Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Efektif Mengambil Data-Data Penting di Laptop yang Mati

 Assalamalaikum Wr.Wb - Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Sebagain orang pasti pernah mengalami kejadian yang tak terduga dan tak pernah diduga. Salah satunya adalah kejadian disaat mengalami masalah pada laptop atau PC yang dimilikinya tiba-tiba rusak bahkan sampai mati total tidak bisa dihidupkan.

Sebenarnya itupun hanya sebagian masalah diatas masalah yang lebih penting. Apakah itu ? Masalahnya adalah ketika kamu sedang bekerja dan di dalam laptop yang rusak tak terduga itu terdapat data-data pekerjaan yang sangat penting dan sedang kamu butuhkan. Sehingga mau tidak mau harus berfikir keras bagaimana cara mengatasi dan mengambil data-data tersebut ?.

Dalam arti lain, ketika data-data tersebut bisa diambil dan diselamatkan mungkin kamu akan merasa lega meskipun kondisi laptop atau PC kamu rusak. Paling tidak, kamu bisa menyelematkan file-file seperti file pekerjaan, memori kenangan yang indah ketika masih bisa tertawa, bersedih dan lain sebagainya.

Nah, oleh karena itu janganlah kamu panik karena masalah itu. Artikel ini akan berusaha memberikan cara-cara yang efektif untuk mengambil data pada laptop yang rusak. Setidaknya hingga laptop atau PC itu bisa hidup kembali normal seperti biasanya. Yuk kita lanjut dan bahas sampai tuntas.

Cara-Cara Efektif Mengambil Data Penting dari Laptop Rusak

1. Ambil Hardisk (HDD) atau Solid-state Drive (SSD)

Hardisk Internal

Jika laptop atau PC kamu benar-benar rusak atau mati total, kamu bisa bongkar laptop mu sendiri atau bawa ke tukang service laptop terdekat. Kemudian kamu ambil perangkat keras yang dinamakan Hardisk (HDD) atau jika laptop kamu menggunakan SSD kamu juga bisa ambil atau copot.

Kemudian kamu pasang di laptop atau PC yang lain. Dengan catatan HDD kamu masih bisa berjalan OS nya sebelum laptop itu mati. Apabila OS nya tidak berjalan kamu bisa melakukan install ulang terlebih dahulu.

2. Ambil Data dengan Alat Bantu Converter.

Casing Hardisk Internal

Pada cara ini akan lebih efekttif dengn cara sebelumnya yang harus memindahkan HDD atau SDD ke dalam laptop atau PC yang lain. Cara ini adalah dengan menggunakan Converter atau Casing Hardisk External. 

Konsep kerjanya adalah casing ini akan menjadikan atau mengkonversi Hardisk Internal yang terpasang di laptop atau PC kamu menjadikan Hardisk External. Caranya cukup mudah, kamu tinggal masukkan ke casing external ini dan casing ini juga sudah menggunakan port USB, sehingga bisa menguhubungkan ke laptop lain dengan sangat mudah.

Baca Juga : Macam-Macam Komponen Perangkat Keras Komputer Terbaru

Tetapi kekurangan dari metode ini, apabila Hardisk kamu yang terpasang di laptop atau PC ini bertipe ATA, maka akan sulit untuk mencari casing nya. Karena yang terjual sepengetahuan ku hanya bertipe SATA yang dijual dengan harga mulai 50 ribu. 

3. Cara Jika kamu terlalu Panik dan Tidak ada waktu.

Motherboard

Dalam cara ini adalah cara terakhir dan cara jika kamu benar-benar tidak bisa dan tidak ada waktu untuk melakukan cara-cara diatas. Ada dua cara yang diantaranya lebih tepat yaitu ;

Cara pertama, kamu bisa meminta bantuan teman atau orang terdekatmu yang lebih paham dan mahir mengenai bongkar membongkar laptop atau PC. Dan jika kamu tidak mau mengambil resiko kamu bisa melakukan cara berikutnya,

Cara Kedua, kamu bisa membawanya ke Tukang service laptop yang terpercaya. Hal ini juga akan menghemat waktumu dan terbebas dari resiko kerusakan lainnya.

Nah, itulah beberapa cara efektif untuk mengambil data-data yang penting jika laptop atau PC kamu sedang rusak atau mati, dan kamu sangat membutuhkan data-data tersebut. Sekian terimakasih dan semoga bermanfaat, serrta semoga bisa memberikan kamu pengalaman yang edukasi. Satu kata terkahir "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur"

Wassalamualaikum Wr.Wb - See You Later

Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.