Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengubah File PDF ke Excel dengan Cepat

Assalamulaikum Wr.Wb Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Mungkin kita sudah sering mengetahui dan bisa melakukan cara mengubah atau menyimpan file Excel menjadi file PDF. Namun faktanya file PDF juga bisa kita ubah menjadi file Excel. Tapi pasih file PDF itu ?

PDF adalah singkatan dari Portable Document Format yang seperti dilansir dari wikipedia PDF dibuat oleh Adobe System pada kisaran tahun 1993. PDF berfungsi untuk keperluar pertukaran dokumen digital yang mempresentasikan dokumen secara dua dimensi yang meliputi teks, huruf, citra dan grafik vektor dua dimensi.

PDF sendiri biasanya tidak mengizinkan penggunanya untuk mengedit data sehingga mungkin berguna untuk mempelajari cara mengkonversi data dari format PDF ke file format Excel. Jika kamu mempunyai file tabel dalam bentuk format PDF dan kamu ingin mengerjakan dalam bentuk excel, maka ada dua caranya yaitu :

  1. Copy Paste & Formula
  2. Import Data From PDF to Excel

*1. Copy & Paste

Metode paling mudah digunakan untuk mengkonversi atau mengubah file PDF menjadi Format Excel adalah dengan menyalin tabel dari PDF kemudian ditempel di halaman kerja Excel. Tetapi nyatanya tidak sesimpel itu fergusso. Mari kita lihat contoh untuk memahami ini lebih baik.

Tahap 1

Blog tabel yang ada di file PDF atau kamu bisa menekan keyboard Ctrl + A secara bersmaan dan tekan Ctrl + C untuk copy atau menyalin data dalam PDF

Import Data From PDF to Excel

Tahap 2

Kamu tekan Ctrl + V pada halaman keja Excel kamu untuk menempelkan apa yang sudah kamu lakukan pada tahap 1 diatas.

Nah, jika tahapanya gagal maka akan terlihat tabel menjadi seperti yang ada dibawah ini

Import Data From PDF to Excel

Data tabel akan terlihat hanya pada satu baris atau kolom saja, yaitu pada kolom A. Nah, untuk mengatasi hal ini kamu bisa menggunakan fitur Text To Column, Index Formula dan OFFSET Formula.

*2. Import Data From PDF to Excel

Cara kedua ini mungkin akan bisa membantu kamu dan merupakan cara alternatif

www.domainesia.com