Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Materi PJOK Kelas 4 - Macam-Macam Senam Lantai Dengan Alat

Jangkit Berantai

Assalamualaikum Wr, Wb. - Salam Sejahtera dan Salam Budaya.

Sebelum kita belajar, alangkah baiknya ana-anak berdo'a terlebih dahulu. Semoga semua diberi kesehatan dan bisa belajar dengan tenang supaya mendapat ilmu yang berkah. Amiin.

Materi pada bab 4 untuk pelajaran PJOK atau Penjaskes khusunya pada kelas 4 adalah membahas tentang "Senam Lantai"

Bab ini akan menjelaskan tentang "Variasi dan Kombinasi Berbagai Pola Gerak dalam Aktivitas Senam Lantai Dengan Alat".

Pada Pertemuan pertama sudah dijelaskan Variasi dan Kombinasi Pola Gerak Tanpa Alat. Apa saja gerakannya ?
  • Sikap Lilin
    • Sikap Lilin adalah sikap menjaga kesimbangan dalam posisi seperti lilin.
  • Jangkit Berantai
    • Gerakan  ini dilakukan secara berkelompok dan melakukan gerakan variasi bertumpu/tolakan.
  • Kayang
    • Kayang adalah sikap badan telentang membusur, bertumpu pada kedua kaki dan tangan.
  • Kangkang Berpasangan
    • Gerakan ini berfungsi untuk melatih kesimbangan, kelenturan serta kekuatan tangan dan punggung
  • Sifat Pesawat Terbang
    • Sikap pesawat terbang merupakan bentuk variasi bertumpu dengan kombinasi kesimbangan tubuh.
Pada pertemuan kedua kali ini akan menjelaskan tentang Variasi dan Kombinasi Berbagai Pola Gerak dalam Aktivitas Senam Lantai Dengan Alat.

1. Melompati Rintangan

Bagaimana cara melakukan gerakan melompat rintangan? Pada gerakan ini, terdapat pola gerak, yaitu tolakan, melayang, dan mendarat. Contoh seperti gambar dibawah adalah gerakan melompati rintangan dengan gawang kecil.

2. Senam Dengan Tongkat

Kamu bersama temanmu bisa melakukan senam dengan tongkat. Siapkan tongkat sepanjang satu meter. Bagaimana gerakannya? Amatilah dan praktikkan gerakan seperti Gambar dibawah. Posisi awal, kedua kaki dibuka selebar bahu sebagai tumpuan. Bungkukkan badan, kedua tangan memegang tongkat. Ayunkan tongkat ke atas hingga melebihi tinggi dari kepala. Lakukan gerakan ini secara terus menerus dengan pelan-pelan.

3. Bergantung dengan Kombinasi Mengayun

Posisi awal, sikap berdiri tegak dan meloncat untuk memegang palang. Pegangan dapat menggunakan pegangan atas, pegangan bawah, atau pegangan campuran. Bergantung lurus dan kedua kaki terangkat dari tanah. Ayunkan kedua tungkai ke depan dan belakang hingga tubuh mengayun. Sebelum mendarat, kurangi ayunan secara perlahan. Posisi akhir, mendarat dengan kedua kaki. Lakukan dengan pelan-pelan dan utamakan keselamatan.



4. Variasi Pola Gerak Dominan Bertumpu, Tolakan, Berputar, dan Mendarat pada Guling ke Samping

Posisi awal, sikap jongkok sejajar dengan matras. Kedua tangan memegang lutut. Gulingkan badan ke arah kanan atau ke kiri. Jaga keseimbangan badan dan usahakan arah gulingan tetap lurus. Kembalilah tubuh ke posisi jongkok. Berdiri tegak dengan kedua tangan terangkat lurus ke atas. Posisi akhir, turunkan tangan ke samping badan.

5. Variasi Pola Gerak Bertumpu, Tolakan, Berputar, dan Mendarat pada Guling ke Depan.

Posisi awal, sikap membungkuk dan kedua tangan bertumpu pada matras. Lakukan tolakan badan ke depan. Saat badan berputar, luruskan kaki. Setelah berputar, lepaskan tangan. Lutut ditekuk dan pegang lutut. Akhiri dengan sikap jongkok, lalu berdiri tegak. Pandangan ke depan.



MANFAAT SENAM 

Jika kita sudah melakukan gerakan-gerakan senam dengan baik dan benar, maka ada juga manfaat bagi tubuh kita. Manfaatnya ada 3 yaitu;

1. Manfaat Fisik

  • Senam bermanfaat untuk mengembangkan komponen fisik dan kemampuan gerak. Senam bisa  memberikan perkembangan fisik yang seimbang.

2. Manfaat Bagi Perkembangan Diri

  • Kegiatan senam menyediakan banyak pengalaman. Dengan pengalamannya, anak mampu mengontrol tubuh dengan keyakinan dan keberhasilan tinggi. Pengalaman ini memungkinkan terbentuknya konsep diri yang positif.

3. Manfaat Mental dan Sosial

  • Ketika mengikuti program senam, anak dituntut berpikir sendiri tentang pengembangan keterampilannya. Melalui senam, kemampuan mental anak akan berkembang. sehingga mampu berinteraksi dengan lingkungan sosial yang ada disekitarnya

LATIHAN SOAL.

Jika sudah melihat materinya anak-anak bisa menjawab SOAL KUIS dan Mengisi ABSENSI pada tombol dibawah ini. 

ABSEN dan JAWAB SOAL KUIS

Terimakasih semoga bermanfaat dan selamat belajar. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".

Wassalamualaikum Wr.Wb - Sampai Jumpa


Sumber : 
Simamora, Berton Supriadi.2019. Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas IV SD/MI.Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.
Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.