Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah, Aplikasi Yang Sering Digunakan untuk Data Analis

Assalamualaikum wr.wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Data analis adalah sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menganalisis data agar mendapatkan sebuah keputusan yang digunakan untuk di masa mendatang. Dalam era digitalisasi ini, banyak sekali data yang dihasilkan dari setiap perilaku atau aktivitas manusia yang terekam secara digital dalam sebuah jaringan.

Untuk memperoleh informasi dan insight dari data-data tersebut, perlu untuk mengolah data itu terlebih dahulu. Hal ini akan menjadikan sebuah data yang matang. Untuk mengolah data yang sangat banyak tidak bisa dilakukan secara manual, karena akan memakan banyak waktu sehingga akan memperkecil kinerja atau pekerjaan kamu. Keuntungan jika menggunakan tools atau aplikasi pengolah data, maka kita akan mendapatkan hasil yang akurat dalam waktu yang cepat.

Baca Juga : Cara Menghitung Analisis Regresi Linear di Excel

Untuk mengembangkan wawasan digital yang bertujuan mencapai kesuksesan, data akan menjadi sektor yang sangat penting. Banyaknya data dan waktu yang terbatas membuat kita menyadari pentingnya cara mengumpulkan, mengatur, menentukan dan memahami semua informasi yang berpotensi meningkatkan bisnis. Maka menggunakan aplikasi akan mempermudah untuk meningkatkan bisnis. Namun sebelum itu kamu juga harus mengetahui tentang arti data, metode dan teknik analisis.

Pada era serba teknologi ini, para developer yang mengembangkan tools pengolah data dengan fitur-fitur canggih yang bisa digunakan oleh user bahkan juga dengan user interface yang bagus ini akan sangat membantu untuk meningkatkan bisnis kamu berdasarkan data yang kamu miliki.

Yuk, kita pelajari apa saja aplikasi atau tools yang bisa digunakan untuk analis data.

1. Microsoft Excel

Kamu mungkin tak akan asing dengan nama microsoft excel. Aplikasi yang terus dikembangkan oleh microsoft corporation ini merupakan aplikasi khusus untuk pengolahan data. Seiring dengan berjalannya. 

Data Analis

2. RapidMiner Studio

Adalah sebuah aplikasi atau Sofware peragkat lunak yang berfungsi sebagai alat pembelajan pada ilmu data mining. platfrom  dikembangkan oleh suatu perusahaan yang bertujuan untuk bisnis komersial, penelitian, pendidikan, pelatihan, serta semua langkah dalam pembelajaran yang menyangkut pada suatu data yang besar.

Rapidminer Studio

3. R Studio

R adalah sebuah bahasa pemrograman khusus untuk statistik dan komputasi grafik. Kelebihan dari R adalah syntac yang ringkas dan kemudahan untuk menghasilkan plot berkualitas yang bisa dipakai publikasi termasuk simbol dan rumus matematika.

R biasa digunakan untuk keperluan uji statistik, pomodelan linier dan nonlinier, analisis deret waktu, klasifikasi dan lain sebagainya.

R Studio

4. Google Data Studio

 Google Data Studio memudahkan kita mendapatkan data dari berbagai sumber tanpa pemrograman. Anda bisa terhubung pada sumber dataset seperti :

  • Google Marketing Platform, termasuk Google Ads, Analytics, Display & Video 360, Search Ads 360.
  •  Produk konsumen Google, seperti Sheets, YouTube, dan Search Console.
  • Database, termasuk BigQuery, MySQL, and PostgreSQL.
  • Upload CSV file dan Google Cloud Storage.
  • Media sosial seperti Facebook, Reddit, and Twitter.
Google Data Studio

5. Kaggle

Buat kalian yang mau cari dataset untuk latihan dan buat portofolio data, Kaggle jadi tempat yang tepat. Kaggle adalah anak perusahaan dari Google LLC sebagai wadah berkumpulnya praktisi data dan pembelajaran mesin. Kaggle membantu kita untuk menemukan kumpulan data, diskusi dengan data analis lain, kursus data, dan ada juga kompetisi berhadiah puluhan ribu dollar. 

Kaggle

6. Phyton

Python pertama kali dirilis oleh Python Software Foundation dan didesain oleh Guido van Rossum pada tahun 1991. Dalam beberapa tahun terakhir, Python telah mengembangkan berbagai layanan untuk mendukung pekerjaan di bidang analisis data, komputasi interaktif, dan visualisasi data. Beberapa library Python yang terkenal adalah Numpy, Pandas, dan Scikit-learn. 

Itulah beberapa aplikasi unggulan yang hingga sekarang masih banyak digunakan untuk analis data, uji statistik, dan sebagainya. Dan sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi-aplikasi yang tidak bisa saya sebutkan karena akan membuat banyak tulisan yang pada akhirnya akan membuat kamu bosan untuk membacanya.

Terimakasih, semoga bermanfaat dan kamu bisa menemukan apa yang kamu cari. Satu kata "Jangan Lupa Bahagia dalam Tautan Rasa Syukur"

Waasalamualaikum Wr.Wb, See You

www.domainesia.com