Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Trik Penggunaan USB Flashdisk yang Jarang di Ketahui

Flash Drive


Stik USB atau yang selama ini kamu ketahui dengan nama Flashdisk adalah sebuah perangkat tambahan dari suatu komputer yang digunakan untuk menyimpan file-file dengan sangat fleksibel. Namun ternyata masih banyak lagi kegunaan yang dapat kamu lakukan dengan stik USB atau flashdisk ini.

Iya memang sudah sangat umum sekali manfaat flashdisk untuk menyimpan data-data atau file apapun yang kita miliki. Tetapi ada hal keren lainnya yang dapat kamu lakukan selain kegiatan menyimpan data.

Mungkin kamu pernah melihart di film-film kalau ada semacam benda kecil yang ditancapkan ke komputer dan bisa untuk mentransfer virus, atau mengunci sebuah kompter dan lain sebagainya. Ternyata benda kecil tersebut tak lain adalah sebuah flashdisk atau flash drive yang selama ini hanya kita gunakan untuk mencadangkan sebuah data.

Berikut adalah beberapa cara mengejutkan yang mungkin belum kamu ketahui bahwa si mungil flash disk ini bisa berbuat banyak.

Baca Juga : Cara Efektif Mengambil Data-Data Penting di Laptop yang Mati

1. Menggunakan FlashDisk untuk Mengunci / Membuaka Kunci PC Kamu

Apakah kamu ingin mengunci atau membuka kunci komputer kamu layaknya dengan sebuah kunci fisik ? Nah, kamu bisa menggunakan alat Predator secara gratis.

Predator adalah aplikasi yang bisa mengubah flashdisk USB menjadi perangkat untuk akses kunci laptop atau PC kamu. Ketika kamu meninggalkan Laptop atau PC kamu, saat kamu mencabut flasdisk maka laptop atau PC akan otomatis terkunci. Dan untuk membukanya kamu tinggal mencolokkan flashdisk kamu lagi. Layaknya membuka sebuah pintu rumah dengan kunci. Hehehehehe

Jika dalam Windows, kamu memberikan sebuah kata sandi, tapi dengan Predator kamu tidak perlu lagi memberikan password di laptop / PC.

Kamu bisa mengunduh PREDATOR For Windows disini

Flash Drive

2. Jalankan Aplikasi Portabel Di Mana dan Kapanpun

Apa itu aplikasi portabel ?. Nah, biasanya saat kita ingin mempunyai aplikasi di perangkat laptop/PC itu perlu dilakukan tindakan peng-instalan. Namun jika memiliki aplikasi portabel tidak perlu diinstal.

Aplikasi atau Game portabel ini bisa kamu salin kedalam flashdsik, laluu kamu bisa jalankan dari perangkat laptop/PC apapun yang sesuai. Aplikasi portabel ini biasanya sudah tersedia di PC 32-bit atau 64-bit.

Nah, ini bisa kamu jadikan solusi yang sangat berguna jika ingin menyimpan pilihan aplikasi didekat kamu untuk digunakan pada PC mana pun yang mungkin itu punya teman mu, saudaramu, pacarmu, pacar orang lain, dan lain sebagainya.

3. Install Hampir Semua Sistem Operasi

Jika kamu ingin install Sistem Operasi seperti Windows, biasanya menggunakan CD, namun kamu sekarang bisa melakukan penginstalan Windows dengan  sebuah flashdisk saja. Denfgan mengubahnya menjadi USB Bootable

Kamu tinggal mengunduh aplikasi Rufus. Caranya kamu simpan file windows kedalam flashdisk yang ektensinya .iso dan dengan syarat flash disk harus tidak ada file selain file windows. atau sebelum melakukan tindakan Rufus kamu format dulu dengan tipe formatting NTFS. Nah cara selanjutnya kamu cari disitus resminya https://rufus.ie/.

4. Tingkatkan Performa PC dengan ReadyBoost

Jika kamu memiliki HDD atau Hard Disk yang lambat di laptop / PC kamu, aplikasi ReadyBoost dapat membantu mempercepat. Pada saat kamu mengaktifkan ReadyBoost untuk sebuah drive, ini bertindak sebagai cache hard drivem menyimpan file-file yang sering digunakan. Jika lebih cepat membaca dari USB dariapadaHDD kamu, Windows akan membaca cache flashdisk sebagai gantinya.

Tetapi kamu tidak akan melihat banyak peningkatan kinerja, jika kamu memiliki drive bernilai 7200+ RPM. Dan ReadyBoost tidak akan berfungsi jika kamu mengguakan solid-state drive atau SDD pada PC kamu. karena cache akan lebih lambat daripada SSD kamu.

Untuk mengaktifkan ReadyBoost, klik kanan stik USB di Windows Explorer, pilih Properties, dan gunakan opsi pada tab ReadyBoost. Windows hanya akan memungkinkan Anda mengaktifkan ReadyBoost jika stik USB Anda cukup cepat, jadi Anda mungkin melihat opsi ini berwarna abu-abu untuk beberapa perangkat. ReadyBoost juga membutuhkan flash drive dengan setidaknya 256 MB ruang kosong.

Baca Juga : 18+ Macam-Macam Komponen Perangkat Keras (Hardware)

5. Menginstall Webserver

Jika kamu adalah seorang web developer, memiliki web server yang bisa dibawa kemanapun adalah hal yang sangat baik. Kamu akan sangat terbantu bisa melakukan demo, presentasi di laptop / PC manapun tanpa harus menginstall lagi.

Caranya kamu install server2go pada flashdisk. Karena pada dasarnya USB flash drive bisa digunakan untuk web server portable. Kamu juga bisa mengunduh server2go disini



Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.