Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

PJOK SD/MI - Variasi Dan Kombinasi Gerak Dalam Permainan Sepak Bola

Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Materi PJOK yang akan dibahas kali ini adalah sebuah Variasi dan Kombinasi Gerak Dalam Permainan Bola Besar. Namun sudah kah kamu mengetahui apa itu permainan bola besar. Nah, permainan bola besar yang dimaksud merupakan permainan yang sudah sering kita temui seperti, Sepak Bola, Bola Voli, Bola atau Bola Basket.

Ada apa dengan permainan bola besar ?

Dalam permainan bola besar terdapat gerak dasar lokomotor, nonlokomotor dan manipulatif. Nah, sebelum kita lebih lanjut belajar mengenai kombinasi gerak dasar tersebut. Alangkah baiknya kita berdo'a terlebih dahulu, "semoga semua selalu diberi kesehatan dan bisa belajar dengan sungguh-sungguh agar ilmunya lebih berkah. Aamiiin" .

A. Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Sepak Bola

Apa itu sepak bola ?. Sepak bola merupakan cabang olahraga yang memiliki peminat besar di dunia. Nah, dalam sepak bola sendiri pertama dimainkan pada abad ke-2 dan ke-3 sebelum masehi di Tiongkok dengan permainan menendang bola kulit ke jaring kulit. Pada tahun 1904 federasi tertinggi sepak bola mulai didirikan di Inggris yang bernama FIFA (Federation International Football Assosiacion).

Dalam permainan sepak bola terdiri dari sebelas orang yang bermain di lapangan.Setiap tim akan bekerja sama mengalahkan tim lawan dengan menciptakan gol sebanyak-banyaknya. Lapangan sepak bola sendiri memiliki panjang 100 meter dan lebar 65-75 meter. Terdapat area gawang yang berupa persegi empat berukuran dengan lebar 7.32 meter dan tinggi 2.44 meter. Kemudian titik pinalti berjarak 16.5 meter. (Sumber : Wikipedia).
 
Sebelum mempraktikkan variasi dan kombinasi gerak dasar dalam permainan sepak bola, kerjakan kegiatan berikut.

1. Gerak Dasar Lokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif pada Permainan Sepak Bola

Contoh variasi gerak dasar lokomotor dengan kombinasi gerak dasar manipulatif dalam sepak bola, yaitu berjalan dan berlari dengan menendang bola.
 
a. Berjalan dan Berlari dengan Menendang Bola
 
Gambar dibawah ini menunjukkan variasi berjalan dan berlari dengan menendang bola. Gerakan menendang bola untuk mengoper atau mengumpan kepada teman. Gerak menendang bola dapat dilakukan menggunakan kaki bagian dalam, kaki bagian luar, atau kura-kura (punggung) kaki. 
 
 
Menendang Bola
 
b. Berlari dan Melompat Menendang Bola
 
Gambar dibawah ini, menunjukkan variasi berlari dan melompat dengan menendang bola yang melambung. Gerak dasar ini untuk menendang bola ke arah gawang. Kegiatan ini dapat dilakukan bersama teman. Mintalah temanmu menendang bola ke arahmu. Kamu berlari dan melompat menyambut bola. Pada saat bola berada di depanmu, lakukan tendangan dengan punggung kaki. Arahkan tendanganmu gawang

Latihan Tendang Bola

c. Berlari dan Berlari dengan Menggiring Bola
 
Gambar dibawah ini,  menunjukkan aktivitas variasi berjalan dan berlari dengan menggiring bola melewati rintangan. Penggunaan rintangan untuk meningkatkan kelincahan dan keterampilan menggiring bola.
 
Menggiring Bola
 
d. Berlari dan Melompat dengan Menyundul Bola
 
Kamu dapat mengetahui variasi berlari dan melompat dengan kombinasi menyundul bola. Gerakan ini diawali dengan berlari, kemudian melompat menyambut datangnya bola. Saat bola di depan atas kepala, lakukan gerakan menyundul bola. Usahakan bola menyentuh kening dan dahimu. pada kening atau dahi.
Menyundul Bola
 
Dengan ini kamu sudah belajar variasi gerakan Lokomotor dan Gerakan Manipulatif.

2. Gerak Dasar Non-Lokomotor dengan Kombinasi Gerak Dasar Manipulatif pada Permainan Sepak Bola

a.Menghentikan bola dengan Menekuk dan Menarik Kaki

Kegiatan ini menunjukkan variasi gerak dasar nonlokomotor (menekuk dan menarik kaki) dengan kombinasi Kegiatan ini menunjukkan variasi gerak dasar nonlokomotor (menekuk dan menarik kaki) dengan kombinasi
 
Menghentikan Bola
 
b. Berdiri dan Meliukkan Badan dengan Menghentikan Bola Menggunakan Dada
 
Tata cara melakukan gerakan ini perlu diamati, Pada saat bola datang secara melambung mendekati tubuh. Selanjutnya, liukkan badan ke belakang saat bola mengenai dada. Berdiri dengan membuka kaki untuk mempertahankan keseimbangan tubuh. 
 
Kontrol Bola

3. Variasi Gerak Dasar Manipulatif dengan Kombinasi Gerak Dasar Nonlokomotor dalam Permainan Sepak Bola

Bagaimana bentuk variasi gerak dasar manipulatif dengan kombinasi gerak dasar nonlokomotor dalam permainan sepak bola ? Variasi dan kombinasi gerak dasar tersebut tampak dalam gerakan melempar bola dengan berdiri dan meliukkan badan. Dalam sepak bola, lemparan bola ke dalam (throw in) terjadi ketika bola keluar dari daerah sisi lapangan.
 
Melempar Bola

 

Untuk mempraktikkan gerakan tersebutnya, Awalnya, posisi berdiri dan kedua tangan memegang bola ke atas melewati kepala. Arahkan pandanganmu kepada teman satu tim yang akanmenerima bola. Liukkan badan ke belakang. Kemudian, dorong badan ke depan diikuti ayunan lengan. Saat melempar, kedua kaki menapak di lapangan. Lakukan kegiatan ini dengan semangat dan percaya diri.

A. Variasi dan Kombinasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif dalam Permainan Bola Voli.

Bagaimana variasi dan kombinasi gerak dasar permainan bola voli? Dalam permainan bola voli, bagian tubuh yang paling dominan digunakan adalah lengan. Sebelum membahas variasi dan kombinasi gerak dasar permainan bola voli, lakukan kegiatan berikut.

 
 

Sumber Referensi : 

Simamora, Berton Supriadi.2019. Aktif Berolahraga: Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan Kelas V SD/MI.Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemendikbud.

Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.