Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

ANBK 2022 Unduh VHD dan POS AN

 Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Sejahtera dan Salam Budaya

Asesmen Nasional adalah sebuah pembelajaran untuk memantau dan mengevaluasi sistem pendidikan jenjang dasar dan jenjang menengah. Prestasi siswa-siswi dievaluasi oleh pendidik dan satuan pendidikan.

Seperti yang dilansir oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Visi Pendidikan Indonesia adalah Mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila yang beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, bernalar kritis, kreatif, mandiri, bergotong royong, dan berkebinekaan global.

Adapun Kebijakan Asesmen Nasional yang terdiri dari 

  1. AN dilaksanakan di semua sekolah/madrasah dan program pendidikan kesetaraan
  2. AN dilaksanakan setiap tahun dan dilaporkan pada setiap sekolah/madrasah dan pemda.
  3. Evaluasi kinerja tidak hanya berdasarkan skor rerata tapi juga perubahan skor atau trend dari satu tahun ke tahun berikutnya.
  4. AN hanya diikuti sebagian (sampel) murid yang dipilih secara acak dari kelas 5, 8, dan 11 di setiap sekolah/madrasah.
Asesmen Nasional (AN) adalah evaluasi sistem pendidikan, bukan penilaian terhadap murid, guru, atau kepala sekolah sebagai individu. AN dirancang untuk mendorong dan memfasilitasi perbaikan kualitas pembelajaran. Proses yang diharapkan adalah seperti pada gambaran dibawah ini :

Asesmen Nasional 2022

Adapun Tujuan dari dilaksanakannya Asesmen Nasional ini adalah AN menggantikan model evaluasi pendidikan yang cenderung administratif, terfragmentasi, dan kurang mendorong perbaikan kualitas pembelajaran. 

Sehingga AN diharapkan bisa mengurangi beban administratif guru dan kepala sekolah yang sebelumnya harus melengkapi borang penilaian yang terpisah-pisah, tumpang tindih, dan berulang (tidak efisien)

Nah, untuk menyimak informasi-informasi secara lengkap tentang Asesmen Naisonal, kamu bisa download POS AN dan informasinya dibawah ini :

Nah, jika kamu dari lingkungan Madrasah pasti banyak yang melaksanakan Asesmen Nasional dengan AKM berbasis Semi Online.

Maka akan membutuhkan yang namanya VHD yang masih Fresh atau belum digunakan sama sekali. Kamu bisa unduh dibawah ini.

Sekian itulah informasi seputar pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2022. Dan semoga bermanfaat dan tetap bahagia dalam tautan rasa syukur.

Wassalamualaikum Wr.Wb. Sampai Jumpa







Terimakasih kepada 

Abdul Muiz Khalimi
Abdul Muiz Khalimi Tertulis sebuah kata yang ditulis oleh Penulis.