Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Untung Besar : Cara Jualan di Instagram dengan Teknik Scraper

Instagram Scraper

Assalamualaikum Wr.Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Scraper adalah salah satu metode untuk mengumpulkan informasi yang bisa berguna untuk strategi bisnis digital marketing kita. Salah satu metode yang sering kita jumpai adalah Web Scraping.

Web Scraping adalah mengumpulkan berbagai informasi sebuah website yang memiliki banyak sekali data dengan jumlah besar seperti detail dan harga produk, kontak perusahan, lokasi peusahaan, apa yang sedang banyak dicari di pencarian dan masih banyak lagi.

Cara Kerja Web Scraper

Cara kerja dari web scraper ini dimulai dengan memasukkan alamat URL untuk dilakukan scraping. Kemudian akan memuat seluruh script HTML untuk halaman tersebut. Setelah itu scraper akan mulai mengeluarkan data-data pada halaman atau data tertentu yang dipilih oleh pengguna. Misalnya, kita ingin mengetahui data produk dan harganya yang ada disuatu halaman marketplace atau e-commerce. Maka kita bisa mimilih data yang spesifik itu saja.

Proses web scraper ini bisa dilakukan secara manual atau menggunakan sebuah tools atau software yang akan melakukan scara otomatis dan lebih cepat.

Manfaat Scraper

 Dengan melakukan Scraper pada sebuah website kamu akan menemukan beberapa manfaat yang diperoleh, diantaranya adalah :
  • Memantau Harga

    • Misalnya kamu memiliki bisnis yang menjual makanan, tentunya kamu harus selalu tahu mengenai rentang harga makanan yang serupa di pasaran digital.

  • Mencari informasi dari perusahaan lain

    • Hal ini bisa berguna untuk mencari tahu apakah perusahaan tersebut memang benar-benar dapat dipercaya dan layak dijadikan rekan bisnis. 

  • Riset Pasar

    • Dengan melakukan riset atau observasi pada sebuah pasar kamu bisa menganalisis dan menjadikan pedoman untuk membuat produk yang sesuai dengan target pasar,

  •  Memantau berita dan konten

    • Kamu bisa terus memantau sebuah berita yang sedang trending atau konten yang sedang trending atau paling tidak yang sering dikunjungi. Maka kamu bisa menjadikan sebuah target baru untuk bisnis yang sedang kamu jalankan.
Nah, setelah mengetahui dasar-dasar tentang scraping. Maka kamu dapat meningkatkan penjualan kamu dengan cepat dan raih keuntungan yang besar. Namun, bisakah kita melakukan teknik scraping saat berjualan di Instagram ?.

Tentu bisa dong, Kamu juga bisa melakukan teknik scraper di Instagram dengan mengumpulkan berdasarkan Hastag / Tagar (#), Mengekstrak orang-orang yang menyukai atau mengikuti kegiatan kamu, dan mengekstrak orang-orang yang kamu ikuti.

Dalam arti lain, kamu harus melakukan scraper atau mengumpulkan sebuah database atau data karena ini adalah kunci dari keberhasilan setiap penjulan online, dengan data para calon pembeli yang potensial, dan memiliki ketertarikan tinggi pada penjualan kamu akan naik secara drastis.

Teknik scraper pada Instagram ini konsepnya juga tidak terlalu jauh dari web scraping. Di Instagram kamu bisa mengumpulkan konten-konten apa yang sekiranya sedang banyak ditampilkan dan mengetahui aktivitas-aktivitas orang yang mengikutimu dan orang yang kamu ikuti sekaligus. Kemudian lakukanlah analisis sehinggan kamu dengan mudah untuk mendapatkan propek target dan mengoptimalkan penjualan kamu tanpa menghabiskan waktu. 

Nah, kamu bisa melakukan scraper di Instagram secara manual dan bisa melakukan secara otomatis, seperti menggunakan sebuah aplikasi berbasis dekstop dengan INSTASCRAPE.

Dengan INSTASCRAPE kamu akan mendapatkan keuntungan yang meliputi
  • Mudah untuk menemukan Niche yang menguntungkan di Instagram
  • Membangun nama dan alamat Email atau nomor telepon dari instagram
  • Mudah menemukan prospek bertarget berdasarkan penccarian kata kunci
  • Mudah mendapatkan semua daftar Follower, Following dari kompetitor
  • Tidak ada biaya bulanan seperti halnya menggunakan Instagram Ads.

Nah, dengan daftar-daftar anggota ini kamu juga bisa menambahkan ke daftar pemirsa khusus Facebook atau menargetkan mereka dengan metode promosi asli seperti E-mail atau whatsapp

Instagram Scraper

Kamu Bisa Mengukir Untung Besar ! 

 
Carilah dan tetapkan target persona kamu, kemudian cari tahu siapa kompetitor atau yang relevan dengan niche, setelah itu lakukanlah InstaScrape dan nantinya kamu akan mendapatkan informasi yang berguna untuk promosi dengan penargrtan pasar yang tepat sasaran.

Sekian terimakasih, dan semoga kamu bisa menemukan apa yang sedang kamu cari. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia dalam Tautan Rasa Syukur"
Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.