Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Interpolasi dan Ektrapolasi Data Menggunakan Formula Excel

 

Cara Interpolasi di Excel

Assalamualaikum Wr. Wb, Salam Rahayu dan Salam Sejahtera

Pada dunia analysis data, sering kali terdapat nilai data yang hilang atau bahkan tidak diketahui nilainya. Hal tersebut terjadi dari dua akibat yang biasanya akibat dari kesalahan user maupun dari keterbatasan alat untuk mengukur data.

Adapun cara untuk mengatasi hal-hal tersebut diantaranya adalah dengan Interpolasi dan ekstrapolasi yang merupakan proses “menebak” nilai data dengan mencermati data lain.

Namun pada dunia analisis yang sebenarnya Interpolasi sendiri terdapat 3 metode yang biasa digunakan yaitu 

  1. Teknik Interpolasi Polinominal
  2. Teknik Interpolasi Piecewise

Namun pada artikel ini kita hanya akan membahas tentang Interpolasi dan Ektrapolasi dalam segi Ilmu Dasar, yang biasa digunakan pada deret aritmetika, geometri dan pola bercorak.

Interpolasi dan Ektrapolasi

Interpolasi

Interpolasi adalah Teknik untuk mencari nilai-nilai dari suatu variabel yang dinyatakan hilang pada rentang data yang telah diketahui. Namun pada dasarnya Teknik dari interpolasi ini tidak lebih daripada sebuah penyelesaian untuk menemukan angka-angka antara terkecil dengan terbesar.

Ektrapolasi

Nah, untuk ektrapolasi merupakan Teknik untuk menemukan data atau nilai dari suatu variabel diluar rentang data yang diketahui. Pada metode ektrapolasi ini adalah penyelesaian untuk menemukan diluar deretan angka terkecil maupun terbesar.
Berikutnya akan kita bahas cara menerapkan Interpolasi dan Ektrapolasi menggunakan formula Excel.

Secara Matematika

interpolasi adalah pendekatan numerik yang dilakukan jika kita memerlukan nilai dari suatu fungsi y = f (x) yang tidak diketahui rumusnya. 

Sedangkan ektrapolasi merupakan pendekatan yang digunakan untuk mencari nilai yang belum diketahui setelah nilai sebelumnya diketahui. Ektrapolasi juga merupakan perluasan data di luar data yang telah tersedia.

Formula Interpolasi dan Ektrapolasi di Excel

Rumus dari interpolasi ini sebenarnya cukup mudah yaitu dengan memanfaatkan fungsi ROW. Fungsi ROW disini adalah digunakan untuk mengembalikan jumlah baris referensi.

Nah, untuk mencari nilai Interpolasi

=(Angka TerbesarAngka Terkecil) / (ROW(angka terbesar) – ROW(angka terkecil))

Studi Kasus

Dalam contoh kita akan mencari nilai yang hilang seperti berikut :

Data Yang Hilang

Dalam tabel diatas tugas kita akan mencari nilai yang hilang pada nomor 2 - 6 dan 8 - 10.

Tahap Pertama

Pada tahap pertama kita tentukan terlebih dahulu nilai Interpolasi pada cell F6. Kamu bisa menuliskan rumus seperti dibawah ini

Rumus Interpolasi

Penjelasan Rumus

  • E11, adalah letak cell yang terdapat nilai atau angka terbesar, "Kamu juga bisa mencarinya dengan menggunakan rumus =MAX(range)
  • E5, adalah letak cell yang terdapat nilai terkecil, "Kamu juga bisa mencarinya dengan rumus =MIN(range)

Tahap Kedua

Selanjutnya untuk mencari nilai yang hilang dengan Interpolasi adalah dengan cara menjumlahkan nilai dari rentang nilai yang kosong.

Untuk mencari nilai pada Nomor 2 kamu bisa menjumlahkan nilai Nomor 1 + Interpolasi.

Untuk mencari nilai pada Nomor 3, berarti Nomor 2 + Interpolasi, dan seterusnya sampai pada data Nomor 6.

Interpolasi

Penjelasan Rumus

  • E5, adalah letak nilai data Nomor 1
  • E6, adalah letak nilai data Nomor 2
  • $F$5, adalah letak nilai Interpolasi
Penggunaan $ pada cell F5 diatas adalah menjadikannya sebagai nilai Absolute agar kamu bisa menulis hanya satu rumus, kemudian menyalinnya kebawah, hal ini bisa mempersingkat waktumu. Hehehehe 😁

Tahap Ketiga

Tahap selanjutnya adalah mencari nilai yang hilang dari luar rentang nilai terkecil - terbesar, atau jika kita melihat struktur data diatas yang diluar rentang nilai adalah data nilai pada Nomor 8 - 10.

Caranya adalah dengan mencari nilai Ektrapolasi, dimana formulanya tetap sama dengan interpolasi namun kita menjumlahkan Angka Terbesar + Intepolasi.

Berarti jika kita melihat data diatas maka Nomor 8 adalah data Nomor 7 + Nilai Interpolasi

Untuk Nomor 9 adalah Nomor 8 + Nilai Interpolasi,  Begitu juga seterusnya sampai nilai Nomor 10.

Ektrapolasi di Excel

Penjelasan Rumus

  • E11, adalah letak nilai data Nomor 7
  • $F$5, adalah letak nilai Interpolasi

Kesimpulan

Nah, pada dasarnya yang telah kamu lakukan diatas adalah sebuah teknik dasar untuk mencari nilai Interpolasi dan Ektrapolasi.

Sekian, semoga bermanfaat dan kamu bisa menemukan apa yang kamu cari. "Jangan Lupa Bernafas dan Tetap Bahagia dalam Tautan Rasa Syukur".

Wassalamualaikum Wr.Wb, Sampai Jumpa