan oleh pakar-pakar teknologi di dunia. Berikut Macam-Macam Komponen Hardware berdasarkan jenisnya.

Macam-Macam Komponen Perangkat Keras Pemrosesan (Process Device).

1. RAM

RAM
RAM adalah sebuah memori yang berfungsi untuk sebagai penyimpan data sementara, baik untuk sistem operasi, program aplikasi atau sebuah file kerja selama komputer hidup atau dalam kondisi dioperasikan. Jenis-jenis dari memori RAM ada DRAM, SRAM, EDO RAM, DDRAM, DDR RAM dan SDRAM. Sedangkan pada perkembangan teknologi sekarang, kebanyakan RAM yang dipakai pada komputer adalah jenis DDR RAM III, dengan peningkatan yang lebih cepat dan super wussh.

2. VGA Card

VGA Card
VGA adalah sebuah singkatan dari Virtual Graphic Array yang merupakan subuah perangkat keras yang digunakan untuk mengelolah untuk menerjemahkan keluaran yang ada di monitor. Fungsi dari VGA Card adalah agar tampilan layar menjadi tajam, mengubah sinyal digital menjadi tampilan dalam bentuk grafik, dan bisa menghubungkan PC atau Laptop ke layar TV dengan menggunakan HDMI atau VGA Kabel.

3. Ethernet Card

Ethernet Card
Ethernet card adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai alat yang menghubungkan antar beberapa perangkat komputer lainnya yang kemudian di proses dan diterjemahkan dalam bahasa jaringan. Pada Ethernet Card biasanya terdiri dari LAN Card dan WLAN Card. Perbedaan yang mendasar dari dua Card tersebut adalah dilihat dari sisi penggunaannya. Jika LAN Card hanya menghubungkan dalam suatu area lokal seperti di rumah, gedung dll. Sedangkan WLAN cakupannya cukup luas.

4. Sound Card 

Sound Card
Fungsi dari Sound Card adalah untuk mengelolah file-file berupa suara yang ada di dalam komputer guna untuk menerjemahkan dan menghasilkan suara-suara agar bisa didengar melalui speaker, headphone dan lain sebagainya. Dari beberapa perkembangan ada 3 jenis sound card yaitu, Sound Card Offboard, External dan Sound card Onboard. Perbedaan mendasar dari ketiga jenis tersebut adalah bentuk port dalam masing-masing jenis komputer.

5. CPU

CPU

Sebuah singkatan dari Central Processing Unit adalah sebuah komponen hardware utama yang berfungsi untuk menagani intruksi-intruksi yang telah diberikan. Atau biasa juga disebut dengan Processor atau juga dalam bahasa kasarnya adalah sebuah Otak dari komputer. Selain itu, CPU juga akan menjalankan seperti proses loading OS, menjalankan perintah untuk melakukan kalkulasi yang terdapat pada aplikasi pengolah angka misalnya MS. Excel atau program lainnya dalam sebuah komputer.

6. GPU (Graphics Processing Unit)

GPU
GPU merupakan singkatan dari bahasa inggris yaitu Graphics Processing Unit. Secara harfiah fungsi atau kegunaan GPU ini adalah untuk menampilkan apapun yang terdapat pada setiap komputer. Dan tanpa adanya GPU maka bisa dikatakan komputer juga tidak akan berfungsi dengan sebaik mungkin.Untuk bentuk komponenny,a GPU memiliki berbagai macam bentuk dan ukuran. 

7. APU (Accelerated Processing Unit)  

Accelerated Processing Unit
APU merupakan singkatan dari Accelerated Processor Unit.  Komponen ini mungkin lebih mudah untuk dimengerti. Yang mana ini merupakan gabungan antara CPU dan GPU. Dalam arti dan kata lain processor APU terdapat pula proses grafis dari GPU sehingga keuntungan dari komponen yang satu ini kamu tidak perlu memberi GPU secara terpisah dan pastinya lebih efisien dan lebih mudah.

5. Floppy Disk Drive

Floppy Disk Drive Floppy Disk Drive atau biasa disingkat dengan FDD adalah sebuah perangkat keras atau hardware yang berfungsi untuk memutar atau membaca yang kemudian diterjemahkan dalam disket




Macam-Macam Komponen Perangkat Keras Simpanan (Storage).

1. Hard Disk Drive (HDD)

Hard Disk Drive (HDD)
Hard Disk Drive atau biasanya hanya disebut dengan Hard Disk adalah sebuah perangkat penyimpanan pada komputer. Jenisnya adalah sebagai penyimpanan sekunder. Secara umum jenis dari HDD ada tiga yaitu IDE (Integrated Drive Elekctronics), ATA (Advanced Technology Attachment), dan yang populer adalah SATA (Serial Advanced Technology Attachment). Pada perangkat komputer pemasangan dari jenis HDD tergantung pada jenis port yang ada pada motherboard.

2. Solid State Drive (SDD)

Solid State Drive (SDD)
Solid State Drive atau disingkat menjadi SSD adalah sebuah perkembangan dari HDD. Perbedaan mendasar dari SSD dan HDD adalah bentuk ukuran yang di desain lebih kecil dari HDD, dan pebedaan yang terpenting adalah kecepatan penyimpanan yang mempengaruhi jalannya sistem OS pada komputer. 
Perlu diketahui juga SSD juga lebih mahal dari SSD namun tidak memberikan penyimpanan yang luas. SSD biasanya hanya memberikan slod 500 GB maksimal sedangkan HDD bisa sampai Tera Byte.

3. Flashdisk

Flashdisk
Flashdisk juga berfungsi untuk penyimpanan. Namun sifatnya lebih fleksibel. Karena mudah di bawa kemana-kemana. Dan bisa mendukung segala jenis komputer yang didukung dengan port USB.





4. Magnetic Tape

Magnetic Tape
Magnetic Tape juga sebagai media penyimpanan pada komputer, namun sifatnya adalah fleksibel, bisa eksternal juga bisa internal. Namun media ini berfungsi untuk menyimpan data yang besar, dalam contoh adalah untuk menyimpan jenis file video-video yang berdurasi panjang

5. Floppy Disk

Floppy Disk
Floppy Disk atau sering kita sebut sebagai disket adalah sebuah perangkat keras yang berfungsi sebagai media penyimpanan. Namun Disket ini adalah perkembangan teknologi yang lama, sehingga pada teknologi sekarang ini disket sendiri sangat jarang atau bahkan sudah tidak di gunakan lagi. Karena kapasitas dan kecepatan yang relatif rendah.


6. Hardisk Eksternal

Hardisk Eksternal
Hardisk Eksternal adalah sebuah HDD yang di desain secara fleksibel agar penyimpanan bisa dibawa kemana-mana dan akan cocok pada semua jenis komputer yang didukung dengan port USB. Hardisk External muncul guna jika penyimpanan HDD pada komputer sudah terpenuhi dan media ini akan sangat berfungsi untuk media penyimpanan kedua tanpa harus bongkar pasang sebuah komputer.





Macam-Macam Komponen Perangkat Keras Keluaran (Output).

1. Monitor

Monitor Imac
Monitor adalah komponen utama dan yang terpenting dari macam-macam perangkat keras. Monitor adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menampilkan hasil dari beberapa pengolahan data atau pemrosesan data yang sudah dilakukan oleh process device dalam bentuk visual display . Jenis dari monitor terdiri dari dua yaitu Cathode Ray Tube (CTR) dan Liquid Crystal Display (LCD).


2. Printer

Printer Studio
Printer adalah perangkat keras komputer yang memiliki fungsi untuk mencetak hasil dari process device yang berupa teks, gambar dalam bentuk hard copy atau kertas. Pada perkembangan teknologi saat ini banyak jenis printer yang digunakan seperti, Printer Lasertjet, Inkjet, & Printer Dromatix. Intinya adalah printer digunakan untuk mencetak file dokumen dalam bentuk salinan hard copy.


3. Speaker

Speaker
Speaker adalah sebuah perangkat keras yang memiliki fungsi untuk mengeluarkan suara. Suara in dihasilkan dari proses sinyal elektrik menjadi frekuensi audio. Dalam sebuah komputer Sound Card akan mengubah file data dari komputer kemudian diterjemahkan ke frekuensi audio. Dalam speaker terdapat dua jenis yaitu speaker active & speaker passive.


4. LCD Proyektor

LCD Proyektor
LCD Projector adalah perangkat keras atau hardware yang mempunyai fungsi seperti hal nya Monitor namun dengan ukuran visual yang dapat diatur resolusinya. Cara kerja dari projector ini adalah mengirimkan visual dalam bentuk cahaya dari lampu halide logam lalu di pantulkan ke prisma bidang datar bewarna putih. Perangkat ini juga mmbutuhkan perangkat tambahan untuk menghubungkan dengan sebuah komputer yaitu HDMI atau VGA cable

Berikutnya adalah macam-macam komponen hardware atau perangkat komputer yang di rangkum berdasarkan proses masukan (input) dan tambahan (peripherals).

Halaman Selanjutnya >>