Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menentukan Algoritma Klasifikasi Terbaik Dalam Data Mining

Assalamualaikum wr wb - Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Dalam sebuah pembelajaran mesin khususnya pada teknik data mining ada berbagai metode antara klasifikasi, klustering dan asosiasi serta berbagai dan sebagainya. Kamu bisa cek lebih lengkap di bawah ini

Baca Juga : Pengertian dan Tahap-Tahap Dalam Teknik Data Mining

Dalam sebuah penelitian yang akan memanfaatkan sebuah teknik machine learning khususnya dengan metode klasifikasi kita harus mendapatkan model Algoritma yang cocok dengan nilai peforma yang tinggi. Nah, dalam kasus ini kebanyak kita bingung untuk memilih Algoritma apa yang terbaik. Apakah Naive Bayes, Decision Tree atau kah algoritma SVM.

Salah satu hal yang bisa dilakukan dengan mudah saat ini adalah dengan menggunakan aplikasi RapidMiner Studio yang hingga sekarang terus mengembangkan sampai ke versi 9. Pada artikel saya sebelumnya, sudah ada tentang berbagai cara menggunakan beberapa algoritma menggunakan aplikasi RapidMiner, dan untuk cara mengoptimasi atau mencari dua algoritma terbaik yang dilakukan secara bersamaan juga di artikel yang bisa kamu lihat dbawah ini :

Baca Juga :Cara optimasi dua model algoritma di Rapidminier Studio

Namun sebenarnya cara diatas masih tergolong cara manual, lantas adakah cara yang lebih cepat dan lebih akurat ? Tentu saja Rapidminer Studio juga memberikan sebuah fitur yang layak untuk dicoba, yaitu menggunakan fitur Auto Model.

Tapi dengan menggunakan fitur ini, kamu diharuskan membeli lisensi preium terlebih dahulu. Nah, jika kamu masih tergolong tingkat student atau Mahasiswa, maka kamu jangan khawatir, Masih ada jalan untuk menggunakan fitur Auto Model ini, yaitu kamu cukup menjalan kan lisensi Free Trial selama 30 Hari. Dan mungkin ini akan cukup waktu untuk kamu yang masih belajar.

Setelah kamu berhasil menjalakan dengan mode Free Trial  kamu buka aplikasi Rapidminer dan ikuti langkah-langkah dibawah ini :

Tutorial Menggunakan Fitur Auto Model Rapidminer

Tahap Pertama, yang harus kamu lakukan adalah kamu harus memahai tentang dataset dan jenis-jenis dataset mana yang tergolong klasfikasi dan mana yang tergolong klastering.

Setelah berhasil memahami kamu Impor set data yang kamu miliki kedalam Local Repository RapidMiner dengan menyimak artikel dibawah ini

Baca Juga : Cara Mengimpor Data kedalam Repository RapidMiner 

Tahap Kedua, kamu buka fitur Auto Model yanga ada pada menu dibagian atas halaman lembar Process pada label buttons Views.

Tahap Ketiga, Kamu Load Data yang sudah tersimpan pada local repository kemudian kamu pilih dan klik Next.

Auto Model Rapidminer Tutorial

Tahap Ketiga, Kamu pilih menu Predict kemudian kamu klik kolom pada tabel yang mana adalah kolom bagian atribut tupel atau kelasnya. Setelah itu kamu klik Next.

Auto Model Rapidminer Tutorial

Tahap Keempat, kamu tentukan tipe model algoritma yang mau di optimasi atau dicari nilai perbandingan peformanya pada bagian Model Types. Atau kamu bisa mengaktifkan semua algoritma yang telah tersedia dibawahnya. Setelah itu kamu klik RUN.

Auto Model Rapidminer Tutorial

Tahap Kelima, Pada tahap ini akan ditampilan beberapa hasil yang sudah dilakukan auto model dan kamu juga bisa menentukan hasil nilai peforma apa yang akan ditampilkan dalam hal ini ada seperti Accuracy, Classification Errors, Precision, Recall, AUC dan lain sebagainya.

Auto Model

Dengan menggunakan dan memanfaatkan fitur Auto Model ini maka kamu tidak perlu susah-susah untuk mencari Model Algoritma apa yang memiliki Nilai Performa yang Terbaik, dan kemudian kamu bisa memilih Algoritma Tersebut kemudai dimasukkan dalam studi penelitian kamu. Selain itu kamu juga lebih menghemat waktumu.

Terimakasih, semoga bermanfaaat dan kamu bisa menemukan apa yang kamu cari. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bersyukur"

Wassalamualaikum Wr.Wb , See You



 

Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.