Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mudah Menentukan Analisis Regresi Linier di Excel

Judul

Analisis regresi adalah sebuah teknik statistik untuk pemodelan dan investigasi hubungan dua atau lebih variabel, dan dalam sebuah analisis regresi, ada satu atau lebih variabel independen atau prediktor yang biasa diwakili dengan notasi x dan satu variabel yang bisa diwakili dengan notasi y .

Dalam analisis regresi bisa membantu memahami bagaimana variabel dependen berubah ketika salah satu variabel independen bervariasi dan memungkinkan untuk secara matematis menentukan variabel mana yang benar-benar berdampak. 

Baca Juga : Analisis Algoritma k-NN pada kasus Imbalanced Class

Model analisis regresi didasarkan pada jumlah kuadrat, yang merupakan cara matematis untuk menemukan sebaran titik data. Sedangkan dalam statistik analisis regresi dibedakan menjadi dua bagian yaitu regresi linear Sederhana dan regresi linear berganda (multivariate).  Dalam regresi linear sederhana hubungan antara satu variabel terikat dan satu variabel bebas menggunakan fungsi linier. Namun jika menggunakan dua atau bisa lebih sebuah variabel penjelas untuk memprediksi variabel dependen, maka itu termasuk dalam regresi liner berganda / multi variabel.

Persamaan Regresi Linier

Secara matematis, pada analisis regresi linear bisa ditentukan dengan persamaan dibawah ini:

Persamaan 1 Regresi Linier

Persamaan regresi linier selalu memiliki suku kesalahan. dan Mengapa ? Karena dalam sebuah kasus nyata, prediktor tidak pernah tepat secara sempurna menentukan hasilnya. Namun, ada beberapa program atau komputasi termasuk Ms. Excel, bisa melakukan istilah kesalahan di belakang layar. Jadi yang dimaksudkan adalah bisa menggunakan persamaan pada metode kuadrata terkecil dan kemncari koefisien a dan b yang bisa digambarkan pada persamaan dibawah ini.

Persamaan Regresi Linier 2
Baca Juga : Cara Menghitung Eclidean Distance k-NN di Excel

Contoh Penyelesaian dengan Excel

Dalam contoh kita mempunyai data harga rumah dalam hubungannya dengan luas bangunan. Nha, kita ingin menemukan persamaan garis linier yang mewakili pola hubungan antara luas bangunan dengan harganya dalam kasusu persamaan regresi linier serderhana. Namun, sebelum lebih lanjut lagi cara menerapkan di Excelnya ikuti langkah-langkah dibawah ini terlebih dahulu.

1. Mengaktifkan fitur Add-in Analysis ToolPak

Fitur ini selalu disediakan oleh Ms. Excel, namun tidak diaktifkan secara default. Maka untuk mengaktifkannya yang pertama adalah

  • Buka Excel kemudian pilih menu File -- Options.
  • Pilih Add-in pada sidebar menu dan kamu pastikan Excel Add-ins terpilih dan klik Go
Excel Add-ins

  • Kemudian aktifkan dan centang Analysis ToolPak -- Ok
Analysis ToolPak

2. Lakukan Analisis Regresi.

Sebelum melakukan analisis regresi, dalam sebuah tabel dibawah ini adalah berdasarkan kasus seperti yang sudah dijelaskan diatas tadi.

Tabel Data Regresi Linier

Langkah selanjutnya, setelah kita mengaktifkan fitur Analysis ToolPak, kamu bisa melakukan analisis regresi linier dengan cara
  • Pilih menu Data Analysis pada tab menu Data
  • Pilih Regression dan klik Ok
Regression in Excel

  • Kemudian atur seperti konfigurasi berikut
    • Pilih cell input Y, ini adalah variabel dependen. Dalam contoh kasus ini adalah harga rumah pada cell (B2:B11)
    • Pilih cell input X, ini adalah variabel independen, yaitu luas persegi yang terletak pada cell (C2:C11)
Jika kamu ingin membuat regresi berganda atau multi variabel, pilih dua atau beberapa kolom atau cell yang berdekatan dengan variabel independen yang berbeda.
  • Centang Label
  • Jika ingin hasilnya berada di sheet baru maka pilih New Worksheet
  • Centang Residuals untuk mendapatkan prediksi dan nilai sebenarnya.
  • Kemudian klik Ok
Regression in Excel

3. Hasil Keluaran Analisis Regresi

Setelah kamu klik Ok maka pada sheet baru akan muncul hasil seperti ini :

Hasil Regresi

Summary Ouput

Multiple R, adalah koefiesien korelasi yang mengukur kekuatan hubungan lininer antara dua variabel. Koefisian korelaso dapat berupa nilai apapun antara -1 dan 1, atau bisa rentang nilai antara 0-1. Semkain besar nilai absolutnya maka semakin kuat hubungannya,
  • 1 berarti hubungan positif yang kuat
  • -1 berarti hubungan negatif yang kuat
  • 0 artinya tidak ada hubungan sama sekali
R Square adalah koefisien Determinasi atau lebih tepatnya adalah jumlah deviasi kuadrat dari data asli dari rata-rata.

Adjusted R Square adalah R square yang disesuaikan dengan jumlah variabel independen dalam model. Anda akan ingin menggunakan nilai ini sebagai ganti R square untuk analisis regresi berganda.

Standard Error adalah ukuran kesesuaian lain yang menunjukkan ketepatan analisis regresi kamu - semakin kecil angkanya, semakin yakin Anda tentang persamaan regresi kamu.

Observaitons adalah jumlah observasi dalam model atau data kamu

ANOVA

Pada dasarnya, ini membagi jumlah kotak menjadi komponen individual yang memberikan informasi tentang tingkat variabilitas dalam model regresi kamu:
  • df adalah jumlah derajat kebebasan yang terkait dengan sumber varians.
  • SS adalah jumlah kuadrat. Semakin kecil Sisa SS dibandingkan dengan Total SS, semakin baik model Anda sesuai dengan datanya.
  • MS adalah kuadrat rata-rata.
  • F adalah statistik F, atau uji-F untuk hipotesis nol. Ini digunakan untuk menguji signifikansi keseluruhan model.
  • Significance F adalah nilai-P dari F.

Bagian dari ANOVA ini jarang digunakan untuk analisis regresi liner sederhana di Excel, tetapi kamu juga harus tau lebih dekat dengan komponen terakhir.

4. Cara Membuat Grafik Regresi Liner di MS. Excel

Apabila kamu perlu memvisualisasikan berbentuk grafik dengan cepat hubungan antara dua variabel. Nah cara ini begitu sangat mudah untuk dilakukan. Seperti yang tertulis dibawah ini ;

1. Pilih dua kolom atau blok cell data kamu, termasuk bagian header atau judul.

2. Pada tab menu insert, pilih gambar ikon grafik scatter plot.

Baca Juga : Visualisasi Data dan Macam-Macam Grafik Dalam Statistika

Scatter Plot

3. Setelah itu grafik scatter plot akan terbentuk di lembar kerja kamu.

4. Selanjutnya adalah menggambar garis regresi kuadrat terkecil. Langkahnya adalah klik kanan pada titik manapun dan pilih Add Trendline.

Add Trendline

5. Kemudian muncul sebuah panel di sebelah kanan. Pilih bentuk garis Linear. Dan jika ingin mengetahui rumus regresi kamu bisa scroll kebawah dan centang Display Equation on Chart


6. Untuk mengubah warna garis linier kamu bisa beralih ke tab mun Fill & Line dan sesuaikan pola garis sesuai selera. Dalam contoh saya menggunakan warna Merah dan tipe garis Solid dan model garis tidak putus-putus.


Jika sudah, maka tampilan grafik regresi akan tampil seperti yang dibawah ini.


NB. Dalam grafik regresi, variabel bebas atau dependen harus selalu pada sumbu X dan variabel terikat atau independen pada sumbu Y. 

Terimakasih, itulah sedikit pengalaman edukasi tentang cara menentukan atau melakukan analisis regresi sederhana menggunakan Ms. Excel dengan mudah dan cepat.

Semoga kamu menemukan apa yang sedang kamu cari. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia dalam Tautan Rasa Syukur".


 


Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.