Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Jerman Bisa Menang ? Berikut Prediksi Perancis vs Jerman Rabu 16 Juni 2021

 
France vs Germany

Grup neraka pada ajang piala eropa atau biasa disebut Euro khusunya pada grup F dihuni oleh tum Hungaria, Portugal, Prancis dan Jerman. Dan yang paling dinantikan pada minggu ini adalah pertandingan antara Perancis vs Jerman Rabu 16 Juni 2021 dini hari nanti.

 
Sedikit informasi Perancis dan Jerman ini merupakan negera pemenang Piala Dunia dalam dua edisi terakhir, dan kedua Timnas antara Perancis dan Jerman kerap bertemu dalam gelaran piala eropa.Nah, pada Euro 2016 lalu, baik Perancis dan Jerman saling sikut pada babak semifinal, alhasil Perancis menang dengan skor 2-0 berkat dua gol dari Griezman.
 
Pada pertemuan lusa ini, akan sangat sulit menentukan siapakah yang akan memangkan pertandingan karena ada sedikit dampak dari peforma pemain akibar adanya virus yang bisa berdampak buruk.
 
Namun, Jika melihat rekor 13 kali pertemuan dari kedua negara tersebut, maka Timnas Perancislah mendominasi rekor kemenangan.
 
Nah, sedikit berbeda, kali ini akan dilakukanlah suatu metode prediksi untuk melihat siapakah yang akan memenangkan pertandingan tersebut.
 
Metode prediksi yang digunakan adalah dengan metode dari Data Science dengan algoritma Naive Bayes.
 

Prediksi Menggunakan Algoritma Naive Bayes

Tahap pertama yang dilakukan adalah mengumpulkan data statistik dari kedua Timnas tersebut dari 11 pertandingan sebelumnya yang telah dilaluinya.
 
Data statistik tersebut berupa Jumlah tendangan, tendangan kearah gawang, penguasaan bola, jumlah operan, akurasi operan, pelanggaran, kartu kuning dan jumlah tendangan sudut. Dan berikut datanya.
 
Statistik Perancis vs Jerman
 
Tahap kedua adalah menghitung dan menentukan nilai standar deviasi dan mean dari data keseluruhan dari statistik kedua Tim. Dan dan dibawah ini adalah hasilnya.
 
Naive Bayes Numerik

Tahap Ketiga adalah perhitungan nilai probabilitas atau nilai peluang dari Dua Negara tersebut juga menentukan nilai probabilita dari atribut Menang, Imbang dan Kalah. Yang hasilnya bisa kamu lihat dibawah ini
 
Probabilitas Naive Bayes
 

Tahap Akhir Prediksi.

Pada tahap ini, yang dilakukan selanjutnya adalah mencari nilai rata-rata dari 3 metode berbeda, dan yang pertama adalah

  • Mencari nilai rata-rata statistik dari kemenangan Jerman
  • Mencari nilai rata-rata statistik dari kemenangan Perancis
  • Mencari nilai rata-rata statistik dari kemenangan kedua Timnas

Baca Juga : Cara mendapat Gaji yang Rutin di Youtube

Tahap selanjutnya adalah mencari nilai tertinggi dari 3 data diatas dengan menggunakan Fungsi Gaussian dimana akan memberikan nilai dengan mengkalkulasi kumpulan nilai dari tahap-tahap awal yang sudah dijelaskan diatas tadi. Dan berikut nilai dari 3 Data tes tersebut.
 
Dataset Data Test
 
Dari nilai tersebut, data 1 menunjukkan nilai Jerman yang tertinggi, data 2 menunjukkan nilai Perancis tertinggi dan data 3 yang terakhir adalah nilai Jerman yang tertinggi.
 
Fungsi Gaussian Naive Bayes

Kesimpulan Prediksi

Dengan metode dan tahap-tahap prediksi diatas maka bisa disimpulkan bahwa JERMAN lah yang akan memenangkan pertandingan melawan perancis Rabu dini hari nanti dengan statistik data sebagai berikut

  • Jumlah Tendangan = 16
  • Tendangan kearah gawang = 7
  • Penguasaan Bola = 61 %
  • Jumlah Operan = 759
  • Akurasi Operan = 88
  • Pelanggran = 12
  • Kartu Kuning = 1
  • Offside = 2
  • Tendangan sudut = 6
Namun, perlu dikethaui juga data diatas adalah prediksi berdasarkan statistik pertandingan, untuk skor kemenangan masih belum ditentukan. Dan untuk akurasi prediksi diatas masih jauh dari tepat, karena data-data yang dikumpulkan selang pertandingan dari level negara atau Timnas cukup jauh. Serta kondisi performa pemain dari masing-masing tim juga perlu dipertimbangkan.
 

Sekian semoga bermanfaat, dan kamu bisa menemukan apa yang kamu cari.
Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.