Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

UEFA Euro 2020 : Prediksi Portugal vs Prancis, 24 Juni 2021

 

Portugal vs France

Pertandingan penentu pada Grup F untuk menentukan siapakah yang akan lolos fase grup pada ajang UEFA EURO 2020 ini akan menyajikan pertandingan antara Portugal melawan Perancis. Pertandingan yang digelar di Stadion Ferenc Puskas, Budapest yang akan diselenggarakan pada 24 Juni 2021 pukul 02.00 WIB dini hari ini akan menjadi penentu yang menarik.
 
Pasalnya, Timnas yang dikapteni oleh Cristiano Ronaldo itu usai ditekuk oleh Jerman dengan skor yang memalukan yaitu 4-2 pada Sabtu 19 Juni 2021, dan ha tersebut membuat Timnas Portugal duduk di peringkat 3 klasemen grup F dengan poin yang sama dengan Jerman namun kalah head-to-head. Disamping itu Perancis juga berhasil ditahan imbang oleh pasukan dari Hungaria 1-1. Sebagai pemuncak klasemen Perancis berhasil mengoleksi 4 Poin.

Untuk memastikan lolos fase grup, Portugal dituntut untuk memenangkan pertandingan kontra Perancis nanti. Namun, Perancis sendiri nyatanya dengan hasil minimal harus menahan imbang Portugal untuk memastikan lolos fase grup.
 
Sedikit informasi, dalam dua pertemuan terakhir Portugal vs Perancis, secara statistik portugal belum bisa menang melawan perancis, dan hanya bisa menahan Imbang dengan Portugal yang berstatus Kandang kala itu.
 
Daripada kita jauh-jauh menghayal siapakah yang akan menang nanti, maka kita akan lakukan Prediksi pertandingannya. Tetapi, akan sedikit berbeda dengan metode-metode prediksi pada umumnya.


Metode prediksi yang akan digunakan kali ini juga akan berbeda dengan metode prediksi sebelumnya antara Perancis vs Jerman kemarin, yang menggunakan sebuah Algoritma Naive Bayes. Pada prediksi Portugal vs Perancis ini akan dilakukan menggunakan Algoritma k-NN, dimana ini adalah sebuah algoritma bagian dari metode Data Science atau Machine Learning.

Baca Juga : Analisis dan Pembahasan Lengkap Algoritma k-NN (k-Nearest Neighbor)

Prediksi Portugal vs Perancis Menggunakan Algoritma k-NN

Tahapan Pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan berbagai data dari dua Timnas tersebut. Datanya adalah Statistik 13 Pertandingan Sebelumnya yang memiliki atribut Jumlah tendangan, tendangan kearah gawang, penguasaan bola, jumlah operan, akurasi operan, jumlah pelanggaran, kartu kuning dan jumlah tendangan sudut. Dan berikut gambaran datanya yang bersumber dari Google Statistik UEFA EURO.

Data Portugal vs Perancis


Tahap Kedua, adalah melakukan teknik Normalisasi Data dengan menggantikan semua data menjadi range interval antara 0-1.

Normalisasi k-NN


Tahap Ketiga, merupakan pengumpulan data testing yang akan digunakan untuk memprediksi pertandingan tersebut. Data yang diambil adalah

  • Rata-rata data kemenangan Perancis
  • Rata-rata data kemenagan Portugal
  • Rata-rata data kemenangan kedua tim
  • Rata-rata data dengan hasil Imbang kedua Tim
  • Rata-rata data kekalahan dari kedua Tim

Tes Dataset

Tahap Keempat, adalah menghitung Euclidean Distance atau Jarak dari Data Normalisasi pada tahap kedua dan tahap ketiga. 

Euclidean Distance

Tahap Kelima, adalah menentukan nilai k, atau nilai terkecil dari data Euclidean Distance. Yang kemudian dicarilah nilai atau hasil yang terbanyak antara Perancis dan Portugal.

Algoritma k-NN in Excel

 

Tahap Terakhir, adalah Hasil Prediksinya.

Hasil Akhir Prediksi

Dengan metode dan tahap-tahap prediksi menggunakan algoritma k-NN dengan mengambil nilai k sebanyak 5 nilai terkecil maka. Data Tes Menang didominasi oleh Timnas Perancis, dimana perbandingannya 4:1, Sedangkan Data Tes Imbang perbandingan Perancis dan Portugal adalah 3:2, Dan Data Tes Kekalahan lebih banyak Portugal dengan perbandingan 0:5.
 
Dataset

Apabila dengan mengambil nilai k sebanyak 7 nilai terkecil maka. Data Tes Menang didominasi oleh Timnas Perancis, dimana perbandingannya 5:2, Sedangkan Data Tes Imbang perbandingan Perancis dan Portugal adalah 3:4, Dan Data Tes Kekalahan lebih banyak Portugal dengan perbandingan 1:6.
 
Test Data
 
Jika dengan mengambil nilai k sebanyak 9 nilai terkecil maka. Data Tes Menang didominasi oleh Timnas Perancis, dimana perbandingannya 6:3, Sedangkan Data Tes Imbang perbandingan Perancis dan Portugal adalah 3:6, Dan Data Tes Kekalahan lebih banyak Portugal dengan perbandingan 3:6.
 
Data Testing
 
Dengan 3 tahapan pengujian tersebut dimana mengambil 5, 7 dan 9 nilai terkecil, untuk Kemenangan didominasi oleh Timnas PRANCIS, dan Kekalahan didominasi oleh Timnas PORTUGAL, sedangkan untuk hasil Imbang perbandinganya tidak terlalu Jauh namun ada kemungkinan pertandingan berakhir Imbang.
 
Namun, perlu diketahui juga, prediksi diatas hanya mengandalkan data statistik pertandingan. Sedangkan untuk skor pertandingan masih belum ditentukan. Serta untuk akurasi prediksinya juga masih jauh dari tepat, karena tidak terdapat data kondisi performa pemain dari masing-masing tim.
 
Sekian semoga bermanfaat, dan bisa menemukan apa yang kamu cari. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur".
Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.